iklan banner

Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Jago Dari Indonesia



Pengertian sejarah pengertian sejarah berdasarkan para ahli - Jika kita berbicara mengenai sejarah tentunya pandangan kita tak luput dari masa lalu. Sejarah bukanlah sesuatu yang gila bagi kita bangsa Indonesia. Namun demikian, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa bahwasanya sejarah. Apa tujuan berguru sejarah, dan apa manfaat berguru sejarah.

Ilmu pengetahuan khususnya sejarah merupakan hal yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Rasanya tak ada bangsa di dunia ini yang tidak mengenal sejarah, meskipun tidak semuanya memahami bagaimana kehidupan bangsa atau masyarakatnya yang telah lampau. Hal tersebut disebabkan lantaran kurangnya peninggalan-peninggalan terutama yang tertulis oleh nenek moyang mereka sampai sanggup dipahami oleh generasi selanjutnya.

Sejarah merupakan suatu pengetahuan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan mempelajari ilmu sejarah kita akan mendapat citra bagaimana kehidupan bangsa masa kemudian beserta peristiwa-peristiwa yang terjadi yang sanggup dipastikan menjadi suatu pedoman dalam kehidupan bermasyarakat di masa mendatang.

Bagan sejarah

Definisi sejarah berdasarkan Kamus Umum Bahasa Indonesia Pengertian sejarah berdasarkan para jago dari Indonesia
Gambar Bagan sejarah

Arti sejarah dalam aneka macam bahasa

Menurut para ahli, kata "sejarah" berasal dari bahasa Arab syajaratun yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab, sejarah seolah-olah artinya dengan sebuah pohon yang terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ke tingkat yang lebih maju.

Itulah sebabnya sejarah sanggup diumpamakan mirip perkembangan sebatang pohon yang terus berkembang dari akar sampai ranting yang paling kecil.

Dalam bahasa Inggris sejarah yakni history yang berarti masa lampau. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah yakni geschicht yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Kedua kata tersebut sanggup memperlihatkan arti sesungguhnya mengenai sejarah, yaitu sesuatu yang telah terjadi di waktu yang telah berlalu.

Dengan demikian, sejarah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan suatu bangsa atau masyarakat, bahkan akan terus berkembang sesuai dengan kehidupan insan dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju.

Definisi sejarah berdasarkan Kamus Umum Bahasa Indonesia

Kamus Umum Bahasa Indonesia goresan pena W.J.S Poerwadarminta menyebutkan bahwa sejarah mengandung tiga pengertian sebagai berikut :
  • Sejarah berarti silsilah atau asal-usul.
  • Sejarah berarti insiden dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  • Sejarah berarti ilmu pengetahuan, dongeng pelajaran perihal insiden atau insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut :
  • Jumlah perubahan-perubahan, insiden atau insiden dalam kenyataan di sekitar kita.
  • Cerita perihal perubahan-perubahan, insiden atau insiden dalam kenyataan di sekitar kita.
  • Ilmu yang bertugas menilik perubahan-perubahan insiden dan insiden dalam kenyataan di sekitar kita.
Dari uraian tersebut sanggup disimpulkan bahwa sejarah yakni suatu ilmu yang mempelajari segala insiden atau insiden yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Silahkan baca juga :
Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian sejarah berdasarkan para jago dari Indonesia, biar menjadi catatan pengetahuan perihal sejarah.

Karya : I Wayang Badrika, KTSP 2006, Sejarah Untuk Sekolah Menengan Atas Kelas X

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Jago Dari Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel