iklan banner

✔ Makhluk Hidup - Bahan Biologi Dasar

Tumbuhan, pepohonan, dan bunga-bungaan yaitu makhluk hidup. Begitu juga manusia, hewan, ayam, serta semut yang ada pada rerumputan pun termasuk makhluk hidup.

Bagaimana dengan air, tanah, udara, dan batu? Tentu saja benda-benda tersebut berbeda dengan kita. Air, tanah, udara, dan watu tidak hidup menyerupai kita. Dengan demikian, bersama-sama hidup kita dikelilingi oleh makhluk hidup dan tak hidup.

Di alam ini terdapat makhluk hidup dan benda tak hidup. Yang membedakan makhluk hidup dengan yang tak hidup yaitu pada makhluk hidup mempunyai tanda-tanda hidup. Gejala hidup itu sanggup berupa bernapas, bergerak, mendapatkan dan mereaksi rangsang, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, serta membutuhkan oksigen, air, dan makanan. Bernapas atau respirasi merupakan proses pemecahan zat masakan oleh oksigen disertai dengan pelepasan energi. Di dalam respirasi diperlukan oksigen sehingga menghasilkan energi. Zat sisa dari respirasi itu berupa uap air dan karbon dioksida.

Makhluk hidup yang di bumi sangat banyak jumlah dan jenisnya. Oleh para andal Biologi gres 1,4 juta spesies yang telah diberi nama. Karena banyak jumlah dan jenisnya, maka makhluk hidup itu beraneka ragam.

Cara pengelompokan makhluk hidup itu disebut klasifikasi, dengan tujuan supaya mempermudah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup dan mempermudah pengenalan makhluk hidup yang beraneka ragam. Untuk pengelompokan pada zaman kini ini didasarkan kepada susunan kimia, asal-usul keturunan, dan kemiripan gennya. Sehingga pengelompokannya terbagi menjadi 5 Kingdom (kerajaan), yaitu Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom Fungi, Kingdom Plantae, dan Kingdom Animalia.

Kingdom Monera merupakan kelompok makhluk hidup sederhana, hidup di air, ada yang bersel satu, ada yang bersel banyak, dan ada yang menyerupai flora atau hewan. Kingdom Monera terdiri dari ganggang biru, dan bakteri.

Kingdom Protista terdiri dari Protista Mirip Hewan dan Protista menyerupai tumbuhan. Protista menyerupai binatang menyerupai Amoeba dan Paramaecium. Protista menyerupai flora menyerupai Euglena viridis.

Kingdom Fungi terdiri dari kelompok jamur. Kingdom Fungi memperoleh makanannya dari memakan sisa masakan organisme lain, tidak berklorofil, dan sebagai pengurai. Oncom, tempe, tape, jamur merang, dan aneka macam jamur lainnya termasuk Kingdom Fungi.


Kingdom Plantae mempunyai klorofil, sanggup menciptakan masakan sendiri, berfotosintesis, dan bersel banyak. Kingdom Plantae terdiri dari flora berpembuluh dan flora tidak berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati, serta tidak mempunyai pembuluh angkutan zat makanan. Contoh dari flora tidak berpembuluh yaitu Lumut (Bryophyta).

Tumbuhan berpembuluh mempunyai akar, batang, dan daun sejati, serta adanya pembuluh angkutan zat makanan. Tumbuhan berpembuluh terbagi menjadi dua, yaitu flora berpembuluh tidak berbiji, dan flora berpembuluh berbiji. Tumbuhan berpembuluh tidak berbiji yaitu flora paku-pakuan, menyerupai suplir.

Tumbuhan berpembuluh berbiji terbagi menjadi dua, yaitu flora berpembuluh berbiji terbuka dan flora berpembuluh berbiji tertutup.

Kingdom Animalia atau hewan cirinya bersel banyak, tidak mempunyai klorofil, tidak berfotosintesis, tidak sanggup menciptakan masakan sendiri, makanannya dari flora atau organisme lainnya, selnya tidak berdinding sel, dan mempunyai kemampuan untuk berpindah tempat.

Sumber http://biologi-indonesia.blogspot.com

0 Response to "✔ Makhluk Hidup - Bahan Biologi Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel