iklan banner

Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan

Panduan Menyusun Pembukuan Akuntansi Keuangan Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi KeuanganSebelumnya saya sudah mengulas mengenai seberapa besar tugas sebuah pembukuan akuntansi keuangan dalam sebuah laju usaha. Anda sanggup melihat dalam info bersangkutan betapa penting dan besarnya manfaat dari penyusunan pembukuan dan pelaporan keuangan bagi perusahaan dalam jangka panjang.


Kebanyakan orang cenderung enggan menyusun pembukuan dan membuat laporan keuangan terkait dengan terbatasnya pemahaman sehingga karenanya melihat urusan ini terlalu rumit dan sulit. Untuk itulah, saya akan membantu Anda dengan memuat panduan penyusuan akuntansi keuangan sederhana  yang akan membuka tentang Anda, bagaimana sederhananya memulai pencatatan sedini mungkin.


Sedini mungkin yakni satu garis bawah penting dalam sebuah penyusunan pembukuan akuntansi keuangan. Semakin perjuangan berkembang dan menjadi semakin kompleks maka semakin sulit pula untuk Anda merealisasikan konsep pembukuan yang sesuai untuk perjuangan Anda.  Ada begitu banyak pencatatan yang perlu Anda susun dalam satu waktu dan ini tak hanya memakan waktu tetapi juga akan cukup memusingkan Anda.


Bagaimana langkah awal dalam menyusun sebuah pembukuan akuntansi keuangan?



  • Organisir setiap nota

    Kumpulkan seluruh nota transaksi dari perusahaan Anda semenjak awal perjuangan tanpa kecuali. Lalu sortir tiap nota berdasar waktu misalkan tiap tahun, kemudian dipisahkan kembali berdasar bulan dan urutan tanggal. Pisahkan kembali nota-nota tadi berdasar kategorinya, ibarat pembelian materi baku, pembelian materi overhead produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi, penjualan , pembayaran dan pelunasan serta lain sebagainya sesuai dengan kriteria perusahaan.

  • Buat beberapa pembukuan dasar

    Pembukuan dasar bahwasanya terdiri dari dua buku utama, yakni buku jurnal besar yang mencatata setiap acara keuangan dan buku jurnal kecil. Tetapi untuk memudahkan, ganti saja konsep ini dengan buku jurnal kecil dan buku jurnal pemasukan dan pengeluaran kas. Keduanya nanti akan membantu Anda dalam menyusun laporan dengan lebih gampang alasannya yakni mempercepat proses perhitungan akumulasi. Biasanya catatan buku jurnal kecil terdiri dari catatan satuan akun biaya produksi, akun pemasaran dan administrasi, saya persediaan gudang, akun piutang, akun hutang, akun investor.

  • Pemasukan data

    Masukan data dari transaksi yang tercatat dalam nota-nota yang sudah Anda pisahkan sesuai dengan tanggal dan kategori tadi dalam setiap pencatatan sesuai dengan kategori dan tanggalnya. Pastikan tidak ada nota yang terlewat.

    Beberapa transaksi kadang perlu dicatat dalam beberapa jurnal, ibarat dikala Anda menerima pembayaran piutang dari konsumen, maka secara otomatis sifatnya mengurangi nilai nilai piutang dari konsumen tersebut dan harus diakui dalam junral piutang. Namun transaksi ini juga akan menambah pemasukan sehingga harus diakui dalam jurnal pemasukan kas. Demikian halnya dengan beberapa transaksi lain.

    Pada sisi lain terdapat transaksi yang sifatnya ibarat berkesinambungan ibarat transaksi keluar barang dari produksi yang diakui sebagai barang masuk gudang dan menambah persediaan. Ingat pula untuk mencatat legalisasi biaya gudang sebagai penambah nilai dari HPP.

  • Lakukan update secara rutin tiap hari

    Setelah pencatatan menyeluruh yang meliputi seluruh acara keuangan perusahaan dair awal bangkit berhasil Anda rampungkan, artinya sekarang Anda tinggal meneruskan pembukuan keuangan ini dengan data keuangan gres yang terjadi tiap harinya. Pastikan data dalam pembukuan selalau akurat dan update sehingga sanggup menjadi pola terbaik dalam langkah usaha. Dan jangan lupa buat pelaporan periodik untuk memudahkan pelaku perjuangan bercermin atas laju perjuangan mereka.

  • Tambahkan akun penyesuaian

    Secara logika setiap biaya sebenanrya memang memotong modal. Namun pencatatannya tidak terjadi demikian. Biaya memotong kas dan sifatnya memotong kekayaan atau asset. Untuk itu selalu buat pembiasaan dan risalah biaya untuk mengakibatkan biaya sanggup berfungsi mengurangi modal. Biaya yang sudah dirisalah akan distatuskan kembali dalam angka nol untuk memulai periode baru.

  • Tambahkan akun seiring perkembangan

    Di sinilah tingkat masalahnya jika Anda memulai penyusunan pembukuan keuangan dengan terlambat. Usaha sudah berkembang dan kompleks dan menciptakan urusan pencatatan emmang jadi sangat rumit. Mulai dari awal dikala perjuangan masih dalam skala kecil dan sederhana. Dan seiring perkembangan perjuangan Anda sanggup menambahkan beberapa akun biaya dan pendapata sesuai kondisi perjuangan Anda.


Dan untuk lebih jelasnya mengenai panduan penyusunan pembukuan akuntansi keuangan di atas, saya akan membantu Anda dengan contoh pembukuan keuangan yang sanggup Anda kanal di sini.


sumber gambar: solyz.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel