iklan banner

Penyebab Printer Bergaris-Garis Dikala Mencetak

Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak - Printer ialah salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai tugas penting bagi pengguna dalam melaksanakan banyak sekali pekerjaan. Fungsi printer yang berkhasiat untuk mencetak dokumen, foto, dan juga gambar dari dalam komputer, ke dalam media kertas.

Printer, terutama bagi pekerja kantoran, pelajar dan anak sekolah merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga penting. Namun sayang, printer ini sering dilanda beberapa problem yang cukup menyebalkan, seperti:

Printer ini sering offline (juga baca: penyebab offline printer)
Cetakan bergaris
Hasil cetak kurang tajam dan kualitas cetaknya buruk
Kerusakan pada cartridge
Printer yang tidak kompatibel dengan komputer atau laptop tertentu

 Printer ialah salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai tugas penting bagi pengg Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak
Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak


Salah satu problem yang sering timbul ketika memakai printer ialah cetakan tercetak yang bergaris atau bahkan kosong sama sekali. Tentu ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan printout printer ini bergaris dan kosong sama sekali. Berikut ialah beberapa penyebab cetakan printer bergaris:

Selang infus, problem tinta dan kartrid
Hal pertama yang sering mengakibatkan printer menghasilkan cetak bergaris ialah problem pada selang tinta atau selang cartridge ini.

Biasanya selang dari waktu ke waktu mempunyai problem yang disebabkan oleh udara yang terjebak di dalam selang tinta, jadi ini menciptakan pedoman tinta tidak kenyang, dan terputus-putus.

Aliran tinta intermiten ini mengakibatkan tinta tidak mencukupi dalam pencetakan, sehingga timbul garis atau tanda-tanda cetak yang sangat jelek dan hasil buruk.

Bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasinya, ini agak rumit, lantaran membutuhkan ketepatan dan kesabaran. Prinsipnya sama menyerupai kita akan membuang angin pada selang rem yang memakai cairan rem, yaitu dengan cara melepas angin secara manual.

Agak sulit kalau Anda hanya melakukannya, tapi bila udara yang terperangkap berhasil dilepas, maka printer pastinya tidak akan menghasilkan cetakan yang bergaris-garis lagi.

Tinta hampir habis
Selain problem udara yang terperangkap, tinta yang sudah habis juga merupakan salah satu hal yang mengakibatkan hasil cetak bergaris.

Ya, tinta yang akan habis tentu saja tidak bisa mencetak banyak, jadi biarpun kertas terus berputar, tinta saja tidak cukup. Hasilnya ialah cetakan yang mempunyai garis-garis, dan bahkan mempunyai kekosongan sama sekali.

Cara gampang untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan mengganti tinta. Bisa dengan infus, bila memakai tinta eksternal, atau bisa juga mengganti cartridge original dari printer yang anda pakai.

Kualitas tinta atau cartridge itu buruk, sehingga gampang kering dan penyumbatan terjadi
Jika kita sudah menyebutkan adanya udara yang terjebak dalam selang tinta, yang bisa menghambat distribusi tinta, sehingga menciptakan printer tercetak menjadi bergaris, maka penyebab lainnya ialah lantaran tersumbatnya kotoran.

Jadi, kondisinya sama dengan penyebab pertama, hanya bedanya, selang tinta diblokir dan juga tersumbat oleh kotoran, yang biasanya berasal dari kartrij tinta yang mengering.

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan tinta mengering dan menghambat pendistribusian tinta untuk dicetak di atas kertas:

Kartrid atau tinta yang belum usang digunakan, jadi mengering, kemudian mengeras dan menyumbat nosel tinta.

Baca juga:
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Cara Mengatasi Printer Not Responding


Kualitas kartrid buruk
Tinta tidak steril, jadi ada bubuk dan kotoran lainnya yang masuk ke daerah penyimpanan, dan tutup duktus tinta.

Kartrid kepala kotor
Bagi anda yang memakai printer dengan tipe cartridge, maka satu hal yang perlu diperhatikan ialah kebersihan head cartridge itu sendiri.

Kawat kepala yang kotor sering menghambat proses pencetakan yang dilakukan oleh printer Anda. Salah satu efek yang bisa timbul ialah hasil cetak bergaris.

Karena itu, ketika Anda memakai cartridge printer, dan temukan hasil cetak yang bergaris, maka ini bisa disebabkan oleh cartridge head kotor Anda.

Cara termudah untuk mengatasi ini ialah dengan membersihkan kepala kartrid Anda, sehingga cartridge Anda akan bekerja optimal lagi, dan tentu saja hal itu bisa mencegah munculnya goresan.

Masalah dengan perangkat lunak printer
Sebagian besar, printer ketika ini memakai perangkat lunak untuk menjalankannya. Perangkat lunak berupa driver ini untuk melaksanakan pengelolaan printer, dan pasang printer di komputer atau laptop Anda.

Bila ada problem dengan perangkat lunak di dalam printer Anda, selain mengakibatkan printer menjadi offline, ini juga bisa mengakibatkan hasil cetak pada printer Anda bergaris.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menginstal ulang drivernya, dan melaksanakan administrasi pada printer Anda dengan memakai software secara berkala, tentunya untuk memaksimalkan performa printer.


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Penyebab Printer Bergaris-Garis Dikala Mencetak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel