iklan banner

Ciri-Ciri Cacing Enterobius Vermicularis

ciri morfologi cacing kremi Enterobius vermicularis Ciri-Ciri  cacing Enterobius vermicularis
sumber gambar:www.studyblue.com
Enterobius vermicularis atau yang dikenal dengan sebutan cacing kremi, pinworm,dan seatworm, merupakan penyebab penyakit Enterobiasis atau Oxyuriasis dan hospes satu-satunya ialah manusia. berikut ini ialah ciri-ciri morfologi dari cacing Enterobius vermicularis:

  1. Cacing dewasa  Enterobius vermicularis berukuran kecil, berwarna putih, yang betina jauh lebih besar dari pada yang jantan. 
  2. Ukuran cacing jantan ialah 2-5 mm,cacing jantan memiliki sayap yang dan ekornya melingkar menyerupai tanda tanya.Sedangkan ukuran cacing betina ialah 8- 13 mm x 0,4mm, cacing betina memiliki sayap , bulbus esofagus terang sekali, ekornya panjang dan runcing. 
  3. Uterus cacing betina berbentuk gravid melebar dan penuh dengan telur. 
  4. Bentuk khas dari  Enterobius vermicularis dewasa  ialah tidak terdapat rongga ekspresi tetapi dijumpai adanya 3 buah bibir, bentuk esofagus bulbus ganda (double bulb oesophagus), didaerah anterior sekitar leher kutikulum cacing melebar, pelebaran yang khas disebut sayap leher (cervical alae).(Srisari G, 2006).
  5. Ukuran telur E. vermicularis yaitu 50 - 60 mikron x 20 - 30 mikron (rata - rata 55 x 26 mikron). Telur berbentuk asimetris, tidak berwarna, memiliki dinding yang tembus sinar dan salah satu sisinya data

Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Ciri-Ciri Cacing Enterobius Vermicularis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel