iklan banner

Telitilah! 8 Panduan Menentukan Supplier Untuk Bisnis

Apa saja yang menjadi fokus Anda dikala membuatkan bisnis?


Mayoritas pebisnis niscaya senantiasa mengutamakan pencapaian omset dan upaya menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut memang tepat. Namun, ada hal-hal lain yang tak kalah penting bagi bisnis Anda. Salah satunya yaitu menentukan supplier.


Berlangganan usang dengan supplier tertentu bukanlah jaminan bahwa supplier tersebut yaitu yang terbaik. Anda harus lebih teliti menentukan supplier dan melaksanakan penilaian secara teratur. Agar Anda bisa mendapatkan suplai materi baku maupun produk berkualitas.


Jangan khawatir jikalau selama ini Anda belum berpengalaman menentukan supplier. Ikuti beberapa tips berikut ini supaya bisa mendapatkan supplier terbaik untuk bisnis Anda:


Mencari Tahu Rekam Jejak Supplier


Sebelum tetapkan untuk bekerja sama dengan pihak supplier tertentu, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui rekam jejaknya secara jelas. Misalnya, Anda mencari tahu wacana pengalaman pihak supplier atau masalah-masalah yang pernah berkaitan dengan supplier tersebut.


Hal ini sangat penting untuk meminimalkan risiko penipuan di kemudian hari. Jangan hingga oknum tak bertanggung jawab yang berkedok sebagai supplier membuat Anda merugi sesudah menyetorkan uang dalam jumlah banyak.


Jangan Malas Membandingkan Harga


Ketika sudah merasa nyaman dengan pihak supplier langganan, biasanya pebisnis cenderung malas membandingkan harga dengan supplier lain. Padahal, belum tentu harga materi baku yang diberikan benar-benar yang termurah.


Mungkin saja ada supplier lain yang bisa menawarkan harga lebih murah dengan kualitas materi baku yang sama. Oleh alasannya yaitu itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk membandingkan harga. Anda pun bisa memberikan komplain kepada supplier lama bila ternyata supplier tersebut menawarkan harga yang mahal.


Garansi


Ketersediaan garansi materi baku dan produk juga mesti menjadi salah satu pertimbangan penting sewaktu menentukan supplier. Sehingga Anda tak perlu khawatir memikirkan materi baku dan supplier yang rusak dan sanggup mengganggu kelancaran proses produksi. Nanti, Anda pun tak perlu menanggung kerugian akhir materi baku yang rusak. Pihak supplier pasti bersedia mengganti materi baku yang rusak bila sudah menjanjikan garansi dengan kesepakatan tertentu.


Kualitas Produk & Bahan Baku


Ketika Anda mendapatkan supplier, Anda pun harus memastikan bahwa kualitas produk dan materi baku dari supplier Anda benar-benar berkualitas. Ketika Anda mendapatkan supplier secara online, Anda harus meminta sampel produk untuk memastikan kualitas. Jangan hingga Anda mengecewakan konsumen Anda. Sehingga Anda harus bisa memastikan produk dan materi baku dari supplier sangat bagus.


Proses Pengiriman yang Mudah dan Cepat


Demi mendukung kelancaran proses produksi, Anda harus menentukan supplier yang bisa mengirimkan materi baku secara simpel dan cepat. Usahakan biar Anda mendapatkan supplier yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan lokasi bisnis Anda.


Apa saja yang menjadi fokus Anda dikala membuatkan bisnis Telitilah! 8 Panduan Memilih Supplier untuk Bisnis


Sehingga urusan pemesanan dan pengiriman materi baku jarang mengalami kendala. Alangkah lebih baik pula jikalau supplier pilihan Anda bisa melayani pemesanan materi baku yang jumlahnya sedikit. Maka Anda pun tak akan mengalami problem pemesanan materi baku dikala load produksi memang sedang menurun.


Supplier yang Bisa Menjalin Komunikasi Efektif


Kadang kala, harga materi baku bukanlah hal utama bagi pebisnis. Hubungan baik dengan pihak supplier juga menjadi salah satu yang penting untuk kelancaran bisnis. Sehingga Anda tak perlu sungkan berkomunikasi wacana problem materi baku dan kolaborasi dengan supplier. Pihak supplier yang bijak niscaya mau mendapatkan kritik dan saran demi kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.


Tangan Pertama atau Distributor Pertama


Ketika Anda menentukan supplier, kau harus bisa mendapatkan dari tangan pertama. Jangan hingga Anda malah salah menentukan supplier. Karena jikalau Anda tidak menentukan supplier dari tangan pertama, hal tersebut malah menciptakan harga yang Anda dapatkan cukup mahal. Usahakan kalau harga yang Anda terima merupakan harga tangan pertama.


Pengembalian Produk


Bagaimana dikala produk atau materi baku yang Anda terima dari supplier rusak atau cacat? Apakah itu bisa dikembalikan atau malah menjadi tanggung jawab Anda. Ketika Anda menyusun MOU dengan supplier, Anda harus tahu juga bagaimana mekanisme pengembalian produk dan materi baku yang rusak maupun cacat.


Saat mengatur urusan materi baku, Anda juga wajib mendokumentasikan alur keuangan yang berkaitan dengan hal tersebut. Anda bisa mengandalkan Accurate Online untuk menuntaskan urusan pembukuan bisnis secara mudah. Accurate Online yaitu platform pembukuan berbahasa Indonesia yang mempunyai aneka macam fitur canggih. Dan Anda juga bisa memantau stok di gudang dengan gampang memakai Accurate Online.


Selain bisa melaksanakan aktivasi fitur sesuai kebutuhan, Anda pun sanggup mengintegrasikan Accurate Online dengan aplikasi keuangan lain (misalnya internet banking). Menyelesaikan laporan keuangan yang sistematis dan transparan jadi semakin gampang dengan Accurate Online. Mari mengatur urusan materi baku dan keuangan bisnis secara lebih teliti mulai sekarang.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Telitilah! 8 Panduan Menentukan Supplier Untuk Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel