iklan banner

Cara Beternak Kenari Paling Lengkap

 warna bulu indah dan postur tubuh menarik Cara Beternak Kenari Paling Lengkap
gambar cara beternak kenari

Suara kicau yang merdu, warna bulu indah dan postur tubuh menarik, menciptakan burung kenari banyak disukai para kicau mania. Terlebih lagi burung ini tergolong pemakan biji-bijian, sehingga gampang untuk pemeliharanya.


Burung kenari (Serinus Canarius) mulai dikenal pada kala 15 di Prancis ditemukan oleh Jean de Berthan di pulau kenary. Dalam berdaptasi burung kenari mempunyai daya tahan cukup baik. Burung ini dikembangbiakan pertama kali oleh bangsa Spanyol, sebelum risikonya berkembang di Negara-negara lainya  termasuk Indonesia.


Beternak burung kenari, ketika ini banyak dilakoni oleh para kicau mania. Selain untuk mendapat keturunan dari indukan yang mereka miliki, acara ternak kenari secara ekonomi mempunyai nilai jual yang cukup tidak mengecewakan tentunya.


Di banyak sekali daerah, banyak kami jumpai para peternak kenari yang sukses, dan perlu Anda tahu, ternyata acara ternak ini  bukan hanya menjadi perjuangan sampingan lho, namun sanggup menjadi perjuangan pokok yang cukup menguntungkan. Makara Anda jangan anggap remeh, perjuangan ternak burung ini, profitnya cukup besar ternyata.


Seperti dongeng peternak asal kota Solo ini. Namanya om Agung, beliau sudah menjalankan perjuangan ternak kenari semenjak tahun 2007 lalu. Usaha yang dirintis awal mulanya memang tidak begitu saja sukses. Kerugian juga pernah ia alami, karena kenari yang di ternaknya mati terjangkit penyakit.


Pengalaman itu tidak menciptakan om Agung nyerah begitu saja. Akhirnya ia memberanikan pinjam modal dari bank sebesar 5jt,  untuk mencoba peruntungan berternak kenari kembali. Usahanya itu risikonya membuahkan hasil, dan tanggung-tangung banyak sekali jenis kenari menyerupai Yorksire,Norwich, Border, Lizard Blue, Fife Fancy, Staffoid, dll, bisa om Agung ternakan.


Dari perjuangan beternak kenari, kini om Agung sanggup mengantongi profit rata-rata minimal 3 juta per bulan. Bahkan kini usahanya bermetamorfosis dua tempat,yaitu di rumahnya Mojosongo dan di Jalan wetar Kebalen Solo.  Kunci kesuksesan pada ternak kenari yaitu tekun dan sabar. “Tuturnya.


Apakah Anda tertarik untuk melakoni bisnis ternak kenari. Cara cukup mudah, dengan modal tidak besar, tidak memakan tempat luas, perjuangan ini sanggup Anda jalankan.  Namun pastinya ketekunan dan sabaran sebagai kunci utama yang harus Anda miliki. Berikut kami sajikan cara-cara beternak kenari, selamat membaca.


Pedoman Cara Beternak Kenari 


Langkah-langkah beternak kenari, sebagai berikut :


1. Kandang ternak kenari


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menentukan sangkar ternak kenari, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan:



  • Siapkan sangkar ternak kenari, ukuran 45x45x50 cm. Jika kita tidak sempat untuk membuatnya, Anda bisa dibeli di perlengkapan burung, biasanya disana tersedia kandang.

  • Pilih sangkar yang mempunyai ruji lebih rapat, supaya cicak tidak sanggup masuk kedalam sangkar ternak, alasannya ialah sanggup memakan telor burung kenari.

  • Tentukan lokasi kandang. Sebaiknya sangkar berada ditempat yang damai tidak ada gangguan dari hewan dan kebising.

  • Kandang ternak sebaiknya melekat pada dinding tembok sehingga terjauh dari serangga dan jauh dari janggkauan tikus.

  • Berikan perlengkapan, menyerupai sarang, tempat pakan, tempat minum, dan tempat aksesori nutrisi.

  • Pada sangkar ternak sebaiknya dipasangi lampu dengan watt kecil, supaya suhu sangkar tetap hangat ketika kondisi extrim.


2. Pemilihan indukan kenari


Memilih induk yang sempurna untuk ternak kenari yaitu harus melihat usia kenari, alasannya ialah usia indukan sangat berpengarung terhadap kematangan dalam reproduksi. Ini beliau cara menentukan induk yang sempurna untuk anda simak :



  • Pilih induk untuk pejantan usia diatas 1 tahun alasannya ialah kematangan seperma sudah lebih siap, dan betina usia diatas 8 bulan.

  • Ciri kenari betina dan jantan yang sudah siap. Yaitu keduanya saling bersautan ketika berkicau, itu menandakan  keduanya sudah mulai birahi dan siap untuk produksi

  • Dalam pemilihan bibit untuk jenis juga bisa menjadi pertimbangan alasannya ialah induk yang baik dengan kualitas baik akan menghasilkan anakan yang berkuliatas pula, sebaik pilih induk dari jenis kenari yang harga jualnya cukup baik dipasaran, menyerupai kenari YS, AF dll.


3. Penjodohan dan mengawinkan kenari


Tahapan perjodohan sebetulnya tidaklah sulit, dengan cara menyatukan burung kenari dalam satu sangkar. Dalam proses ini pilih  burung kenari pejantan yang sudah birahi, mempunyai kicauan keras dan pada betina ditandai dengan membuka sayap serta ekor ketika di dekati pejantan itu mengambarkan keduanya siap untuk kawinkan.


Langkah-langkah dalam menjodohkan dan mengawinkan kenari Berikut cara yang Anda bisa lakukan :



  • Langkah pertama masukan eksklusif kenari jantan dan bentina satu sangkar, jikalau belum ada ketertarikan burung kenari saling menyerang satu sama lain, namun hal ini wajar, tunggu hingga 2-3 hari, kalo sudah tidak saling serang maka mengambarkan burung sudah berjodoh.

  • Langkah kedua dalam perjodohan kenari yaitu dengan mendekatkan sangkar kenari pejantan dan betina, atau bisa juga gunakan sangkar sekat. Dengan mendekatkan terus menurus menciptakan supaya burung ketika di masukan kedalam satu sangkar tidak saling serang.

  • Proses menyatukan kenari jantan dan betina biasanya membutuhkan waktu minimal 5 hari, atau bisa juga hingga betina bertelur.

  • Betina yang siap bertelur ditandai dengan, burung sudah menata sangkarnya dengan menciptakan menjadi rapi dan membulat, serta burung sering tidur di sarang.

  • Jika betina sudah bertelur 1sampai 2 penjantan sanggup diambil dipisahkan dari betinanya, alasannya ialah proses pengeraman cukup dilakukan oleh induk betina saja.


4. Perawatan induk ketika bertelur


Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika induk burung kenari bertelur, menyerupai dibawah ini :



  • Saat induk mulai bertelur sediakan suplai makan yang cukup untuk kebutuh gizi burung kenari

  • Berikan aksesori menyerupai sayur, buah, jagung ataupun telur puyuh supaya kualitas telur yang dihasilkan juga baik.

  • Saat induk mengeram pastikan terhindar dari serangan hama menyerupai semut, cicak, tikus, dan serangga lainya.

  • Jangan menjemur burung ketika induk sedang mengeram, untuk menghangatkan suhu udara kandang, Anda tinggal menambahkan lampu ukuran (2,5-5 Watt).

  • Sebaiknya Anda pisah pejantan, biarkan induk betina yang melaksanakan pengeraman dan Anda juga bisa menjodohkan kembali dengan betina lainya.

  • Dalam beternak kenari satu pejantan bisa mengawini 3-5 betina dalam 1 siklus ternak, pada sangkar yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk efisiensi produksi dalam ternak kenari.

  • Waktu pengeram burung kenari yaitu 20-22 hari, jikalau lebih dari waktu tersebut sebaiknya Anda mengecek telur alasannya ialah kemungkinan telur tidak menetas, jikalau itu terjadi maka sebaiknya telur dibuang dan induk bisa dijodohkan kembali


5. Proses perawatan anak kenari



  • Setelah telur menetas, biarkan induk merawat anak hingga anak sudah mulai keluar dari sarang.

  • Beternak kenari pastinya Anda ingin menghasilkan anakan yang sehat dan mempunyai postur yang gemuk dan besar. Caranya tambahkan asupan pakan dengan memperlihatkan gabungan pakan menyerupai bubur susu, kedelai, bijianan, dll, yang digiling halus kemudian di doot eksklusif pada anak kenari.

  • Setelah anak kenari sudah mulai keluar dari sangkar yaitu usia kurang lebih 25-30 hari anakan bisa dipanen, dipisahkan dengan induknya.

  • Berikan pakan biji yang lebut dan sedikit dibantu aksesori pakan langsung, pada usia tersebut telur puyuh dan jagung muda cukup baik untuk melatih makan kering untuk anakan kenari.

  • Proses budidaya kenari harus Anda jalankan secara cermat, supaya anakan sanggup tumbuh dengan baik.

  • Setelah 1,5 bulan anakan kenari sudah siap kita jual namun supaya memperoleh harga yang lebih baik, sebaiknya dipelihara dulu hingga berkicau atau Anda bisa sesuai dengan kebutuhan pasar.


Beternak kenari pastinya butuh kesabaran, ketekunan dan tidak ada yang istans. Selamat mencoba..




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Beternak Kenari Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel