iklan banner

Cara Membedakan Jenis Kelamin Bulu Babi

Tanda kelamin penting artinya untuk mengetahui jenis kelamin suatu individu. Telah sering dikemukakan bahwa bulu babi memiliki kelamin terpisah, ada individu jantan dengan kelamin jantan (t3st1s) dan ada individu betina dengan gonad betina (ovari). Kedua jenis kelamin ini tidak menunjukkan kenampakan morfologi luar yang berbeda nyata. Sampai dikala ini tanda kelamin sekunder yang sanggup memberi petunjuk yakni bentuk papila genitalia (Gambar).
Dalam hal pemijahan tanda kelamin sekunder ini secara umum untuk sanggup membedakan kelamin apabila induk-induk bulu babi akan dipijahkan. Pada pengamatan di laboratorium, teori ini masih sanggup dipakai sebab sebagian besar individu yang dipijahkan sesuai dengan teori menyerupai telah disebutkan di atas, walaupun ada sebagian yang tidak sesuai dengan teori sebab ada beberapa individu yang tidak memiliki tonjolan namun tidak sanggup mengeluarkan telur. Sebaliknya ada juga individu yang memiliki tonjolan namun sanggup mengeluarkan telur walaupun hanya beberapa individu. Secara morfologi susah dibedakan jenis kelaminnya walaupun ada beberapa teori yang telah mengemukakan perbedaan tersebut. Diantara-nya yakni TAHARA et. al. dalam DARSONO (1986) mengemukakan bahwa: Dari beberapa jenis bulu babi yang diamati tersebut, perbedaan kelamin oleh bentuk papila genitalia yang menunjukkan dua tipe golongan yaitu :
  1. Tipe Mespilia.: papila genitalia pada binatang jantan yakni pendek sedikit me-nonjol berbentuk kerucut (conical protuberances), sedang pada betina yakni rata/mendatar atau masuk karam di bawah dinding per-mukaan dinding cangkang. Jenis-jenis yang termasuk tipe ini ialah Mespilia globulus, Toxopneustes pileolus, Temnopleurus toreumaticus, Hemicentrotus pulcherimus dan Pseudocentrotus depressus.
  2. Tipe Tripneustes: papila genitalia pada binatang jantan ditandai dengan bentuk tabung memanjang, sedang pada yang betina berbentuk tonjolan tumpul (stumpy protuberances). Jenis-jenis yang termasuk tipe ini ialah Tripneustes gratilla, Echinometra mathaei, Echinostrephus aciculatus, dan Diadema setosum.
Sumber: Radjab, 2001. Jurnal Oseana Volume XXVI, Nomor 3, 25-26
Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Cara Membedakan Jenis Kelamin Bulu Babi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel