Skripsi Pgsd Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Korelasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Kelas V
(KODE : PENDPGSD-0050) : SKRIPSI PGSD PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SUBTEMA HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS V
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan kunci yang nantinya akan membuka pintu ke arah modernisasi dan kemajuan suatu bangsa. Tujuan pendidikan nasional Indonesia terdapat pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II pasal 3 yaitu membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa biar menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Sanjaya, 2011 : 65).
Salah satu sarana yang digunakan untuk memfasilitasi pendidikan di Indonesia yaitu sekolah. Setiap sekolah mempunyai tujuan institusional yang harus dicapai oleh semua forum pendidikan sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan Bab V Pasal 26 menjelaskan bahwa standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, adab mulia, serta keterampilan untuk hidup berdikari dan mengikuti pendidikan lebih lanjut (Sanjaya, 2011 : 66).
UU Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 37 ayat 1 menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat : a. pendidikan agama; b. pendidikan kewarganegaraan; c. bahasa; d. matematika; e. ilmu pengetahuan alam; f. ilmu pengetahuan sosial; g. seni dan budaya; h. pendidikan jasmani dan olahraga; i. keterampilan/kejuruan; j. muatan lokal (Sanjaya, 2011 : 136).
Salah satu implementasi pendidikan tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 perihal standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah pada mata pelajaran IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan informasi sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS diajarkan secara terpadu yang memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Mata pelajaran IPS mengarahkan siswa untuk sanggup menjadi warga negara indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta tenang (Lom, 2006 : 575).
Mata pelajaran IPS pada standar isi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (2007 : 575) mempunyai tujuan biar siswa mempunyai kemampuan : a. mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan; b. berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial; c. mempunyai komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan; d. mempunyai kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dalam masyarakat yang beragam ditingkat lokal, nasional, dan global. Adapun ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut : a. manusia, tempat, dan lingkungan; b. waktu, keberlanjutan, dan perubahan; c. sistem sosial dan budaya; dan d. sikap ekonomi dan kesejahteraan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Standar kompetensi dan kompetensi dasar sanggup dilihat dari Standar Isi (SI) yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, yang diturunkan dari Standar Kelulusan sebagai referensi pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan sesuai huruf siswa dan kebutuhan daerah. Pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar didasarkan pada pemberdayaan siswa untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. (Sanjaya, 2011 : 127)
Kenyataan di lapangan masih banyak permasalahan dikemukakan Depdiknas mengenai standar isi mata pelajaran IPS yaitu pada pelaksanaan KTSP yang diberlakukan semenjak tahun 2006 menjadikan banyak sekali permasalahan yaitu guru masih berorientasi pada buku teks, tidak mengacu pada dokumen kurikulum. Buku teks dianggap sudah menjabarkan kurikulum. Kondisi ini terang salah, lantaran seharusnya guru sendiri yang harus menjabarkan dan membuatkan kurikulum. Ada suatu kecenderungan pemahaman yang salah bahwa pelajaran IPS yaitu pelajaran yang cenderung pada hafalan. Guru dalam menerapkan metode pembelajaran lebih menekankan pada acara guru, bukan pada acara siswa. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang variatif. Pada umumnya sarana untuk mendukung pembelajaran IPS masih kurang. (Depdiknas, 2007 : 6-7).
Berdasarkan identifikasi duduk kasus pembelajaran IPS yang terjadi di Kelas 5 SDN X dari peneliti bersama kolaborator melaksanakan refleksi selama pembelajaran awal memperlihatkan rendahnya kualitas pembelajaran IPS. Hasil refleksi didapatkan permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu siswa kurang berkonsentrasi, siswa tidak merespon pertanyaan dari guru, siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi, siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan materi, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran, dan siswa malas mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan.
Permasalahan tersebut disebabkan lantaran guru kurang menguasai kelas, pembelajaran lebih berpusat pada guru, guru sudah memakai media akan tetapi belum inovatif sehingga siswa lebih cenderung pasif, penggunaan variasi kurang berakibat kegiatan pembelajaran berlangsung monoton, administrasi kelompok dari guru yang kurang baik menimbulkan pembelajaran berlangsung tidak kondusif, pembelajaran kurang efektif lantaran materi banyak tidak sebanding dengan waktu yang terbatas.
Rendahnya hasil berguru siswa di Kelas 5 SDN X memperkuat permasalahan pembelajaran IPS, analisis data kuantitatif yang diperoleh bersama kolaborator berupa data dokumen hasil berguru ulangan harian mata pelajaran IPS ditunjukkan rendahnya nilai rata-rata hasil berguru siswa, sebanyak 57,1% atau 8 siswa dari 14 siswa menerima nilai dibawah KKM dan 42,9% atau 6 siswa dari 14 siswa telah menerima nilai diatas KKM.
Peneliti bersama tim kolaborator berinisiatif menetapkan alternatif tindakan dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif yang diperlukan sanggup meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, acara siswa, dan hasil berguru untuk mengatasi permasalahan di kelas 5 SDN X pada pembelajaran IPS.
Turney (1973) (dalam Mulyasa, 2011 : 69) mengungkapkan delapan keterampilan mengajar yang sangat berperan dan memilih kualitas pembelajaran, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perorangan. Selanjutnya, berdasarkan Diedrich (dalam Hamalik, 2009 : 172) menggolongkan acara berguru siswa meliputi visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, dan emosional activities. Sedangkan, berdasarkan Hamdani dalam Suprijono (2011 : 6) hasil berguru meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor.
Alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yaitu memakai model Quantum Teaching dan Learning dengan media flashcard. Quantum Teaching dan Learning yaitu pengubahan beragam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini meliputi unsur berguru efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Kegiatan pembelajaran di kelas dengan model quantum teaching dan learning memaksimalkan interaksi antara guru, siswa, suasana maupun sarana fisik yang ada di dalam kelas untuk melejitkan prestasi berguru (DePorter, 2010 : 34).
Model Quantum Teaching dan Learning membuat kondisi tertentu biar siswa selalu butuh dan ingin terus berguru (A'la, 2012 : 24). Hal tersebut sanggup dicapai sejalan pendapat DePorter (2010 : 35) dengan penerapan konsep "bawalah dunia siswa ke dunia guru, dan antarkan dunia guru ke dunia siswa" yang berarti kegiatan ini dilakukan dengan cara mengaitkan apa yang akan diajarkan guru dengan sebuah peristiwa, pikiran, atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, atletik, musik, seni, rekreasi atau akademis siswa.
Dunia siswa dan guru sangat berbeda lantaran berdasarkan Piaget (dalam Baharuddin, 2012 : 123) menyatakan bahwa karakteristik siswa kelas 5 berada pada tahap concrete operational, siswa sanggup berpikir secara logis mengenai peristiwa-peristiwa yang nyata dan mengklasifikasikan benda-benda ke dalam bentuk-bentuk yang berbeda. Mempelajari IPS pada hakekatnya yaitu menelaah interaksi antara individu dan masyarakat dengan lingkungan (fisik dan social-budaya). Materi IPS digali dari segala aspek kehidupan mudah sehari-hari di masyarakat.
Pada dasarnya pelaksanaan komponen rancangan model Quantum Teaching and Learning, dikenal dengan abreviasi "TANDUR" yang merupakan kepanjangan dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan (DePorter, 2010 : 39). Sehingga dalam pembelajaran IPS memakai model Quantum Teaching dan Learning telah dirancang dengan menyenangkan, mengaitkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari, sehingga sanggup menyimpulkan suatu insiden lain melalui pembelajaran yang bermakna.
Komunikasi dalam proses pembelajaran IPS sering terjadi penyimpangan sehingga komunikasi menjadi tidak efektif lantaran adanya kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan, dan kurangnya minat siswa. Salah satu perjuangan untuk mengatasinya dengan memakai media secara terintegrasi dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan fungsi media dalam kegiatan pembelajaran disamping sebagai penyaji stimulus informasi dan sikap, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi serta mengatur langkah-langkah kemajuan yang akan memperlihatkan umpan balik.
Model Quantum Teaching dan Learning didukung dengan adanya flashcard sehingga komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran berjalan efektif. Flashcard yaitu media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya seukuran postcard atau sekitar 25x30 cm. Gambar yang ada pada media ini merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan pada serpihan belakangnya. dan media ini hanya cocok untuk kelompok kecil yang tidak lebih dari 25 orang. (Sarwono, 2009 : 103). Flashcard menjadi petunjuk dan rangsangan bagi siswa untuk memberi respons yang diinginkan. Gambar garis sanggup digunakan pada media flashcard (kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berafiliasi dengan gambar itu) (Arsyad, 2010 : 119). Media flashcard pada pembelajaran IPS memperlihatkan pengalaman eksklusif yang memperlihatkan penerapan learning by doing lantaran pengalaman yang didapatkan siswa memberi dampak eksklusif terhadap perolehan dan pertumbuhan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap siswa (Sukiman, 2012 : 33).
Berdasarkan beberapa teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli, maka peneliti dan kolaborator menetapkan melaksanakan tindakan dengan menerapkan model Quantum Teaching dan Learning dengan media flashcard biar sanggup meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, acara siswa, dan hasil berguru IPS siswa kelas 5 SDN X. Diharapkan dalam penerapannya siswa secara aktif kreatif, bersosialisasi baik serta sanggup dengan gampang memahami materi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan mengkaji duduk kasus tersebut dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas perihal "PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DAN LEARNING DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS 5 SD NEGERI X".
0 Response to "Skripsi Pgsd Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Korelasi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Kelas V"
Posting Komentar