iklan banner

Gerakan 3A : Pengertian Dan Tujuannya

Gerakan 3A yakni salah satu organisasi bentukan Jepang yang dipakai sebagai wadah usaha kemerdekaan Indonesia. Perlu kalian ketahui, pergerakan nasional pada masa pendudukan atau penjajahan Jepang dibagi menjadi tiga, yaitu usaha bersenjata, usaha bawah tanah dan organisasi bentukan Jepang.

Nah, Gerakan 3A ini termasuk dalam organisasi bentukan Jepang yang menjadi wadah usaha kemerdekaan. Selain itu, Jepang juga membentuk gerakan lain, menyerupai Putera (Pusat Tenaga Rakyat), Cuo Sangi In (Badan Pertimbangan Pusat), Jawa Hokokai (Himpunan Kebangkitan Jawa), dan MIAI yang lalu menjadi Masyumi.
A yakni salah satu organisasi bentukan Jepang yang dipakai sebagai wadah usaha kem Gerakan 3A : Pengertian dan Tujuannya

Lalu apa pengertian dan tujuan dibentuknya Gerakan 3A? kapan berdirinya dan siapa tokoh pemimpinnya? Pertanyaan tersebut akan kami coba jawab pada pembahasan berikut ini. Oke, eksklusif saja simak selengkapnya.

Pengertian Gerakan 3A

Menurut Drs. G. Moedjanto, M.A dalam bukunya berjudul "Indonesia Abad ke 20 I : Dari Kebangkitan Nasional hingga Linggarjati", Gerakan 3A didirikan oleh Jepang pada tanggal 29 April 1942. Dibentuknya Gerakan 3A dipelopori oleh tokoh berjulukan Shimizu Hitoshi. Gerakan ini dipimpin oleh Mr. Syamsuddin, seorang tokoh nasionalis yang kurang terkenal.

Gerakan 3A yakni propaganda kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II, terhadap wilayah yang dikuasai. Gerakan 3A mempunyai semboyan (Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, Nippon Pemimpin Asia). Nippon yang dimaksud yakni Jepang, yang ketika itu berambisi menguasai seluruh wilayah di Asia Pasifik.

Lalu apa tujuan dan bagaimana perkembangan Gerakan 3A?

Tujuan Gerakan 3A

Berdirinya Gerakan 3A mempunyai tujuan terselubung, yaitu untuk menarik simpati bangsa Indonesia semoga membantu Jepang dalam melawan Sekutu pada kiprah dunia II. Makara sanggup disimpulkan bawah gerakan ini bukan gerakan kebangsaan Indonesia.

Namun gerakan ini kurang menerima perhatian dari rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran bukan gerakan kebangsaan. Salah satu acara yang pernah dilakukan berlangsung di kota Surabaya.

Gerakan 3A lalu dibubarkan pada tahun 1943, lantaran dianggap tidak berhasil menggerakkan rakyat Indonesia untuk membantu tentara Jepang. Gerakan ini digantikan oleh Putera yang dibuat pada bulan Maret 1943. Badan ini lebih penting, yaitu mempunyai kiprah dalam pergerakan dana dan daya rakyat Indonesia.


Demikian pembahasan singkat yang sanggup kami sampaikan. Dengan membaca artikel diatas, diperlukan kalian sanggup mengetahui pengertian dan tujuan Gerakan 3A. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya, terimakasih.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Gerakan 3A : Pengertian Dan Tujuannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel