iklan banner

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao


Sedulurtani.com. Salah satu hama utama tumbuhan coklat yang sangat merugikan yakni Conopomorpha cramerella. Jenis hama ini dikenal juga dengan sebutan penggerek buah coklat (PBC). Ciri buah muda yang terjangkit PBC yaitu mengalami perubahan warna sebelum matang.


Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Serangan PBC ini mengabkibatkan cacat pada biji kakao, sehingga sanggup menurunkan hasil produksi sampai 80%. Buah kakao matang yang terjangkit hama ini tidak akan berbunyi kalau digoncang.


Berbeda dengan buah yang tidak terjangkit akan mengeluarkan suara alasannya yakni biji didalamnya telah terlepas dari kulit. Selain itu, pada bab kulit buah yang tesereng PBC akan gampang untuk ditumbuhi jamur.


Hama penggerek buah kakao ini menyerang buah kakao yang masih muda sampai yang hampir matang dengan cara meletakkan telur-telurnya pada permukaan buah. Kemudian sesudah telur tersebut menetas menjadi larva, maka akan menggerek kulit sampai ke daging buah.


Setelah buah rusak alasannya yakni diserang kemudian larva akan keluar dari buah dan membentuk pupa, dan selanjutnya akan menjelma imago (serangga dewasa).


Penyebaran hama penggerek buah ini sanggup terjadi melalui angin, kurangnya sanitasi lahan, dan kulit yang terjangkit dibiarkan berserakan.


Untuk mengetasi hama penggerek buah kakao dibutuhkan pengendalian secara cepat dan tepat. Oleh alasannya yakni itu pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan isu tentang, cara ampuh mengatasi hama penggerek buah kakao.

Dengan mengetahui hal ini maka diharapkan supaya PBC sanggup teratasi, sehingga akan menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tumbuhan kakao.


Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao
Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Berikut ini yakni cara mengatasi penggerek kakao (coklat) :

1. Pencegahan Hama PBC


Pencegahan hama PBC dilakukan dengan cara memusnahkan kulit buah dan sisa-sisa hasil panen guna menekan populasinya. Pemangkasan tajuk/kanopi juga perlu dilakukan supaya tidak terlalu rimbun, alasannya yakni suasana yang telalu gelap menjadi potensi pengembang biakan hama.


Selain itu juga sanggup dilakukan pemupukan yang berimbang dan mongondisikan area tanam supaya tidak membawa buah atau alat yang terjangkit hama.


2. Pengendalian Hama PBC


Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao
Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Secara kuartif pengendalian hama PBC sanggup dilakukan dengan sanitasi lahan, dengan membersihkan kulit buah, ranting/daun kering, dan gulma. Pembungkusan buah supaya tidak terjangkit dan memusnahkan buah yang terjangkit dengan cara menguburnya.


Selain itu juga sanggup dikendalikan dengan musuh alami, ibarat Trichogrammatoidea bactrae fumata, rangrang, semut hitam, dan jamur entomopatogen.


Sedangkan pengendalian memakai materi kimia sanggup dilakukan memakai insektisida berbahan aktif organoklorin atau piretroid sintetik. Contoh insektisida piretroid sintetik seperti deltametrin, fipronil, lamda sihalotrin, betasiflutrin, alfa sipermetrin dan esfenvalerat.


Pengendalian secara kimiawi ini dilakukan saat buah berukuran antara 8-12 cm kemudian dibungkus memakai kantong plastik.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi Anda yang sedang mencari isu terkait hama tumbuhan kakao.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel