iklan banner

Cara Mengatasi Jamur Upas Pada Flora Karet

Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet


Sedulurtani.com. Jamur upas merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Corticium salmonicolor. Jamur upas mempunyai empat tahap perkembangan. Tahap pertama sering disebut dengan serangan laba-laba, yaitu terbentuknya lapisan berwarna putih dipermukaan kulit.


Kemudian tahap kedua yaitu mulai berkembang dan membentuk sekumpulan lapisan benang jamur yang disebut dengan bongkol. Pada tahap ketiga atau disebut dengan kortisium ini, yaitu terbentuknya lapisan berwarna merah muda.


Dan yang terakhir yakni tahapan nekator, yaitu terbentuknya lapisan terbentuknya lapisan tebal berwarna merah tua.


Penyakit jamur upas menyerang pada cuilan percabanagan atau batang tumbuhan karet, sehingga mengakibatkan cabang dan tajuk gampang patah atau mati. Gejala ini ditandai dengan munculnya benang-benang putih menyerupai sutra di cuilan pangkal atau ranting tanaman.


Lapisan tersebut lama-lama akan berkembang menjadi lapisan kerak berwarna merah dan kesudahannya akan berkembang menjadi lapisan tebal berwarna merah tua. Setelah itu kulit batang akan membusuk dan mengelupas dengan warna hitam.


Batang tumbuhan yang telah terinfeksi penyakit jamur upas akan mengeluarkan cairan lateks berwarna coklat kehitaman dan meleleh pada permukaan batang tanaman. Pada tingkat serangan yang parah akan mengakibatkan tajuk percabangan mati dan gampang patah apabila terkena tiupan angin.


Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet

Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan pengendalian yang tepat. Oleh lantaran itu pada pertemuan kali ini, sedulurtani.com ingin membuatkan isu tentang, Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet.

Berikut ini yakni cara mengatasi jamur upas pada tumbuhan karet melalui pengendalian penyakit  secara sempurna :


Pengendalianya, yaitu menanam tumbuhan yang resisten terhadap jamur upas, menyerupai GT 1, PR 255, PR 300, PR 107. Kemudian untuk tumbuhan yang telah mati harus segera dimusnahkan dan tunggul harus diberi fungisida.


Pengendalian penyakit jamur upas ini harus dilakukan secepat mungkin saat tahap pertama atau serangan laba-laba.


Jika percabangan telah terserang, maka cuilan kulit harus dikupas dan dilumuri memakai fungisida. Pengendalian ini dilakukan dengan cara mengoleskan fungisida Flyomac, Calixin, Dowco, atau bubur Bordo pada cuilan yang terkena serangan.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Mengatasi Jamur Upas Pada Flora Karet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel