iklan banner

✔ Akar Tumbuhan, Struktur Marfologi, Anatomi, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya

Akar ialah bagian pokok tumbuhan disamping batang dan daun. Akar forum atau calon akar sudah ada sewaktu calon tumbuhan berada dalam bentuk forum di dalam biji. Saat biji berkecambah, akar forum mengatakan sistem perakaran yang berbeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil. Akar pada tumbuhan dikotil merupakan akar tunggang, sebaliknya akar pada tumbuhan monokotil merupakan akar serabut.

Pada akar tumbuhan dikotil, akar forum tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang. Namun pada akar tumbuhan monokotil, akar forum dalam perkembangan selanjutnya akan mati, kemudian terbentuk sejumlah akar yang berukuran kurang lebih sama besar dan semuanya keluar dari pangkal batang.


bagian pokok tumbuhan disamping batang dan daun ✔ Akar Tumbuhan, Struktur Marfologi, Anatomi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya
Akar tumbuhan.


Akar merupakan kepingan tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh sentra bumi (geotrop) atau menuju air (hidrotop), meninggalkan udara dan cahaya. Akar tidak berbuku-buku, tidak beruas dan berwarna putih serta bentuknya seringkali meruncing sampai lebih gampang untuk menembus tanah.


1. Struktur Akar
- Marfologi ( Struktur Luar) Akar Tumbuahn
Akar terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
  1. Leher atau pangkal akar, merupakan kepingan akar yang bersambungan dengan pangkal batang;
  2. Ujung akar, merupakan kepingan akar termuda yang terdiri dari jaringan-jaringan yang masih sanggup mengadakan pertumbuhan (jaringan meristem);
  3. Batang akar, merupakan bagian-bagian akar yang terdapat di antara leher akar dan ujung akar;
  4. Cabang-cabang akar, merupakan kepingan yang tidak eksklusif bersambungan dengan pangkal batang tetapi keluar dari akar pokok;
  5. Serabut akar, merupakan cabang-cabang akar yang halus dan berbentuk serabut;
  6. Rambut-rambut atau bulu-bulu akar, merupakan penonjolan sel-sel kulit luar (epidermis) yang sesungguhnya;
  7. Tudung akar (kaliptra), merupakan kepingan akar yang terletak paling ujung sebagai pelindung ujung akar yang muda.


- Anatomi (Struktur Dalam) Akar Tumbuhan
Pengamatan dengan dukungan mikroskop pada sayatan melintang akar muda tumbuhan mengatakan jaringan dari luar ke dalam, yaitu epidermis, korteks dan stele (silinder pusat).
  1. Epidermis
    Terdiri dari selapis sel yang berdinding tipis, berkutikula, dan tersusun rapat pada akar. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktifitas sel dari belakang titik tumbuh. Rambut-rambut akar ini berfungsi memperluas permukaan sel sehingga perembesan lebih efisien.
  2. Korteks
    Terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Korteks menempati sebagian besar akar tumbuhan.
  3. Endodermis
    Terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa selapis sel yang tersususn rapat tanpa ruang antar sel. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan Pita Caspary (Sesuai dengan nama penemunya yaitu Caspary). Penebalan gabus ini atau Pita Caspary tidak sanggup ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder sentra melalui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, disebut sel penerus air. Endodermis merupakan pemisah yang terang antara korteks dan stele.
  4. Stele
    Stele atau silinder sentra akar merupakan kepingan terdalam dari akar, yang terletak di sebelah dalam lapisan endodermis. Di dalam stele ini terdapat perisikel, berkas vaskuler yaitu pembuluh angkut yang terdiri dari xilem dan floem, dan empulur.


2. Jenis-jenis Akar
Menurut bentuknya, akar tumbuhan ada dua jenis, yaitu:
  1. Akar Serabut
    Akar Serabut berbentuk ibarat serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hampir sama besar. Semua kepingan akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping satu (monokotil), contohnya jagung dan padi.
  2. Akar Tunggang
    Akar tunggang mempunyai akar pokok. Akar pokok bercabang- cabang menjadi kepingan akar yang lebih kecil. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil), contohnya jeruk dan kacang-kacangan.


Pada tumbuhan tertentu juga terdapat akar-akar khusus. Berikut ini akar-akar yang mempunyai sifat dan kiprah khusus.
  1. Akar gantung, akar ini tumbuh di kepingan batang tumbuhan di atas tanah. Akar tersebut menggantung di udara, tumbuh ke arah tanah. Contohnya ialah akar pohon beringin.
  2. Akar pelekat, akar ini tumbuh di sepanjang tersebut menempel batang. Akar berkhasiat untuk pada kayu, tumbuhan lain, atau tembok. Misalnya akar lada dan sirih.
  3. Akar tunjang, akar ini tumbuh dari kepingan bawah akar ke segala arah. Akar tersebut seolah-olah menunjang batang biar tidak rebah, contohnya akar pohon bakau dan pandan.
  4. Akar napas, akar napas tumbuh tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas banyak mempunyai celah atau saluran udara, contohnya akar pohon kayu api.

3. Fungsi Akar
Adapun fungsi akar ialah :
  1. Untuk melekatkan tumbuhan pada media (tanah) , sebab akar mempunyai kemampuan untuk menerobos lapisan tanah;
  2. Menyerap garam, mineral, dan air, melalui bulu-bulu akar, air masuk ke dalam badan tumbuhan;
  3. Pada beberapa tanaman, akar dipakai sebagai daerah penyimpanan cadangan makanan, contohnya: pada ubi, kentang, wortel, dan lain-lain;
  4. Pada tumbuhan tertentu ibarat bakau berperan untuk pernafasan.

Sumber http://biologi-indonesia.blogspot.com

0 Response to "✔ Akar Tumbuhan, Struktur Marfologi, Anatomi, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel