iklan banner

✔ Pengertian Gulma

(Artikel “Pengertian Gulma” berikut ini yaitu bab dari makalah yang berjudul “Asosiasi Gulma Pada Sawah”. Bila anda memerlukan sebagai materi referensi, makalahnya silahkan DOWNLOAD DISINI)

Pengertian Gulma
Pada umumnya dipandang dari manfaat yang didapat, flora dibagi menjadi dua yaitu, tumbuhan yaitu flora yang menguntungkan dan dibudidayakan dan flora yang merugikan. Tumbuhan yang menguntungkan yaitu flora yang dibudidayakan oleh insan atau sengaja untuk ditanam alasannya yaitu memiliki nilai hemat yang menjanjikan. Sedangkan flora yang merugikan atau flora yang tidak dikehendaki dalam dunia pertanian disebut gulma (weed).

Pengertian gulma yang lain yaitu flora yang belum diketahui keuntungannya secara niscaya sehingga kebanyakan orang juga menganggap bahwa gulma memiliki nilai negatif yang lebih besar daripada nilai ekonomisnya. Sehingga gulma tersebut harus dimusnahkan dari, biar tidak menimbulkan kerugian ± kerugian yang lainnya, yang nantinya sanggup mengganggu acara pertanian. Baik secara teknis, produksi, maupun secara ekonomis.

Menurut wikipedia, (Wikipedia, 2011) gulma yaitu flora yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian alasannya yaitu menurunkan hasil yang sanggup dicapai oleh tumbuhan produksi. Batasan gulma bersifat teknis dan plastis. Teknis, alasannya yaitu berkait dengan proses produksi suatu tumbuhan pertanian. Keberadaan gulma menurunkan hasil alasannya yaitu mengganggu pertumbuhan tumbuhan produksi melalui kompetisi. Plastis, alasannya yaitu batasan ini tidak mengikat suatu spesies tumbuhan.

Pada tingkat tertentu, tumbuhan berkhasiat sanggup menjadi gulma. Sebaliknya, flora yang biasanya dianggap gulma sanggup pula dianggap tidak mengganggu. Contoh, kedelai yang tumbuh di sela-sela pertanaman monokultur jagung sanggup dianggap sebagai gulma, namun pada sistem tumpang sari keduanya merupakan tumbuhan utama. Meskipun demikian, beberapa jenis flora dikenal sebagai gulma utama, menyerupai teki dan alang-alang. Ilmu yang mempelajari gulma, perilakunya, dan pengendaliannya dikenal sebagai ilmu gulma.


Sumber http://zonabawah.blogspot.com

0 Response to "✔ Pengertian Gulma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel