iklan banner

Cara Mendapat Modal Perjuangan Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan Lebih

 Kita semua tahu bahwa modal seringkali menjadi penghalang seseorang untuk terjun dalam du Cara Mendapatkan Modal Usaha Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan LebihBagaimana cara mendapatkan modal usaha? Kita semua tahu bahwa modal seringkali menjadi penghalang seseorang untuk terjun dalam dunia perjuangan atau bisnis. Tidak adanya modal menggugurkan impian banyak orang untuk membangun kerajaan bisnis. Bayangkan enaknya jadi pengusaha ketika kerajaan bisnis sudah sanggup berjalan secara otomatis. Dan impian itu harus pupus alasannya yaitu terkendala modal usaha.


Padahal sumber modal itu ada di sekitar kita! Hanya saja banyak diantara kita yang tidak menyadari bagaimana cara mendapatkan modal perjuangan tersebut. Jika Anda tahu sumber-sumber modal tersebut, maka Anda akan sanggup memaksimalkan sumber yang ada untuk mendukung misi mewujudkan kerajaan bisnis Anda. Namun sebelum lebih jauh, Anda harus meyakinkan pada diri sendiri, apakah Anda berani menjadi pengusaha atau tidak?! Anda harus punya tekad yang lingkaran untuk terjun dalam dunia bisnis.


Tulisan ini akan mengupas 8 cara mendapatkan modal perjuangan yang sanggup pribadi Anda praktekkan. Harapan saya sehabis membaca artikel ini Anda sanggup memaksimalkan cara dan sumber modal perjuangan untuk Anda gali.


Jika Anda benar-benar ingin tahu cara mendapatkan modal perjuangan maka Anda harus membaca artikel ini hingga selesai. Karena kedelapan cara tersebut dalam prakteknya sanggup saling dukung. Sehingga Anda harus memahami semua cara mendapatkan modal perjuangan yang diuraikan dalam goresan pena ini.


Cara mendapatkan modal perjuangan dalam uraian ini terutama dan sangat cocok bagi Anda yang baru memulai usaha. Bagi Anda yang sudah mempunyai perjuangan atau usahanya sudah jalan, namun membutuhkan tambahan modal untuk ekspansi usaha, silakan baca artikel satunya yang berjudul Cara Mencari Modal Usaha.


Alternatif lain, coba Anda lirik Peluang Bisnis Online, di sana banyak model bisnis yang sanggup dikatakan tanpa modal. Namun mempunyai potensi penghasilan yang sanggup dikatakan tak terbatas. Dan bekerjsama cara bisnis online tidaklah sulit, dan Anda tidak harus punya latar belakang IT atau jago komputer untuk sanggup menggeluti bisnis online.


Bagaimana cara mempraktekkan kedelapan cara mendapatkan modal perjuangan yang ada dalam goresan pena ini?


Cara Mempraktekkan 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha


Pertama, set the goal. Misi Anda yaitu mengumpulkan dana sebagai modal usaha, jadi bukan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Kaprikornus harus ada batasnya! Misal, asumsi modal perjuangan yang dibutuhkan yaitu Rp 25 juta atau Rp 50 juta. Tentukan saja targetnya, sehingga kalau sasaran tersebut telah terpenuhi, maka Anda sanggup menghentikan aktivitas mencari modal usaha, dan pribadi action untuk memulai membangun kerajaan bisnis yang sudah Anda rencanakan.


Kedua, kombinasikan beberapa cara. Cara satu akan menjadi yang utama. Namun Anda harus menghitung berapa usang waktu yang diharapkan oleh cara satu untuk mencapai akumulasi modal yang diinginkan. Anda sanggup mempercepat waktu dengan mengkombinasikannya dengan cara lain. Misal selain cara satu Anda juga melaksanakan cara dua dan empat.


Ketiga, kalau sudah melaksanakan beberapa cara, namun waktu yang diharapkan untuk terkumpulnya modal perjuangan masih dirasa lama, Anda sanggup mencoba dua alternatif. Pertama dengan memperkecil skala usaha. Dengan demikian perjuangan yang Anda inginkan sanggup pribadi dimulai dengan modal yang lebih kecil, dengan skala yang lebih kecil. Kedua dengan mencari alternatif perjuangan lain yang tidak membutuhkan modal besar. Mungkin Anda sanggup mencari peluang perjuangan rumahan yang ramah modal. Silakan klik tautan, artikel dalam tautan tersebut memuat beberapa inspirasi perjuangan rumahan yang mempunyai prospek bagus di tahun ini.


Keempat, lakukan dengan fokus. Mungkin ditengah jalan Anda akan merasa cara mendapatkan modal perjuangan ini sedikit memberatkan. Atau mungkin juga ada hal lain yang menarik hati Anda untuk membelanjakan uang yang sekiranya hendak dialokasi sebagai modal usaha. Jika itu yang terjadi, ingatlah pada tujuan utama Anda. Bahwa Anda punya impian untuk membangun bisnis. Dan itu harus diwujudkan! Karena bisnis akan berumur jangka panjang dan sanggup diwariskan pada anak cucu.


Anda niscaya sudah tidak sabar… Baiklah, ini beliau 8 cara mendapatkan modal perjuangan yang sanggup Anda praktekkan.


8 Cara Mendapatkan Modal Usaha




  1. Menabung




Anda niscaya akan berkomentar: “What?! Are you kidding me?” atau “What the hell!” atau “Apa?! Bokis lu!”


Tidak saya tidak bercanda, dan saya juga tidak bohong! Menabung yaitu cara mendapatkan modal perjuangan yang paling mudah.


Tapi judulnya bongkar diam-diam cara mendapatkan modal perjuangan sebesar 50 juta rupiah dan bahkan lebih…


Iya, benar… Lantas, apa Anda berharap duduk bersila, tangan dilipat, baca mantra, dan sehabis berkedip segepok uang ada di pangkuan Anda? Cara mendapatkan modal perjuangan yang akan diulas dalam goresan pena ini merupakan cara yang riil dan masuk akal. Baca terus supaya Anda mendapatkan semua poinnya.


Sebagian besar pengusaha pada awal perjuangan mendapatkan modal dari uang tabungan yang memang dialokasikan untuk mendirikan kerajaan bisnis. Penting untuk diperhatikan adalah: Cara menabung yang benar? Yup, Anda harus menabung dengan cara yang benar!


Ini beliau cara menabung yang benar:


Menabung di depan. Artinya alokasikan dana untuk menabung di depan, begitu Anda mendapatkan honor atau mendapatkan penghasilan. Misal penghasilan Anda Rp 5 juta, pribadi sisihkan Rp 1,5 juta untuk ditabung. Maka untuk mendapatkan modal perjuangan sebesar Rp 50 juta yaitu 34 bulan. Tidak hingga tiga tahun Anda akan siap memulai kerajaan bisnis Anda. Sebagian dari Anda mungkin bertanya “Kalau tidak punya penghasilan mau nabung dari mana?” Nanti akan dibahas juga, tenang… baca terus dengan secama hingga habis…


Evaluasi pengeluaran Anda. Jika perlu catat di pembukuan setiap pengeluaran yang dilakukan. Pada simpulan bulan Anda akan sanggup melihat pos belanja yang tidak perlu yang sanggup dihilangkan. Lakukan ini selama tiga bulan, maka bulan keempat Anda sudah melaksanakan belanja yang benar-benar Anda perlukan saja. Dengan cara ini, di simpulan bulan Anda akan mendapati sisa Rp 500 ribu, dan ini sanggup ditambahkan ke tabungan. Sehingga dalam sebulan Anda menabung Rp 2 juta rupiah. Waktu yang diharapkan untuk mendapatkan Rp 50 juta jadi lebih cepat, yaitu 25 bulan, 2 tahun lebih sebulan.


Belanja sesuai keperluan, jangan belanja sesuai keinginan. Ada yang bilang, keinginan insan itu tidak ada batasnya! Jika Anda turuti keinginan yang tak ada batasnya itu, maka uang Anda juga tidak akan ada cukupnya, akan selalu kurang. Kaprikornus belanja sesuai keperluan saja. Tiap hendak belanja selalu ejekan pertanyaan “Apakah saya memerlukannya?”


Jangan belanja barang konsumtif. Anda niscaya tahu ada dua tipe barang, yaitu barang produktif dan barang konsumtif. Hindari belanja barang konsumtif yang tidak Anda perlukan! Tidak usah ganti HP dulu, selama masih sanggup digunakan tetap gunakan HP yang sekarang. Demikian pula motor, tidak usah ganti motor dulu. Jangan beli kendaraan beroda empat dulu, kecuali berencana untuk menyewakan kendaraan beroda empat tersebut. Karena mobil, motor, handphone yaitu liabilitas. Mereka tidak menghasilkan uang, namun justru menghabiskan uang. Karena motor dan kendaraan beroda empat membutuhkan bensin, oli, dan perawatan lainnya. Lain halnya kalau Anda menggunakannya untuk keperluan perjuangan lho yaa….


Berhenti merokok! Merokok itu lebih banyak kerugiannya dibanding keuntungannya.Berhenti merokok itu tidak berat, yang penting yaitu niat. Jika Anda tidak sanggup berhenti merokok demi untuk mendapatkan modal usaha, maka niat Anda untuk mempunyai kerajaan bisnis belumlah kuat.


Apa ada cara lebih mudah? Menjadi pengusaha itu tidak sanggup dilewati secara instan. Kecuali Anda anak orang kaya, anak konglomerat. Kalau Anda bukan anak orang kaya, maka Anda harus melewati prosesnya. No pain no gain. Semakin melaksanakan penghematan, Anda niscaya akan merasa semakin tidak nyaman, namun juga akan semakin cepat modal perjuangan terkumpul. Toh penghematan yang Anda lakukan tidak akan berlangsung selamanya! Saat kerajaan bisnis Anda sudah menghasilkan, Anda sanggup membelanjakan uang sesuka hati. Namun Anda wajib baca Cara Mengatur Uang Keluarga Dan Uang Usaha.


Penghasilan Anda pas-pasan? Cari penghasilan tambahan, lewat pekerjaan sampingan. Atau lebih baik kalau Anda mencoba memulai perjuangan modal kecil. Silakan klik tautan tersebut, Anda akan mendapatkan info berharga terkait perjuangan modal kecil. Hanya punya uang Rp 500 ribu, cari perjuangan yang modalnya hanya Rp 500 ribu. Punya Rp 1 juta, coba perjuangan dengan modal 1 juta, dan seterusnya. Selain menghasilkan profit, langkah ini juga sekaligus sanggup jadi ajang ‘latihan’ bisnis bagi Anda.


Jangan simpan dalam bentuk uang. Menyimpan dalam bentuk uang, godaannya amat besar. Simpan di rekening tabungan godaannya tak kalah hebat. Tiap melihat saldo rekening, niscaya Anda akan termakan untuk membelanjakannya. Simpan di rekening yang tidak sanggup diambil sewaktu-waktu, misal dalam bentuk deposito. Tapi saya lebih suka menyimpannya dalam bentuk emas batangan, reksadana, dan saham. Masing-masing dari ketiga instrumen tersebut ada resikonya. Resiko paling rendah yaitu menyimpannya dalam bentuk emas batangan. Saat tabungan Anda memenuhi, belikan emas batangan 5 gr. Hati-hati menyimpannya! Pastikan Anda simpan di kawasan aman, alasannya yaitu resiko dicuri orang sangat besar.




  1. Menjual Aset




Cara mendapatkan modal perjuangan yang kedua yaitu dengan menjual aset. Baik itu aset yang memang bernilai aset, maupun aset yang berupa barang yang masih bernilai, namun sudah tidak Anda pakai lagi.


Coba list aset-aset yang Anda miliki, tanah, rumah, emas batangan, emas perhiasan, reksadana, saham, atau aset lainnya. Tulis semua, gres nanti disortir lagi, mana yang sanggup dijual untuk dijadikan modal perjuangan dan mana yang tidak sanggup dijual.


Kemudian, list barang-barang di rumah Anda, barang elektronik, dan lain-lain. Tulis semuanya, gres nanti disortir, mana yang sanggup dijual dan mana yang tidak bisa. Kamera DSLR jarang dipakai, gitar listrik gak pernah dipakai, lemari ternyata sanggup muat satu lemari, berarti lemari yang satu sanggup dijual. Televisi juga cukup punya satu, jadi televisi yang di kamar sanggup dijual. Dan seterusnya…


Besar kecilnya modal perjuangan yang didapat tergantung besar kecilnya aset yang Anda miliki. Jika masih kurang, sanggup dikombinasikan dengan cara pertama. Menabung, hingga terkumpul cukup modal. Atau pribadi memulai perjuangan dengan modal kecil dengan memperkecil skala usaha. Kalau tadinya pengin bikin kafe, ya sementara bikin warung kopi sederhana dulu… Atau tunggu hingga modal terkumpul.




  1. Pinjam Teman/Saudara




Satu lagi cara mendapatkan modal perjuangan yaitu dengan pinjam sahabat atau saudara. Kenapa teman/saudara? Karena mereka yaitu orang bersahabat Anda, jadi ada kemungkinan untuk memperlihatkan pinjaman. Kalau mereka tidak mau memperlihatkan santunan mungkin ada tiga kemungkinan: pertama alasannya yaitu Anda kurang sanggup dipercaya, atau yang kedua teman/saudara Anda itu memang tidak punya uang, atau yang ketiga saudara/teman Anda memang pelit.


Jika Anda sudah dipercaya dan mendapatkan pinjaman, maka jagalah kepercayaan tersebut. Bagaimanapun juga bayar hutang sempurna pada waktunya. Jika hingga tenggat waktu pengembalian Anda belum punya cukup uang, jangan lari atau sembunyi. Hadapilah, bicarakan baik-baik. Buat janji tanggal lagi. Dan pada kesempatan kedua ini Anda HARUS menepatinya. Jika tidak, hilanglah reputasi Anda.




  1. Kerjasama Partnership




Cara mendapatkan modal perjuangan selanjutnya yaitu dengan kerjasama partnership. Mungkin sebagian besar orang akan merasa kurang nyaman kalau Anda menghutang uang dalam jumlah yang cukup besar. Kaprikornus Anda tidak sanggup menyebut pelit kalau sahabat atau saudara Anda tidak memperlihatkan santunan uang dalam jumlah banyak, padahal bekerjsama punya.


Nah, solusinya yaitu melibatkan orang tersebut dalam bisnis yang hendak Anda bangun. Ajak untuk bergabung dalam kerjasama partnership. Ada banyak sistem kerjasama partnership ini, yang penting yaitu janji kedua belah pihak.


Jangan lupa supaya kerjasama partnership ini harus diatur secara detail dan mempunyai kekuatan hukum.




  1. Dana Hibah




Anda niscaya sering mendengar dana hibah, tapi tidak pernah tahu wujudnya. Seolah dana hibah ini barang gaib, antara ada dan tiada. Dan begitu mendengar dana hibah, niscaya pribadi terbayang dari Arab. Padahal tidak perjuangan jauh-jauh, pemerintah Indonesia juga mengeluarkan dana hibah di ketika tertentu untuk keperluan tertentu.


Anda sanggup memanfaatkan dana hibah dari pemerintah tersebut sebagai cara mendapatkan modal usaha.


Dana hibah untuk pelaku perjuangan biasanya disalurkan melalui Kementrian UKM. Tentu saja tidak sembarang orang sanggup mendapatkan dana hibah ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya sanggup mendapatkan dana hibah. Karena dana hibah merupakan uang yang diberikan begitu saja, tanpa ada kewajiban mengembalikannya.


Mungkin akan terasa sulit bagi Anda untuk mendapatkan dana hibah. Karena menyerupai sudah saya sebutkan tadi, keberadaan dana hibah seolah gaib, antara ada dan tiada.


Paling gampang yaitu mendapatkan dana hibah dari orang tua. Rayu orang bau tanah supaya mau menjual sawah di kampung halaman, itu kalau orang bau tanah Anda punya sawah. Dana hibah dari orang bau tanah ini yaitu dana hibah yang paling masuk akal, dan sifatnya sama dengan dana hibah lainnya, Anda tidak berkewajiban untuk mengembalikannya.




  1. Pegadaian




Banyak orang anggap remeh pegadaian, alasannya yaitu pegadaian dikenal sebagai pembiayaan yang sifatnya mikro. Padahal pegadaian terbilang sebagai cara mendapatkan modal perjuangan yang cukup gampang dan cepat.


Syarat untuk menerima pendanaan dari pegadaian yaitu Anda harus punya barang sebagai agunan. Bisa berupa emas (baik batangan maupun perhiasan), mobil, motor, laptop, handphone, dan barang elektrobik lainnya.


Langkah pertama yaitu mengisi formulir, kemudian barang yang akan dijadikan agunan ditaksir nilainya oleh juru taksir. Dan selanjutnya Anda pribadi mendapatkan dana tunai sesuai dengan perhitungan juru taksir.




  1. Crowdfunding




Ajak orang lain untuk iuran mendanai perjuangan Anda. Apa itu mungkin? Sangat mungkin! Itulah yang disebut crowdfunding.


Cara mendapatkan modal perjuangan yang pertama akan kita bahas yaitu crowdfunding. Mungkin sebagian dari Anda masih awam dengan crowdfunding. Sistem crowdfunding ini terbilang baru. Semakin marak seiring dengan perkembangan fintech (financial technology). Apa itu crowdfunding? Crowdfunding yaitu sistem penggalangan dana yang dilakukan secara online dan biasanya digunakan untuk membiayai suatu proyek bisnis (umumnya bisnis UKM) ataupun proyek sosial.


Beberapa situ crowdfunding yang sanggup Anda manfaatkan:



Silakan dipelajari mana yang paling cocok untuk mendanai modal perjuangan Anda. Perhatikan bunganya. Tidak sedikit crowfunding yang membebankan bunga tinggi.




  1. Modal Dari Konsumen




Cara mendapatkan modal perjuangan satu ini yaitu dengan memanfaatkan uang dari konsumen. Caranya, buat konsumen supaya mau membayar dimuka. Dengan demikian Anda tidak butuh modal sama sekali. Konsumen memperlihatkan uangnya untuk Anda jadikan sebagai modal usaha.


Saat ini banyak model bisnis menyerupai ini. Misalnya dengan sistem pre order. Dalam sistem pre order konsumen akan memesan sekaligus membayar dimuka untuk produk yang dibelinya. Selanjutnya Anda sanggup memakai uang konsumen tersebut untuk produksi dan membiayai biaya operasional.


Contoh lain yaitu dengan sistem membership, dimana konsumen/member akan menerima benefit tertentu, namun harus membayar secara paket di muka. Jika Anda mengemasnya dengan cantik, maka konsumen akan berbondong-bondong untuk menjadi member dan membayar di muka. Dengan uang yang dibayarkan di muka tersebut Anda tak perlu pusing lagi dengan cara mendapatkan modal usaha.


Untuk cara mendapatkan modal perjuangan dengan memanfaatkan uang dari konsumen, sementara Anda sanggup mempraktekkan dua cara tersebut. Nanti akan saya update lagi cara lain yang sanggup Anda praktekkan dan kembangkan.


sumber gambar cara mendapatkan modal usaha: antarafoto



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Cara Mendapat Modal Perjuangan Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan Lebih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel