iklan banner

Konsep Periodisasi Dalam Ilmu Sejarah

Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah - Periodisasi berarti tingkat perkembangan masa atau pembabakan suatu masa. Periodisasi dalam sejarah yaitu tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah. Pembabakan dilakukan alasannya yaitu rentang waktu atau masa semenjak insan ada sampai kini merupakan rentang yang sangat panjang, sehingga para jago atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia.

Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para jago menyusun suatu periodisasi-periodisasi atau pembabakan-pembabakan masa sejarah.

Periodisasi dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat, bangsa atau negara di seluruh dunia. Periodisasi sejarah juga dilakukan, alasannya yaitu setiap periode sejarah terdapat rangkaian-rangkaian kejadian atau kejadian dengan jumlah yang sangat banyak

Salah satu misalnya yaitu periodisasi sejarah Eropa sampai sekarang. Untuk mempermudah pemahaman sejarah Eropa secara utuh, maka dilakukan pembabakan atau periodisasi masa. Eropa dengan fokus pembahasan masing-masing periode mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Sementara itu, periodisasi sejarah Indonesia tidak sanggup disamakan dengan Eropa, meskipun di beberapa sisi ada yang mempunyai kesamaan. Oleh alasannya yaitu itu, kita sanggup lihat dan pahami periodisasi perihal sejarah Indonesia sampai kini ini.

Contoh-contoh periodisasi di atas hanyalah merupakan garis-garis besar suatu masa atau zaman, sehingga masing-masing periodisasi tersebut masih sanggup dikelompokkan dalam periodisasi-periodisasi yang lebih kecil lagi.

 Periodisasi berarti tingkat perkembangan masa atau pembabakan suatu masa Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah

Periodisasi sejarah Eropa

1. Eropa Purba

Pembahasan sejarah terfokus pada kehidupan dan perkembangan jenis-jenis insan purba di eropa, menyerupai Homo neanderthalensis (di Jerman), Cromagnon (di Prancis), Piltdown dan insan Sussex (Inggris) dan lain sebagainya.

Selengkapnya sanggup anda baca pada artikel sejarah : Manusia purba jaman prasejarah

2. Eropa Kuno

Pada periode ini pembahasan sejarah terfokus pada asal mula muncul dan perkembangan peradaban Eropa kuno dengan fokus pembahasannya pada peradaban Yunani dan Romawi.
Selengkapnya silahkan baca :

3. Eropa kurun pertengahan

Pembahasan sejarah terfokus pada keadaan Eropa sesudah runtuhnya Romawi. Bahkan periode ini sering dikenal sebagai zaman kegelapan di Eropa dan juga besarnya efek gereja di segala bidang kehidupan masyarakat Eropa kala itu.

Silahkan baca : Perang saudara di Romawi

4. Eropa zaman renaisans dan humanisme

Masyarakat Eropa mulai menemukan jati dirinya dan tata cara kehidupan masyarakat Eropa semasa Yunani dan Romawi. Hak-hak asasi insan menerima perhatian khusus sehingga tindakan adikara terhadap kehidupan insan mulai terhindarkan.
Selengkapnya baca :

5. Eropa Baru

Berbagai kemajuan yang dicapai bangsa-bangsa Eropa sesudah Revolusi Industri.

6. Eropa Modern

Berkembang semenjak berakhirnya Perang Dunia II sampai kini ini.

Demikian pembahasan mengenai Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah, biar menjadi catatan sejarah dunia.

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Konsep Periodisasi Dalam Ilmu Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel