iklan banner

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Amis Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Kakao


Sedulurtani.com. Dalam melaksanakan budidaya tumbuhan kakao, sering kali dihadapkan dengan duduk kasus yang berkaitan dengan penyakit tanaman. Salah satu penyakit utama yang mengakibatkan kerugian cukup besar dalam budidaya tumbuhan kakao yaitu penyakit anyir buah.


Baca juga :  Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Penyakit anyir buah pada tumbuhan kakao disebabkan oleh cendawan Phytoptora palmivora. Dimana abuh cendawan ini biasa terjadi pada buah kakao yang masih pentil (muda) sampai buah- buah yang siap dipetik.


Gejala serangan anyir buah ditandai dengan munculnya bercak berwarna kelabu kehitaman dan biasanya bercak terdapat pada belahan ujung maupun pangkal buah.


Bercak tersebut mengandung air , kemudian akan menjelma hitam dan pada belahan buah pun membusuk begitu juga pada bijinya.


Pada cuaca yang lembab bercak tersebut akan tamapak misselium berwarna putih yang merupakan jamur. Penularan penyakit anyir buah ini sanggup terjadi melalui hembusan angin, semut hitam, tupai, bekicot dan juga hewan-hewan lain yang tinggal di area tanam.


Penularan juga sanggup terjadi kalau buah bersentuhan secara pribadi dan kondisi lingkungan yang lembab juga akan mendukung perkembangan penyakit tersebut.


Untuk mengurangi kerugian jawaban dari serangan penyakit anyir buah, maka diharapkan pengendalian secara cepat dan tepat. Oleh lantaran itu pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan isu tentang, cara ampuh mengatasi penyakit anyir buah tumbuhan kakao.


Dengan hal ini diharapkan biar petani sanggup mengendalikan penyakit tersebut, sehingga menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tumbuhan kakao.


Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Kakao Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Kakao
Mengatasi Busuk Buah Kakao

Berikut ini cara mengatasi penyakit anyir buah kakao :


  • Melakukan pemangkasan pada tumbuhan pelindung paling tidak setiap tiga bulan sekali biar kondisi kebun tidak begitu rimbun dan lembab. Karena kondisi menyerupai itu berpotensi terhadap perkembangan penyakit.

  • Mengatur jarak tanam biar tidak terlalu rapat, baik tumbuhan utama maupun tumbuhan pelindung.

  • Memetik dan memusnahkan buah yang terjangkit dengan cara membenamkan ke dalam tanah sektar 30 cm. Hal ini dilakukan selama seminggu sekali, dan apabila serangan menghebat sanggup dilakukan 2 hari sekali.

  • Menanam klon yang resisten terhadap penyakit tersebut, menyerupai DRC 16, ICS 6, DR 1 x Sca 12, DRC 16 x Sca 6 ataupun DRC 16 x Sca 12.

  • Pengendalian dengan distributor hayati sanggup dilakukan dengan menyemprotkan Trichoderma spp dengan takaran 200 gram per liter sebagai upaya preventif. Penyemprotan ini dilakukan pada buah yang sehat.

  • Pengendalian secara kimiawi sanggup dilakukan memakai fungisida berbahan aktif tembaga menyerupai Copper Sandoz, Nordox, Cupravit ataupun Vitigran Blue dengan interval 2 ahad sekali. Pengendalian secara kimia ini sebaiknya dilakukan apabila serangan sudah tingkat tinggi.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Tanaman Kakao. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi Anda yang sedang mencari isu ihwal pengendalian penyakit anyir buah pada tumbuhan kakao.


Follo juga saya di Facebook



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Amis Buah Kakao"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel