iklan banner

Fungsi Dagang Bangsa Eropa


Hasil gambar untuk fungsi dagang bangsa eropa Fungsi Dagang Bangsa Eropa
Sumber: greyscrittura.wordpress.com
Mengapa mereka melaksanakan perdagangan ?
  • Sejak masa ke -13, mereka berdagang sebagai pemenuhan kebutuhan akan rempah-rempah yang merupakan materi dagang yang sangat menguntungkan, sehingga mendorong orang-orang Eropa berusaha mencari harta kekayaan ini sekalipun menjelajah semudera.
  • Sebagai penyaluran jiwa penjelajah Bangsa Eropa, terutama untuk menemukan daerah-daerah baru. 
  • Adanya iman orang-orang Eropa terutama Protugis dan Spanyol bahwa di luar Eropa ada Prestor John (kerajaan dan penduduknya beragama Kristen). 
  • Orang-orang Eropa yang sebagian besar beragama Katolik terdorong pula untuk pergi ke mana pun guna mewartakan Alkitab (Gospel), mencari kekayaan (Gold), dan pujian serta kejayaan (Glory) bagi negaranya.

Fungsi Dagang Bangsa Inggris

Kedatangan bangsa Inggris ke Indonesia dirintis oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish. Dengan mengikuti jalur yang dilalui Magellan, pada tahun 1579 Francis Drake berlayar ke Indonesia.Armadanya berhasil membawa rempah-rempah dari Ternate dan kembali ke Inggris lewat Samudera Hindia. Perjalanan beriktunya dilakukan pada tahun 1586 oleh Thomas Cavendish melewati jalur yang sama. 

Pengalaman kedua pelaut tersebut mendorong Ratu Elizabeth I meningkatkan pelayaran internasioalnya.Hal ini dilakukan dalam rangka menggalakan ekspor wol, menyaingi perdagangan Spanyol, dan mencari rempah-rempah.

EIC kemudian mengirim armadanya ke Indonesia.Armada EIC yang dipimpin James Lancestor berhasil melewati jalan Portugis (lewat Afrika). Kedatangan mereka ke dunia timur juga didorong oleh kebutuhan untuk mencari kawasan pasaran bagi hasil industrinya,terutama tektils dan lebih utama lagi ialah wool. Perdagang-pedagang Inggris juga membawa rempah-rempah ke Eropa tetapi Inggris tidak melibatkan diri dalam perdagangan rempah-rempah sebab sudah banyak tentangan di Eropa yaitu Portugis dan Belanda. 

Fungsi dari perdagangan yang dilakukan inggris adalah:
  • Pengadaan korelasi denan Indonesia oleh EIC pada masa ke-16, ibarat dengan Aceh, Jayakarta, Banjar, Gowa, dan Maluku. Karena ketidak mampuannya Inggris bersaing dengan Belanda. 
  • Penanaman imbas oleh EIC dalam perdagangan Asia. 1612 EIC sanggup mengusir Portugis dari India dan Inggris pun membangun kota dagang, Madras, Kalkuta, Bombay. Yang terletak pada jalur kemudian lintas perdagangan mancanegara. Dengan mengusai India, EIC memegang kendali perdagangan di Teluk Persia, Asia Selatan dan Asaia Timur.
Fungsi Dagang Bangsa Portugis

Ekspedisi Portugis ke Hindia Timur berlangsung atas pemberian pemerintah yang dilatar belakangi oleh persaingan dengan spanyol.

Bartolomeus Diaz tahun 1468 berlayar menyusuri pantai Afrika dengan tujuan India, tetapi gagal mencapainya. Ekspedisi Hindia Timur dibawah pimpinan Vasco dan Gama menempuh jalur yang ditemukan oleh Bartolomeus Diaz. Dipantai timur Afrika, Vasco dan Gama bertemu pedagang islam. 
Portugis menguasai perdagangan rempah-rempah di kepulauan Maluku selama sekitar 100 tahun ditangan Alfonso d'Burquorque.

Portugis pun memperoleh empat laba menguasai Malaka, yang juga merupakan fungsi dari kedatangan mereka : 
  1. Penguasaan jalur perdagangan penting di Asia, termasuk perdagangan rempah-rempah.
  2. Menjadikan Malaka sebagai watu loncatan untuk menguasai perdagangan rempah di Maluku.
  3. Pengambilan laba dari perselisihan dan persaingan kawasan untuk memperkuat kedudukannya
Fungsi Dagang Bangsa Spanyol

Tahun 1521 kapal Spanyol berlabuh di Maluku, kedatangan mereka disambut baik oleh rakyat Tidore. Bangsa Portugis pun merasa terancam dengan kehadiran Bangsa Spanyol, mereka menuduh bangsa Spanyol melanggar perjanjian, maka kemudian mereka menciptakan perjanjian yang disebut Perjanjian Saragosa (1526) yang isinya menyebutkan bahwa Nusantara milik Portugis, sedangkan Filipina milik Spanyol, dengan batas sebelah timur garis meridian Irian Jaya.

Sebenarnya, fungsi dari perdagangan yang dilakukan bangsa Spanyol ialah :
  • Pencarian kekayaan termasuk berdagang
  • Penyaluran jiwa penjelajah
  • Meyakini Keberadaan Prester John
  • Penyebaran agama
  • Pencarian kemuliaan bangsa




Sumber http://ilhammaulana9999.blogspot.com

0 Response to "Fungsi Dagang Bangsa Eropa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel