iklan banner

Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao


Sedulurtani.com. Dalam melaksanakan budidaya tumbuhan kakao sering kali kita mendapati adanya serangan hama yang sanggup mengakibatkan kerugian.


Salah satu hama utama tumbuhan kakao yaitu kepik penghisap buah atau disebut dengan nama latin Helopelthis sp. Jenis hama ini biasa menyerang pada cuilan buah dan tunas muda. Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Taksonomi :

































KingdomAnimalia
PhillumArthropoda
KelasInsekta
OrdoHemiptera
FamiliMiridae
GenusHelopeltis
SpesiesHelopeltis antonii


Serangan pada cuilan tunas muda mengakibatkan daun-daun muda menjadi melengkung, kecil, dan berubah warna menjadi kehitaman. Sedangkan pada cuilan buah hama ini lebih suka menyerang buah yang masih muda dan mendekati matang.


Serangan pada buah ditunjukan terdapat bintik-bintik berwarna hitam dengan ukuran sekitar 2 mm yang disebabkan oleh bekas bacokan stylet nimfa dan imago.


Serangan secara berat ditunjukan pada buah tersebut dipenuhi dengan bekas bacokan hitam dan kering. Selain itu, buah tersebut tampak kering,  retak-retak, kecil, dan gampang rontok. Untuk mengatasi serangan kepik penghisap buah kakao perlu dilakukan pengendalian hama secara tepat.


Dimana pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin membuatkan gosip tentang, cara ampuh mengatasi kepik penghisap buah kakao.


Dengan ini diperlukan akan sanggup mengendalikan hama tersebut, sehingga sanggup mengantisipasi kerugian yang disebabkan oleh hama yang berkaitan.


Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao
Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao

Berikut ini ialah teknik pengendalian untuk mengatasi kepik penghisap buah kakao :

1. Pencegahan Kepik Penghisap Buah Kakao

Pencegahan sanggup dilakukan dengan memberian pupuk secara berimbang. Dimana tumbuhan kakao yang defisiensi terhadap unsur P dan K akan gampang terjangkit hama ini. Sebaliknya kalau tumbuhan kelebihan unsur N juga menciptakan jaringan tumbuhan menjadi lunak dan gampang terserang.


Perlu dilakukan sanitasi lahan dari tumbuhan inang, menyerupai kapok, rambutan, dadap, maupun gulma. Selain itu juga perlu dilakukan pemangkasan pohon pelindung semoga tidak terlalu lembab dan juga lebat.


2. Pengendalian Kepik Penghisap Buah Kakao

Pengendalian sanggup dilakukan dengan cara pemetikan tunas air (wiwilan) setiap dua ahad sekali. Hal tersebut dikarenakan pada cuilan ini sering dipakai peletakan telur hama ini, selain itu juga sanggup menganggu pertumbuhan tanaman.


Pengendalian secara bilogis sanggup memakai musuh alami, yaitu semut hitam (Dolichoderus thoracicus).


Sementara itu, pengendalian secara kimia yang didahului dengan pengamatan secara cermat akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan insektisida.


Pengendalian yang efektif dan efisien hingga ketika ini dengan insektisida pada areal yang terbatas yaitu bila serangan helopeltis kurang dari 15 %. Sedangkan apabila serangan lebih dari 15% maka perlu dilakukan penyemprotan secara menyeluruh.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel