iklan banner

Inilah 2 Cara Mengatasi Printer Not Responding

Inilah 2 Cara Mengatasi Printer Not Responding - Printer yang tidak merespons mungkin terjadi pada hampir semua jenis printer dari aneka macam merek, namun pada artikel ini saya mengambil rujukan kasus pada printer Canon Pixma iP2770 yang mengalami tidak merespons.

Penyebabnya mungkin berbeda, namun pada prinsipnya perangkat lunak tidak merespons arahan dari komputer alasannya perangkat keras bermasalah (printer atau kabel data) atau mungkin driver pada komputer yang rusak atau macet. (Juga baca: Penyebab Printer Garis)

Khusus untuk printer Canon Pixma iP2770 (printer lain mungkin mengalami hal yang sama), printer tidak sanggup merespons sesudah di-reset memakai alat resetter (perangkat lunak), dan mungkin alat resetter rusak (tidak berfungsi sebagaimana mestinya) atau mungkin tidak. cocok. (Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar)

Sekilas pada resetter, semua perangkat keras mempunyai batasan untuk bekerja, termasuk printer, ketika printer dipakai untuk mencetak (pada kertas HVS standar) sebanyak puluhan ribu atau ratusan ribu kertas, printer harus reset. (Juga baca: Penyebab Printer Offline, Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi)

Idealnya, reset dilakukan oleh perusahaan resmi yang menciptakan printer, dalam mengatur ulang acara tidak hanya menciptakan printer kembali bekerja, tapi juga periksa apakah ada komponen yang harus diganti.

Tetapi banyak orang mengabaikan mekanisme dan menentukan untuk me-reset printer Canon Pixma iP2770 mereka sendiri atau melalui teknisi komputer terdekat, alasannya tentu saja klasik, biaya lebih murah dan waktu lebih cepat (bila dibandingkan dengan sentra layanan resmi). (Baca juga: Cara Kerja Inkjet)

 Printer yang tidak merespons mungkin terjadi pada hampir semua jenis printer dari berbaga Inilah 2 Cara Mengatasi Printer Not Responding
Inilah 2 Cara Mengatasi Printer Not Responding

Untuk mengatasi dilema printer not responding, Anda bisa mencobanya sendiri (dengan risiko Anda sendiri tentunya), namun Anda tetap hening alasannya cara mengatasi printer yang tidak merespons dalam artikel ini cukup sederhana dan berlaku bahkan untuk awam sekalipun, berikut ini. ulasannya.

1. Instal ulang Driver Printer
Melepaskan driver printer dari komputer relatif mudah, tapi kami sarankan untuk memastikan driver printer dihapus ke "root", sarankan supaya saya memakai perangkat lunak khusus untuk menghapus drivernya. (Juga Baca: Input Device dan Output Komputer)

Revo Uninstaller misalnya, cukup gunakan versi portable bila Anda malas menginstalnya, software ini (bahkan portable version) mempunyai kemampuan untuk menghapus semua file data atau bahkan folder registry sekalipun. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Offline, Fungsi Basis Data)

Tetapi bila Anda tidak mempunyai perangkat lunak uninstaller, maka cukup gunakan fitur uninstaller sistem operasi bawaan (Windows), caranya:

Buka Panel Kontrol
Buka "Add or Remove Programs" atau "Uninstall a Program" atau "Programs and Features"
Cari kemudian klik kanan pada driver yang akan dihapus
Pilih uninstall, dan tunggu proses selesai

Idenya yaitu mengasumsikan bahwa driver printer macet atau rusak, kemudian lepaskan driver printer secara menyeluruh, sesudah proses uninstall tamat komputer harus di-restart untuk memastikan driver telah terhapus sepenuhnya. (Baca Juga: Peran Teknologi dalam Pendidikan)

Beberapa file perangkat lunak yang tersisa atau driver yang tidak terinstal hanya sanggup dihapus dalam keadaan (komputer atau sistem operasi) booting sehingga sanggup menuntaskan proses uninstall, restart akan sangat diperlukan. (Baca juga: Tip Memilih Printer yang Baik dan Tahan Lama)

2. Gunakan resetter
Resetter yaitu software kecil (portable) yang bisa dipakai untuk mereset printer tertentu, sayangnya resetter ini dibentuk oleh pihak ketiga (tidak diizinkan oleh produsen printer yang bersangkutan).

Karena itu, penggunaan perangkat lunak resetter ini saya katakan cukup berisiko alasannya mungkin dalam perangkat lunak telah terinfeksi virus (sengaja atau tidak), jadi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan teknisi terpercaya. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali)

Atau bila Anda terpaksa memakai perangkat lunak tidak resmi ibarat ini, pastikan antivirus yang terpasang di komputer Anda telah diperbarui dengan definisi terbaru, cukup gunakan antivirus gratis atau berbayar, jangan gunakan bajakan (di crack atau patch).

Silahkan cari di search engine (misal Google) dengan kata kunci "iP2770 Resetter", cari di situs yang anda percaya, saran saya cari situs yang menyediakan layanan d0wnl0ad langsung, hati-hati pada link yang mengandung URL Shortener, biasanya prosesnya akan berbelit-belit, ditakuti Anda terjebak situs berbahaya. (Baca juga: Cara Memperbaiki Printer Epson)

Temukan juga situs yang merupakan domain komersial (.com, .net, .id, dll.), Situs dengan domain gratis (atau sub-domain) ibarat .wordpress.com, .blogspot.com, dan lainnya dikhawatirkan dibentuk oleh orang. siapa yang tidak bertanggung jawab (waspada, tidak berprasangka). (Juga baca: Fungsi Printer pada Komputer)

Jika perangkat lunak resetter telah did0wnl0ad (d0wnl0ad beberapa versi untuk berjaga-jaga bila perangkat lunak tidak cocok), ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tahap Persiapan
Pastikan printer mati (mati).
Kabel daya tetap terhubung ke stopkontak dan kabel data terhubung ke komputer
Pastikan setidaknya ada dua lembar kertas di printer.
(Baca juga: Tip Memilih Printer yang Bagus dan Murah)

2. Masuk ke SERVICE MODE
Tekan dan tahan tombol STOP / RESET.
Kemudian tekan dan tahan tombol POWER.
Bila tombol power masih ditekan, lepaskan tombol STOP / RESET.
Kemudian tekan tombol STOP / RESET lagi 6 kali berturut-turut.
Lepaskan tombol STOP / RESET dan POWER secara bersamaan.
Printer akan mulai memproses "state mode service" dalam hitungan detik dan Komputer akan mendeteksi printer sebagai perangkat baru, abaikan saja.

3. Mulai proses RESET
Jalankan resetter
Nama perangkat lunak sanggup bervariasi, yang saya gunakan berjulukan ServiceTool_v3400.exe.

Buka tab "Utama" (biasanya secara otomatis ketika perangkat lunak dimulai).
Perhatikan pecahan "Clear Ink Counter".
Di pecahan Absorber (Clear Ink Counter), pilih "play" kemudian klik "SET".
Langkah ini akan mencetak satu halaman menampilkan teks D = 000 * 0.

Perhatikan pecahan "Absor Absorber".
Di pecahan Absorber (Ink Absorber Counter), pilih "play" kemudian klik "SET".
Klik tombol EEPROM di pecahan "Cetak" (atas).
Langkah ini juga akan mencetak satu halaman, pada halaman tercetak perhatikan apakah ada goresan pena TTL = 00000 dan COPY = 00000, bila YA maka proses reset berhasil.

Matikan printer dengan menekan tombol POWER.
Hidupkan printer, dan printer siap dipakai (lagi).

(Baca juga: Cara Mengatasi Kesalahan Printer, Cara Memperbaiki Printer Nomor Kesalahan 5100 Canon IP 2770)

Uji printer dengan mencetak teks dan gambar pada beberapa lembar kertas, pastikan printer sanggup memprosesnya (relatif) dengan cepat, bila printer tidak merespons lagi, mungkin resetter yang dipakai tidak sesuai dengan printer yang digunakan.

Itulh cara mengatasi printer not responding, semoga bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita ihwal troubleshooting hardware (printer), dan semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan, semoga sukses.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Inilah 2 Cara Mengatasi Printer Not Responding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel