iklan banner

Tips Langkah Gampang Cara Merawat Kelinci Anakan

Cara merawat kelinci – Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terkait dengan sifat alami kelinci. Kelinci berbeda dengan binatang lain, dimana kalau binatang lain selalu menjaga sarangnya sesudah melahirkan akan tetapi kelinci akan lebih menjaga jarak dengan anak mereka. Hal ini dilakukan bukan alasannya ialah mereka tidak perduli dengan anak mereka. Hal ini dilakukan untuk menjaga bayi mereka, semoga tidak terlalu menarik perhatian dari predator.


Predator yang sering kali memangsa anakan dari kelinci ialah tikus. Peternak kelinci harus waspada dengan predator ini, alhasil sangkar yang dibentuk harus dibentuk secara kondusif dan terhindar dari serangan predator. Diharapkan dengan model sangkar yang kondusif dari predator maka perkembangan dari anakan kelinci sanggup berkembang dengan baik.


Cara ternak kelinci: Teknik Dasar Ternak Kelinci Agar Menguntungkan


Pola menyusui pada kelinci ialah contoh yang unik. Indukan kelinci merawat anakan dengan cara yang berbeda dari binatang lainnya. Indukan kelinci biasanya menyusui bayinya menjelang tengah malam dan di pagi hari. Biasanya disekitar jam 5 pagi di hari pertama menyusui. Yang sangat unik disini ialah proses menyusui yang hanya berlangsung selama 5 menit. Bahkan dari hari kehari intensitas induk dalam menyusui akan semakin berkurang. Anda tidak perlu cemas akan hal ini, alasannya ialah ini merupakan ialah sesuatu hal yang sangat alamiah.


 Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terkait dengan sifat alami kelinci Tips Langkah Mudah Cara Merawat Kelinci Anakan
Indukan Kelinci

Kelici sangat suka atau rajin membersihkan anaknya dengan menjilati pusar sampai tubuh bayi kepingan belakangnya. Ini dikarenakan kelinci ialah binatang yang sangat mengasihi kebersihan. Tindakan menjilat ialah gerakan stimulant yang dimana akan membantu untuk perkembangan sang bayi.


Metode Mudah Cara Merawat Kelinci Anakan 


Kelinci ialah salah satu binatang yang sangat produktif. Perkembangbiakan binatang ini sangat cepat. Dalam jangka satu tahun saja kelinci betina bisa mengandung 5 kali, dengan jumlah anakan yang dikandung bisa berjumlah 5 – 15 ekor sekali kelahiran. Dari kelahiran yang menghasilkan anakan dengan jumlah tersebut sangat jarang sekali ada anak kelinci yang mati. Dikarenakan indukan kelinci tampaknya sudah faham betul bagaimana cara merawat kelinci anakan.


Metode perawatan induk kelinci terhadap bayinya terjadi dengan sangat alamiah. Induk kelinci bahu-membahu bisa merawat bayinya sendiri tanpa pinjaman tangan dari peternak. Akan tetapi alangkah baiknya kalau peternak kelinci bisa merawat anakan / merawat baik kelinci. Sehingga bisa melaksanakan evakuasi terhadap anak kelici kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Jagalah kebersihan sangkar kelinci Anda, kalau sangkar terlalu kotor maka indukan akan cepat merasa stress. Dengan stressnya indukan maka akan akan mempengaruhi dalam perawatan anakan kelinci.


Cara perawatan anakan kelinci


Sebagai peternak kelinci, Anda sanggup membantu perawatan bayi kelinci yang gres saja dilahirkan. Cara merawat kelinci anakan  ialah dengan memantau apakah bayi kelinci dirawat dengan baik oleh indukannya. Pengecekan sanggup dilakukan pada pagi hari. Raba perut bayi kelinci dan perhatikan dengan secama. Jike perut bayi kelinci terasa hangat maka sanggup dipastikan bahwa sang bayi mendapat perawatan yang baik dari induknya. Perut hangat menunjukan bahwa bayi kelinci gres saja final disusui induknya.


Artikel terkait kelinci: Panduan Sederhana Membuat Kandang Kelinci Yang Baik


Anda bisa melaksanakan cara lainnya untuk memastikan bahwa bayi kelinci mendapat susu dari induknya. Misalnya dengan cara menimbang  bayi kelinci. Ambil bayi kelinci, kemudian timbang beratnya. Setelah final menimbang catat berat bayi kelinci. Hari berikutnya timbang kembali bayi kelinci. Setelah itu bandingkan dengan berat hari kemarin. Jika ada perubahan, misal kenaikan berat tubuh sebesar 25 gram, maka sanggup dipastikan bahwa sang bayi kelinci disusui oleh induknya. Jangan khawatir untuk memegang eksklusif bayi kelinci, alasannya ialah induk kelinci tidak memperdulikan anyir yang melekat sesudah bayinya Anda pegang.


 Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terkait dengan sifat alami kelinci Tips Langkah Mudah Cara Merawat Kelinci Anakan
Anakan Kelinci

Banyak informasi yang menyampaikan bahwa kelinci termasuk binatang kanibal. Kanibal terhadap bayinya sendiri. Informasi tersebut kurang tepat. Kanibalisme pada kelinci jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, ada beberapa indukan yang memakan bayinya, itu dikarenakan alasannya ialah bayi kelinci dianggap oleh induknya tidak bisa dalam bertahan hidup. Keadaan ibarat itu ialah keadaan yang alamiah dan masuk akal dialami dalam siklus kehidupan kelinci.


Fungsi peternak kelinci mengetahui cara merawat kelinci ialah semoga Anda sanggup membantu perkembangan bayi kelinci. Meskipun indukan kelinci bisa merawat bayinya dengan baik, campur tangan Anda sangat diharapkan dikala sang induk kelinci mengalami sres pasca melahirkan. Induk kelici sangat rentang mengalami stress pasca melahirkan. Pada kondisi ibarat tersebut Anda harus mengembalikan kondisi induk ibarat sedia kala. Salah satu caranya ialah dengan memperlihatkan asupan makanan yang disukai induk kelinci. Harapannya semoga sifat agresifitas sang induk sanggup ditekan.


Cara merawat kelinci yang gres lahir lainnya ialah dengan memperhatikan kondisi ruangannya. Bayi kelinci dikala gres dilahirkan belum mempunyai bulu, dan kedua matanya belum bisa terbuka sempurna. Karena belum mempunyai bulu maka kondisi tubuh bayi kelinci akan kedinginan. Sehingga kita harus ekstra memperhatikan kondisi ruangannya. Jangan menempatkan bayi – bayi kelinci pada daerah yang lembab dan dingin. Perhatikan kondisi sangkar atau box kelinci. Berikan ganjal pada kepingan dasar box semoga kondisi selalu terjaga tetap hangat. Alas yang bisa Anda pakai ialah berupa kain, jerami atau materi lainnya.


Artikel pakan kelinci: Tips Membuat Ransum Sentrat Pakan Kelinci


Pada usia 3 mingguan bayi kelinci pada umumnya hanya mengkonsumsi air susu dari induknya. Ketika usia kelinci menginjak usia 19 – 25 hari maka kelinci mulai berguru untuk menggigit dan mencari makan bersama induknya. Pada kelinci yang sudah berumur 35 hari, Anda sudah bisa memberi makanan suplemen berupa konsentrat untuk menambah kebutuhan nutrisinya.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Langkah Gampang Cara Merawat Kelinci Anakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel