iklan banner

Hilangnya Toleransi Beragama


Keragaman Indonesia tak hanya tercermin dari budayanya, tapi juga dari etnis, bahasa, agama, dan sumber daya alamnya. Sebelum agama-agama besar masuk ke indonesia, masyarakat kita telah hidup dengan aneka macam kepercayaan lokal, yang sekarang masih dipraktikkan oleh beberapa suku di nusantara.

Untuk mengelola keragaman ini para pendiri bangsa memutuskan sebuah platform bersama, yakni Pancasila, dengan lima nilai inti: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, dan Keadilan Sosial.

Nilai-nilai ini mengatur kehidupan masyarakat. Peran penting agama dalam kehidupan publik diakui oleh sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa”, seharusnya sila ini diimplementasikan untuk tidak mendukung agama tertentu, termasuk Islam,sebagai agama dominan untuk menjadi ideologi negara. Namun pada praktiknya ketika ini justru negara terkadang membiarkan beberapa kelompok dari agama tertentu untuk mengedepankan kepentingannya dengan cara-cara kekerasan. Seperti kasus-kasus penyerangan dan juga pemaksaan terhadap kalangan minoritas. Apakah memang ada pembiaran atau memang kelengahan dari pemerintah?

Contoh lain dari tidak adanya kebijakan yang terang yakni ketika pemerintah tidak mengambil posisi menyangkut aliran yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia pada tahun 2005 yang melarang kaum Muslim untuk mengikuti paham pluralisme, sekularisme dan liberalisme agama yang sah.

Sementara itu, lunturnya nilai-nilai pancasila diperparah oleh tidak adanya sinkronisasi antara ucapan dengan tindakan dari para pejabat negara dalam proses berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang justru amat jauh dari nilai-nilai Pancasila dan kebudayaan.

Banner di atas menjadi penyebab bagaimana kita merindukan pemerintahan yg tegas tanpa tebas pilih,jika terus di biarkan terjadi jangan heran jikalau pancasila hanya menjadi omong kosong belaka dalam menjalankan kehidupan bernegara. "Bhineka tunggal ika" di dalam ke egoisan kaum mayoritas? Ya itulah fakta yg terjadi ketika ini di negara kita.


Sumber http://jubahhukum.blogspot.com

0 Response to "Hilangnya Toleransi Beragama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel