iklan banner

Klasifikasi Filum Arthropoda

serta mempunyai sepasang kaki pada setiap ruas  Klasifikasi Filum  Arthropoda
(Sumber gambar:www.blogsamz11.blogspot.com)

Berdasarkan pembagian badan dan jumlah kakinya, filum Arthropoda di klasifikasikan menjadi 4 kelas yaitu, (1) kelas crustacea (udang-udangan), (2)kelas Arachnida (labah-labah), (3)kelas Myriapoda (terdiri Chilopoda dan Diplopoda/kaki seribu), (3) kelas inseta (serangga).
  1. Kelas Crustacea (udang-udangan)
  2. Tubuh Kelas Crustacea terdiri dari 2 bagian, yakni bab adonan kepala (cephal) dengan dada (toraks) (disebut sebagai cephalothorax) dan abdomen (perut)serta mempunyai sepasang kaki pada setiap ruas (5 pasang pada dada). Contoh: Udang barong/karang (Panulirus versicolor)
  3. Kelas Arachnida (labah-labah), 
  4. Tubuh Kelas Arachnida terdiri dari 2 bagian, yakni bab adonan kepala (cephal) dengan dada (toraks) (disebut sebagai cephalothorax) dan abdomen (perut) 3 pasang kaki pada dada. Contoh: Laba-laba (Araneus diadematus)
  5. Kelas Myriapoda
  6. Tubuh Kelas myriapoda terdiri dari 2 bagian, yakni a). Untuk subkelas chilopoda terdiri atas bab kepala (cephal) dan abdomen (perut yang gepeng) serta mempunyai sepasang kaki pada setiap ruas. Contoh:kelabang atau lipan (Scolopendra gigantea). b) subkelas diplopoda terdiri atas kepala dan abdomen yang bentuknya silindris dan  mempunyai dua pasang kaki pada setiap ruas.Contoh: luwing (Spirobolus sp.)
  7. Kelas Inseta(serangga).
  8. Tubuh Kelas Insecta terdiri dari tiga bagian, yakni bab kepala (cephal), dada (toraks) dan abdomen (perut) serta mempunyai tiga pasang kaki pada dada.Contoh: Lebah madu (Apis mellifera)
Referensi:
Susilowarno.2010.Siap Menghadapi Ujian Nasional 2010 biologi sma/ma. Grasindo
Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Klasifikasi Filum Arthropoda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel