iklan banner

Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar - Printer merupakan salah satu peripheral komputer yang keberadaannya sangat berkhasiat untuk mencetak aneka macam jenis dokumen, gambar, atau foto. Dengan printer, proses pencetakan jadi lebih gampang dan cepat. Namun seringkali printer mengalami aneka macam problem yang mrnyebabkan printer gagal cetak.

Banyak hal yang menjadi penyebab printer tidak sanggup mencetak. Bisa jadi lantaran kesalahan pada perangkat sehingga printer tidak bekerja atau tidak merespons, sanggup juga lantaran tinta printer tidak keluar, atau lantaran kerusakan pada perangkat. (baca juga: Cara Memperbaiki Printer Epson)

Biasanya jikalau terjadi kesalahan pada perangkat kita sanggup menemukan penyebabnya melalui berkedip yang disediakan oleh lampu indikator. Namun sayangnya tidak semua problem terdeteksi dan juga tidak semua printer dilengkapi dengan lampu indikator (baca juga: tips menentukan printer yang elok dan tahan lama, tips menentukan printer yang elok dan murah)

Salah satu problem yang merepotkan ialah ketika tinta printer tidak keluar ketika mencetak. Kaprikornus biarpun printernya berjalan normal, kertas yang keluar dari printer tetap kosong, alias gagal dicetak. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi printer tinta tidak keluar, untuk membantu anda mengatasinya.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar


1. Refill Printer Ink
Jika tuna printer Anda habis, tentu saja catridge tidak akan sanggup mengeluarkan tinta untuk dicetak. Indikasi bahwa tinta sudah habis sanggup Anda lihat dari cetakan cetak bergaris, kemudian secara sedikit demi sedikit semakin memudar hingga benar-benar tak terlihat. Anda sanggup membaca penyebab dari printer bergaris dan cara mengatasi cetakan bergaris sebagai rujukan tambahan.

Jika Anda memakai tinta suntik, Anda sanggup mengetahui isi tinta dari berat kartrid. Catridge yang sudah ringan, kemungkinan tinta sudah habis, Anda juga sanggup mengingat kapan terakhir kali mengisi tinta, dan penggunaan tinta yang Anda lakukan. Jika tinta sudah habis, segera lakukan pengisian.

Sesuaikan pengisian tinta dengan ukuran catridge. Jangan terlalu banyak sehingga nantinya tidak luber dan merusak catridge. (baca: cara kerja printer inkjet)

Jika Anda memakai tinta infus, akan jauh lebih mudah. Biasanya infus tabung cukup transparan, sehingga isi tinta di tabung sanggup terlihat dengan mudah. Jika sudah kehabisan, tentunya Anda harus mengisinya kembali. Anda tidak perlu menunggu tinta untuk mengisinya.

2. Lakukan Cleaning and Deep Cleaning
Setiap printer biasanya dilengkapi dengan fitur maintenance pada driver bawaan. Salah satu fitur perawatan penting ialah pencucian dan pencucian dalam, yang berfungsi untuk membersihkan catridge dari penyumbatan yang mungkin terjadi pada jalan masuk atau pada kepala catridge.

Namun, metode ini hanya akan bekerja jikalau penyumbatannya tidak terlalu parah. (Baca juga: Cara mengatasi laptop lemot)

Berikut cara membersihkan / membersihkan dalam-dalam:

Klik Start> Devices and Printer
Klik kanan pada printer bermasalah yang terinstal di komputer Anda
Pilih opsi Printing preferences
Di Maintenance Tab, akan muncul banyak pilihan perawatan printer yang sanggup Anda lakukan. Klik opsi Cleaning / Deep Clean.
Tunggu hingga proses selesai. Lakukan 2 hingga 3 kali untuk hasil yang lebih memuaskan.

3. Bersihkan penyumbatan pada cat kepala
Adanya penyumbatan pada catridge kepala, akan menyebabkan tinta tidak sanggup keluar, sehingga printer tidak sanggup melaksanakan printing. Jika penyumbatan tidak terlalu parah, Anda sanggup mengatasinya dengan pencucian yang dalam.

Tapi jikalau dalam pencucian tidak sanggup membantu, Anda sanggup mencoba merendam catridge kepala dengan air hangat untuk membersihkan penyumbatan. (Baca juga: Cara Menambahkan RAM)

Ini biasanya terjadi pada printer yang belum usang digunakan, jadi tinta di kepala mengering. Berikut ialah langkah-langkah untuk membersihkan penyumbatan pada kepala catridge:

Siapkan air hangat dalam wadah yang cukup besar untuk merendam catride. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan materi beling semoga sanggup mengeluarkan tanda tinta dengan mudah.
Siapkan tisu / bor
Keluarkan dan lepaskan catridge dari printer
Rendam kepala korosi di dalam air selama beberapa menit. Hanya rendam kepala catridge, bukan seluruh catridge.
Setelah cukup, ambil kembali catridgenya. Sebagai indikator bahwa catridge tidak lagi tersumbat, airnya akan diwarnai - gabungan tinta kelaur dari catridge.
Usap kepala catridge dengan hati-hati berhenti dan gunakan bor.
Angin kencang hingga kepala benar-benar kering. Anda sanggup mengoleskan alkohol untuk hasil yang lebih baik.
Pasang kembali catridge ke printer dengan hati-hati.

4. Hilangkan Air Cavity pada Selang Tinta Infus
Jika Anda memakai infus kasar, Anda mungkin sering mendapati ada rongga udara di selang infus yang tidak terisi. Hal ini sanggup menyebabkan pelepasan tinta yang tidak efisien dari catridge, bahkan tidak menyebabkan tinta habis.

Jika rongga hanya kecil, Anda sanggup mengatasinya dengan pencucian dalam. Tapi jikalau rongga udara terlalu panjang, hingga lebih dari 5 cm, pencucian dalam tidak akan banyak membantu. Untuk mengatasinya Anda sanggup memakai semprit (tanpa jarum) untuk melaksanakan langkah-langkah berikut:

Siapkan jarum suntik, gunakan tanpa jarum.
Masukkan ujung semprit ke kawasan pengisian tinta pada tabung. Sebaiknya klem pertama selang tinta.
Lepaskan catridge, dan lepaskan dari printer dengan hati-hati.
Lepaskan selang bermasalah dari kartrid. Juga lepaskan penjepit selang.
Tekan sempritnya, sehingga udara masuk melalui tabung dan memasukkan tinta ke dalam selang. Lakukan hingga seluruh rongga udara di selang tinta hilang dan mengisi tinta sepenuhnya.
Setelah seluruh rongga udara di selang hilang, pasang kembali selang di atas catridge.
Ganti catrige pada printer. Sebaiknya higienis dulu catridge head.
Jika selang bermasalah lebih dari satu (misalnya selang tinta hitam, merah atau kuning juga), lakukan langkah-langkah di atas pada semua kartrid tinta.

Baca juga:
Fungsi LAN
Prinsip Kerja Jaringan Area Lokal
Masalah Umum yang Terjadi pada Jaringan LAN

5. Perbaiki / Ganti Catride
Jika keempat langkah di atas tidak sanggup membantu mengatasi problem tinta yang tidak muncul pada printer Anda, kemungkinan besar penyebab kerusakan kartrid printer Anda. Anda sanggup mencoba memperbaikinya ke layanan printer, mencoba membongkar sendiri atau membeli catridge baru. (Juga baca: Cara Melacak Orang dengan GPS)

Sebenarnya jikalau head catride rusak, mau tak mau Anda harus membeli catridge baru. Tapi terkadang penyebab kerusakan catridge yang disebabkan oleh umur catridge sudah tua, atau tidak dipakai dalam jangka panjang; sehingga di kepingan dalam catridge menjadi kotor dan banyak tinta kering. (Baca juga: Bagaimana Mengaktifkan Alamat IP Dinamis menjadi Statis, Kelebihan dan Kekurangan Linux)

Jika Anda merasa cukup siap untuk bereksperimen (dengan risiko Anda sendiri), Anda sanggup mencoba melaksanakan hal berikut pada catridge Anda sebelum membeli kartrid baru. Selain rujukan Anda juga sanggup membaca cara memperbaiki cartridge.

Lepaskan catridge dan lepaskan dari printer
Membongkar tutup atas catridge. Lakukan dengan sangat hati-hati
Ambil busa dari dalam catridge, rendam dengan air hangat
Bersihkan busa, hingga tidak ada lagi tinta yang mengering pada busa
Setelah bersih, keringkan busa.
Selanjutnya bersihkan penyumbatan pada kepala catridge dengan penghisap tinta (ink cleaner).
Masukkan kembali busa ke dalam catridge, kemudian pasang tutup catridge dengan lem. Pastikan untuk tetap tepat tanpa rongga.
Masukkan kembali catridge ke printer. Anda sanggup mengisi tinta lagi dan mencoba mencetak.

Kaprikornus artikel wacana cara mengatasi tinta printer tidak keluar. Untuk mengatasinya Anda sanggup mencoba mengisi tinta, melaksanakan pencucian dalam, membersihkan catridge.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel