iklan banner

✔ Ciri-Ciri Kelas Aves (Burung)

(Tulisan Ciri-Ciri Kelas Aves (Burung) ialah bab dari artikel dengan judul Paruh Burung Pencabik Daging (Meat Tearer). Bila anda memerlukannya sebagai materi referensi, makalah tersebut bisa anda DOWNLOAD DISINI.

Dari semua jenis hewan, burung (kelas Aves) termasuk salah satu binatang yang gampang dikenal oleh insan alasannya ialah keunikanya. Struktur yang paling menonjol pada burung ialah bulu yang khas (feathers). Berfungsi sebagai epilog badan dan sebagai isolator yang ikut mengatur suhu tubuh. Fungsi lainnya ialah membantu proses ketika terbang. Kemampuan terbang memungkinkan burung mendiami beberapa habitat yang tidak terjangkau oleh binatang lain. Warna dan bunyi burung yang indah sangat menarik perhatian manusia. Nama burung yang klasik dalam bahasa Yunani ialah ornis, dan dalam bahasa latin ialah aves. Studi wacana burung disebut ornithologi.

Adapun ciri-ciri dari Kelas Aves ialah sebagai berikut :
a). Tubuhnya tertutup oleh bulu yang khas (feathers)

b). Anggota gerak (tungkai) dua pasang. Tungkai depan berupa sayap yang berfungsi untuk terbang. Tungkai belakang berfungsi untuk bertengger, berjalan atau berenang. Tiap-tiap kaki umumnya mempunyai empat buah jari.

c). Kerangkanya merupakan material yang tipis, berpengaruh dan mengalami osifikasi yang sempurna.

d). Mulutnya berupa paruh yang menonjol dengan selubung zat tanduk.

e). Jantung terdiri dari empat ruangan (dua buah antrium dan dua buah ventriculus). Eritrosit bernukleus dengan bentuk oval dan bikonveks.

f). Bernafas dengan paru-paru dan mempunyai kantong-kantong udara, kotak bunyi (syrinx) terdapat pada pangkal trachea.

e). Kantong air seni tidak ada, hasil ekskresi setengah padat, burung betina umumnya hanya mempunyai ovarium dan oviduct sebelah kiri saja.

f). Nervus cranialis ada 12 pasang.

g). Suhu badan teratur sehingga relatif tetap (homoiotherm).

h). Fertilisasinya berlangsung di dalam badan burung betina. Sel telur ini dibungkus oleh cangkang  yang keras. Dalam perkembangan embrionalnya terdapat selaput menyerupai amnion, chorion, yolk sac dan allantois.


Sumber http://zonabawah.blogspot.com

0 Response to "✔ Ciri-Ciri Kelas Aves (Burung)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel