iklan banner

Cara Memperbaiki Printer Epson Paling Mudah

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar)

Epson (Seiko Epson) yaitu salah satu merek printer yang paling menonjol yang tersedia dalam banyak sekali model untuk banyak sekali kebutuhan mulai dari pencetakan dokumen standar (cocok untuk pelajar atau penggunaan rumah) hingga printer dengan resolusi tinggi untuk kebutuhan industri. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Tidak Menanggapi)

Bagi Anda yang juga memakai printer Epson atau kebetulan berurusan dengan printer Epson "bermasalah", ada baiknya mendengarkan diskusi kita kali ini perihal cara memperbaiki kesalahan printer, mungkin indikasi yang sama dengan printer Epson Anda atau mungkin untuk referensi. Bila printer Epson yang Anda gunakan bermasalah, inilah uraiannya. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali)

 Printer ketika ini tampaknya tidak absurd dengan kebutuhan bisnis dan bahkan individu untuk Cara Memperbaiki Printer Epson Paling Mudah
Cara Memperbaiki Printer Epson Paling Mudah


Tinta tidak keluar ketika printer dipakai untuk mencetak

Masalah umum yang umum terjadi pada printer Epson (dalam hal ini aku menangani perkara yang dialami oleh printer Epson T13x dan L210) yaitu tinta non-tinta ketika printer dipakai untuk mencetak, sehingga tinta tidak sanggup keluar sama sekali. (cetakannya kosong) atau mungkin tinta keluar tapi sangat sedikit sehingga hasil cetaknya tidak rata atau hanya sebagian kecil dari media cetak, ada beberapa dugaan berpengaruh kemungkinan sumber problem di antaranya:

1.1. Satu atau lebih atau semua tinta pada kartrid kosong
Seperti kita ketahui bahwa secara umum dikuasai printer modern ketika ini memakai kombinasi 4 warna tinta yaitu cyan (baca: sian), magenta, kuning, dan hitam (sering dalam CMYK singkat, atau CMY-Bk), namun ada pula yang sudah memakai kombinasi.

Dari 6 warna cyan, magenta, kuning, hitam, magenta ringan, dan light cyan ('light' mengacu pada warna yang lebih muda, ibarat light cyan yaitu warna cyan muda) ibarat Epson L455 dan Epson L850 yang mendukung 6 tinta. tank. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali)

Bila salah satu kartrid kosong (kartrid 'pada printer epson mengacu pada' tangki tinta 'karena kartrid benar-benar terintegrasi dengan kepala namun dengan kartrid Epson terpisah dari kepala), tentu saja hasil cetakannya tidak optimal.

Apalagi kalau beberapa atau semua tangki kosong tinta, maka sanggup dipastikan menjadi sumber masalahnya bukan pelepasan tinta ketika printer sedang dipakai untuk mencetak. (Baca juga: Cara Mengatasi Printer Offline)

Solusi pertama yaitu menyidik dan memastikan semua tangki tinta tidak kosong, untuk kartrid jenis MCISS, periksa satu per satu tangki tinta, untuk kartrid CISS (dengan tangki luar atau tangki infus) cabut semua tangki tinta dan periksalah satu per satu, pastikan semua tangki tinta terisi dan tinta mengalir pada selang dari tangki tinta eksternal ke tangki tinta internal.

Buka Panel Kontrol.
Klik "Lihat perangkat dan printer".
Klik kanan pada Printer Epson yang sesuai.
Klik "Printing preferences".
Sebuah jendela akan muncul "Printing preferences", klik tab "Maintenance".
Klik tombol "Ink Cartridge Replacement".
Klik tombol "Next".
Kartrid printer Epson akan bergeser ke "posisi pengganti".

1.2. Kepala printer tersumbat sehingga tinta tidak keluar
Jika semua tangki tinta terisi, maka masalahnya bukan lantaran tidak tersedianya tinta di tangki tinta, maka kita akan "berprasangka" bahwa ada problem di pecahan Kepala, jangan dulu kepala kepalanya rusak, mungkin nya Kepala tersumbat lantaran tinta gumpalan, biasanya terjadi lantaran printer ini tidak di gunakan untuk pencetakan dalam waktu lama. (Baca juga: Cara mengatasi sebagian besar kesalahan printer)

Solusi kedua yaitu dengan menjalankan kemudahan "Head Cleaning", kemudian cetak halaman contoh, kalau hasil cetak masih belum sesuai dengan yang diharapkan, ulangi proses pencucian kepala hingga tercetak sesuai dengan yang diharapkan.
Buka Panel Kontrol.
Klik "Lihat perangkat dan printer".
Klik kanan pada Printer Epson yang sesuai.
Klik "Printing preferences".
Sebuah jendela akan muncul "Printing preferences", klik tab "Maintenance".
Klik tombol "Membersihkan Kepala".
Klik tombol "Next".
Printer akan melaksanakan proses pembersihan, tunggu hingga final kemudian cetak halaman contoh.

1.3. Kepala printer rusak
Ini hanya anggapan saja, biasanya kalau kedua solusi di atas tidak menuntaskan masalah, Anda harus berkonsultasi dengan teknisi yang berkualitas. (Baca juga: Penyebab Printer Garis)

Solusi ketiga yaitu mengganti Printer Kepala dengan yang baru, berkonsultasilah dengan teknisi yang berkualifikasi untuk mendapat Head pengganti dan untuk mengganti komponen Head.

Ada beberapa kabel fleksibel (rentan / sobek) yang perlu dicabut untuk mencabut pecahan Printer Kepala Epson, kalau Anda menyertakan teknisi 'sembrono', Anda sanggup menemukan tutorial di Youtube untuk lebih jelasnya, pastikan Anda mempunyai (atau setidaknya tahu di mana harus membeli) Penggantian Printer Kepala, Anda sanggup mencarinya di toko online atau toko konvensional terdekat. (Baca juga: Penyebab Printer menjadi Offline)


Printer menarik lebih dari satu kertas ketika mencetak

Saat mencetak beberapa halaman, printer apapun pada umumnya akan menarik kertas. Printer Epson yaitu salah satu printer Epson printer yang paling populer. Saya mengalami problem (contoh perkara pada Epson T11, Epson T13x, dan Epson L210).

(Baca juga: Keuntungan Printer Laser Inkjet)

Untuk problem yang satu ini, biasanya berasal dari kerusakan pada komponen rol pada printer yang bertanggung jawab untuk menarik kertas (biasanya selembar demi sepotong). (Baca juga: Fungsi Printer pada Komputer)

Solusi untuk perkara ini yaitu mengganti rol menara kertas dengan yang gres (sebenarnya beberapa teknisi jago sanggup mengakali, tapi tidak aku sarankan)

Anda sanggup menemukan roller pengganti dari toko online, toko konvensional atau 'scrap' dari printer yang rusak sehingga rolnya masih bagus, Anda sanggup mendapat roller penarik kertas dari printer epson umumnya tidak sekeras menarik Heads, Anda sanggup cari tutorial di Youtube (Baca juga: Tip Memilih Printer yang Baik dan Tahan Lama)

Blingking Error (lampu indikator oranye berkedip dan printer 'mogok')

Secara umum ada dua jenis error berkedip pada printer Epson yaitu error umum dan error non umum, kesalahan berkedip yang termasuk dalam kesalahan umum ketika printer error disebabkan oleh kerusakan pada komponen printer, sedangkan kesalahan berkedip termasuk di non umum.

Kesalahan ketika terjadi kesalahan pada printer disebabkan lantaran kerusakan perangkat lunak printer ibarat driver. (Baca juga: Tip Memilih Printer yang Bagus dan Murah)

Jika Anda menemukan peringatan di layar monitor ketika mencetak ibarat di bawah ini (kesalahan umum):

Berkedip Saatnya Untuk Reset Level Tinta
Blinking Printer's Ink Pad Di Akhir Layanannya
Kemudian Anda perlu me-reset printer Epson Anda memakai perangkat lunak resetter khusus atau secara manual, alat resetter tidak memecahkan problem kesalahan berkedip pada printer, Anda sanggup mencarinya di mesin pencari Google dengan kata kunci "Epson t13x resetter" (untuk Epson T13x, sesuaikan kata kunci dengan printer yang dimaksud). (Baca juga: Cara Memperbaiki Printer Nomor Kesalahan 5100 Canon IP 2770)

Tekan tombol reset pada printer (tombol dengan lampu indikator oranye berkedip) dan tahan selama 3-5 detik, biasanya printer akan melanjutkan ke proses Membersihkan Kepala secara otomatis, kalau terjadi kesalahan, gunakan alat resetter khusus Printer Epson.

Peringatan bila kesalahan berkedip di atas terjadi lantaran printer mendeteksi bahwa tidak ada ketersediaan kartrid tinta (mungkin sudah benar-benar kosong), namun peringatan kesalahan berkedip ini juga sanggup nampak bahkan tinta cartridge masih penuh. (Baca juga: Bagaimana Memperbaiki Cartridge)

Ini masuk akal lantaran printer tidak mendeteksi kuantitas (tinta) menurut volume tinta pemakaiannya (termasuk proses Membersihkan Kepala juga membutuhkan tinta), maka tak heran kalau tinta di tangki tinta sudah penuh namun Anda menemukan peringatan di atas. (Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop)

Anda mungkin juga mengalami kesalahan dengan peringatan "Waste Ink Full", Anda mungkin juga tahu bahwa setiap printer mempunyai komponen penahan tinta residu (biasanya dilengkapi dengan busa penyerap atau botol), contohnya ketika melaksanakan "Membersihkan Kepala" dari Tentu saja "makan" tinta tapi tinta tidak menetes printer dai bukan? Nah, tinta dilemparkan ke daerah khusus di dalam printer atau di luar printer (untuk jenis tinta infus). (Baca juga: Penyebab Laptop Charger Terbakar)

Khusus untuk printer Epson L120, untuk mereset printer lantaran pelepasan tinta penuh tidak sanggup memakai software resetter yang telah kita bahas di pecahan sebelumnya (untuk mereset level tinta), software yang sanggup dipakai untuk mereset Waste Ink Full printer Epson L120 bisa. gunakan perangkat lunak berbayar yang disebut WIC Reset Utility, walaupun berbayar, pengembang perangkat lunak WIC Reset Utility menyediakan versi percobaan.

Download WIC Reset Utility di link http://www.wic.support/?page_id=134
Jalankan perangkat lunak WIC Reset Utility. Pastikan komputer terhubung ke Internet.
Klik "read waste counters", kalau kotak obrolan muncul, tutuplah.
Klik "reset waste counters", kalau kotak obrolan muncul untuk mengisi kunci, cukup klik "Trial" kemudian klik "Ok".
Jika kotak obrolan konfirmasi muncul, klik saja "Yes".
Proses reset akan dimulai, tunggu hingga proses selesai.
Matikan printer sesuai petunjuk, kemudian hidupkan kembali.
Uji dengan mencetak halaman contoh.

Begitulah cara memperbaiki printer Epson dari beberapa kerusakan yang paling umum pada beberapa model printer Epson, agar bermanfaat dalam membantu memecahkan problem yang ada di printer Epson Anda atau mungkin sebagai item rujukan sehabis Anda memperbaiki printer Epson. Dengan problem yang sama kita bahas kali ini, selamat mencoba dan hingga jumpa di diskusi selanjutnya.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Memperbaiki Printer Epson Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel