iklan banner

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Menciptakan Sangkar Ternak Murai Batu

Kandang ternak murai kerikil – Dalam berbisnis murai batu, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan sangkar ternak terlebih dahulu. Selain sebagai tempat berternak, sangkar juga berkhasiat sebagai tempat pemeliharaan harian. Untuk sangkar ternak murai kerikil Anda sanggup membuatnya secara ideal sederhana maupun secara minimalis. Tergantung kebutuhan Anda dalam beternak burung murai batu.


Terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan sangkar ternak murai batu, diantaranya adalah:



  • Mempersiapkan sebuah tempat untuk pembuatan kandang.

  • Ukuran kandang.

  • Aspek keamanan dan kenyamanan kandang.


 langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan sangkar ternak terlebih dahulu Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu
Sampel sangkar murai batu

Ternak murai kerikil merupakan perjuangan yang prospektif. Contohnya saja murai kerikil medan jantan dengan kisaran umur 1 bulan harganya sudah mencapai 2,5 juta (hasil ternak). Bukan nominal yang sedikit untuk seekor anakan burung bukan?


Artikel terkait murai batu: Tips Cara Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Produksi


Beternak murai kerikil juga tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebab, murai kerikil merupakan salah satu burung yang gampang stres. Ditambah lagi Anda juga harus mempunyai pengetahuan dan pemahaman perihal bagaimana memperlakukan, merawat dan memelihara murai batu.


Berikut ini beberapa tips yang sanggup Anda gunakan dalam menciptakan sangkar murai batu.


Tips Pembuatan Kandang Ternak Murai Batu Yang Ideal


Menyediakan tempat yang nyaman


Seperti yang telah tertulis di awal, pembuatan sangkar murai  kerikil haruslah mengutamakan kenyamanan. Carilah tempat yang cukup sunyi atau jauh dari keramaian. Hindari membangun sangkar ternak murai kerikil dipinggir jalan, pasar atau bersahabat pabrik, lantaran murai kerikil membutuhkan suasana yang damai untuk bereproduksi dan menghindari stres.


Selain untuk beternak, sangkar yang nyaman juga sangat dibutuhkan dikala Anda melaksanakan pemasteran murai batu. Dengan tempat yang nyaman maka pemasteran sanggup fokus dan karenanya burung jadi gacor dan lebih lantang.


Ukuran kandang


Dalam menciptakan sangkar murai kerikil khususnya untuk ternak, Anda harus memperhatikan ukuran kandang. Kandang yang bersusun sangatlah ideal bagi Anda yang mempunyai lahan sempit maupun luas. Ukuran sangkar sanggup diadaptasi dengan luas lahan, usahakan jangan terlalu sempit biar murai kerikil sanggup terbang kecil untuk menjaga kebugaran dan tidak kegemukan. Semakin besar sangkar murai kerikil maka akan semakin baik dalam menjaga kenyamanan murai batu.


Kandang ternak murai kerikil sanggup Anda buat dengan ukuran minimalis, yaitu dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 90 cm, serta tinggi 1 meter. Anda sanggup memakai ukuran yang lebih besar dari ukuran tersebut kalau luas lahan Anda mencukupi. Misal, ukuran panjang 3 m, lebar 3 m, serta tinggi 4 m. Namun kalau lahan Anda sempit, kami sarankan memakai ukuran minimalis.


 langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan sangkar ternak terlebih dahulu Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu
Kondisi di dalam sangkar murai

Bahan baku pembuatan sangkar ternak murai batu


Dalam pembuatan sangkar ideal untuk murai batu, Anda sanggup memakai beberapa materi sebagai berikut:



  • Kayu

  • Bambu

  • Kawat

  • Batako

  • Genteng atau asbes


Buatlah sangkar murai kerikil dengan memakai materi tersebut yang kemudian ditempel pada dinding batako. Buat juga atap dengan memakai asbes atau genteng. Usahakan jangan pernah memakai atap yang terbuat dari materi seng, alasannya ialah kalau demam isu panas sanggup menunjukkan temperatur panas yang berlebih pada sangkar murai batu. Begitupula pada demam isu hujan, seng sanggup menciptakan bunyi yang sangat berisik sehingga sangat mengganggu kenyamanan dari murai kerikil dan sanggup menciptakan murai kerikil menjadi stress.


Jika sangkar murai kerikil Anda berada di dalam rumah, maka tidak memerlukan atap. Dasar sangkar sebaiknya Anda buat dengan memakai tanah atau sangkar pribadi melekat pada tanah. Dasar sangkar sanggup juga Anda buat memakai kawat Ram, berlantaikan semen dan dilapisi pasir bersih. Tergantung Anda ingin memakai yang mana. Yang terpenting sangkar harus tetap terjaga keamanannya dan terhindah dari lembab serta tumpukan kotoran murai batu.


Desain kandang


Bentuk atau desain sangkar sanggup Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya pembuatan sangkar yang dilakukan oleh peternak murai kerikil memakai dua pintu pada setiap kandang. Pintu dipasang pada pecahan atas dan bawah kandang. Pintu atas didesain untuk mengganti pakan burung dan pintu pecahan bawah sangkar untuk membersihkan kotoran burung murai kerikil yang tercecer di dasar kandang.


Keamanan dan kenyamanan kandang


Yang terakhir dan paling penting ialah memperhatikan keamanan dan keyamanan sangkar tersebut. Pastikan lingkungan sangkar ternak murai kerikil Anda terbebas dari hewan buas atau pemangsa. Pastikan juga sangkar Anda kondusif dari pencuri yang sanggup mengganggu keamanan serta kenyamanan burung dalam beraktifitas dalam kandang.


 langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan sangkar ternak terlebih dahulu Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu
Kandang untuk lahan sempit

Bagi Anda yang tinggal di kawasan yang bersuhu dingin, berilah lampu bohlam dalam sangkar murai kerikil Anda. Bohlam yang digunakan jangan terlalu terang, gunakan bohlam berukuran 5-10 watt yang penting burung dalam sangkar tidak kedinginan. Kenyamanan sangkar sangat dibutuhkan biar burung tetap merasa hidup dalam habitatnya. Maka diperlukan proses reproduksi akan lebih terjaga kualitasnya.


Artikel murai kerikil lainnya: Cara Mengatasi Penyakit Pada Murai Batu. Cek Disini




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Menciptakan Sangkar Ternak Murai Batu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel