iklan banner

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang (Zeuzera sp.) Tanaman Kakao


Sedulurtani.com. Hadirnya hama dalam budidaya tumbuhan coklat menjadi bahaya yang serius bagi petani alasannya yaitu sanggup mengakibatkan penurunan produktivitas. Bahkan tak jarang petani harus kehilangan hasil akhir dari serangan hama yang tidak segera dikendalikan.


Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Salah satu hama utama yang biasa menyerang dan menjadi bahaya dalam budidaya tumbuhan coklat yaitu hama penggerek batang. Hama penggerek batang tumbuhan kakao atau yang disebut dengan nama latin zeuzera sp. ini merupakan serangga dari family cossidae dan ordo lepidoptera.


Hama penggerek batang biasa menyerang cabang-cabang muda yang masih lembek dan contohnya pada  bab sudut tangkai. Ulat zeuzera sp.akan melubagi kulit kayu kemudian akan masuk kedalam dan merusak xilem dan floem.


Pada bab batang pokok yang digerek hama ini akanmenjadi gampang patah dan bahkan tumbuhan sanggup mati. Serangan hama penggerek ini mengakibatkan daun mengalami nekrosis dan pucuk pada tumbuhan cukup umur akan mati.


Indikasi serangan hama penggerek batang kakao ini sanggup dilihat dari adanya liang gerakan pada batang disertai terdapatnya kotoran berbentuk silindrik dan berwarna merah kehitaman dan keliar dari liang gerakan.


Untuk mengatasi hama penggerek (zeuzera sp.) pada tumbuhan kakao diharapkan pengendalian secara cepat dan tepat.


Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang  Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Kakao
Mengatasi Penggerek Batang Kakao

Berikut ini yaitu cara mengatasi penggerek batang kakao secara tetap :

1. Pengendailan Secara Kultur Teknis


Pengendalian ini sanggup dilakukan dengan melaksanakan sanitasi lahan,pemusnahan batang yang terjangkit hama penggerek ini dengan cara memotong sepanjang 30 cm dari lubang kawasan masuknya. Setelah cabang dipotongi kemudian dikumpulkan kemudian dibakar.


Selain itu juga sanggup dengan menyemprotkan larutan garam pada liang gerakan handsh4ck biar ulat penggerek sanggup keluar gres kemudian dimusnahkan.


2. Pengendalian Secara Hayati


Pengendalian secara hayati sanggup dilakukan dengan memanfaatkan musuh alami berupa jamur Beauveria bassiana yang bersifat patogenesis. Jamur tersebut dilarutkan dalam satu liter air ditergen kemudian disaring.


Selanjutnya sesudah itu, dilarutkan kembali pada air higienis 4 liter gres diaplikasikan pada tumbuhan dengan cara disemprotkan pada bab liang-liang yang terserang.


Selain memakai jamur Beauveria bassiana untuk mengendalikan hama penggerek batang ini juga sanggup memanfaatkan musuh alami lainya. Musuh alami yang sanggup digunaknan, antara lain Amyosoma zeuzera, Eucarcella kockiana, dan Sturnia chatterjaena.


3. Pengendalian Secara Kimiawi


Pengendalian hama penggerek batang kakao secara kimiawi sanggup dilakukan dengan menutup lubang bekas ulat memakai kapas yang telah dicelupkan pada insektisida atau dengan menyuntikan liang yang terserang.


Pengendalian hama penggerek batang tumbuhan kakao menggunkan insektisida organoklorin atau organofosfat sistemik pada lubang juga sanggup dipakai secara efektif.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Kakao. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi Anda.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Kakao"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel