iklan banner

Skripsi Pendidikan Pkn Upaya Guru Pkn Dalam Berbagi Nilai Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran Pkn Siswa Smpn X

(KODE : PEND-PKN-0030) : SKRIPSI PENDIDIKAN PKN UPAYA GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI NASIONALISME MELALUI MATA PELAJARAN PKN SISWA SMPN X


 SKRIPSI PENDIDIKAN PKN UPAYA GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI NASIONALISME MELALUI MATA SKRIPSI PENDIDIKAN PKN UPAYA GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI NASIONALISME MELALUI MATA PELAJARAN PKN SISWA SMPN X

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan kewarganegaraan berdasarkan Depdiknas (2006 : 1) ialah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melakukan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia diperlukan sanggup mempersiapkan akseptor didik menjadi warga negara yang mempunyai akad yang berpengaruh dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern ialah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama dibawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik atau golongannya. (Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) Jakarta : Sekretariat Negara Republik Indonesia, 1998 : 200)
Agar nilai-nilai pancasila dan semangat kebangsaan tersebut sanggup berkembang melalui PKn, guru mempunyai kiprah yang sangat penting. Oleh alasannya ialah itu guru harus mempunyai kriteria khusus. Kriteria tersebut antara lain : a. Memiliki pengetahuan yang benar perihal pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 serta materi penunjang lainnya, b. Mempunyai doktrin terhadap pancasila, baik sebagai dasar Negara maupun sebagai pandangan hidup bangsa, c. Memiliki sopan santun yang tercermin dalam perilaku dan tingkah laris sehari-hari, d. Menguasai keterampilan mendidik, e. Menguasai metode yang sanggup menumbuhkan dan menyebarkan perilaku (afektif), f. Menampilkan kekerabatan guru-siswa yang penuh keakraban, kekeluargaan dan manusiawi, g. Menggunakan media yang memperlihatkan stimuli bagi perkembangan moralitas subjek didik, h. Mampu menentukan dan mempergunakan instrumen penilaian sikap. (Rustopo dan Sutrisno, 1993 : 119-127). Kriteria tersebut ialah mutlak dimiliki oleh guru PKn.
Dengan kriteria tersebut diatas diperlukan sanggup menjadi guru PKn dengan baik, sehingga tujuan pengajaran yang telah direncanakan berhasil termasuk menyebarkan nilai-nilai nasionalisme kepada akseptor didik. Peran guru dalam proses berguru mengajar akan mensugesti hasil berguru siswa. Oleh alasannya ialah itu guru harus sanggup memerankan dengan baik dalam proses berguru mengajar antara lain ialah sebagai pendidik dan pembimbing perilaku dan tingkah laris (Rustopo dan Sutrisno, 1993 : 113)
Dalam menampilkan nilai-nilai nasionalisme dalam mata pelajaran PKn, guru harus bisa menentukan materi yang tepat, metode yang tepat, dan media yang sempurna sehingga siswa sanggup mendapatkan pelajaran yang diberikan. Apabila siswa sanggup mendapatkan pelajaran yang diberikan, siswa akan mengerti dan memahaminya, yang pada jadinya sanggup menghayati dan mengamalkan nilai nasionalisme dalam kehidupannya. Dengan indikasi mempunyai perilaku tidak individualisme, tidak fanatik, cinta tanah air, mengikuti upacara dengan khidmat, suka bekerja sama dan mempunyai semangat kebangsaan. Jika siswa sudah mempunyai nilai-nilai nasionalisme, kiprah guru selanjutnya ialah mengembangkannya.
Sesuai hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, dalam proses berguru mengajar yang terjadi di SMPN X Kabupaten X, upaya guru dalam meningkatkan nilai nasionalisme belum maksimal, hal ini terlihat banyak siswa kelas 7, 8, 9 SMPN X, masih mempunyai perilaku individualisme, egoisme, mengikuti upacara dengan tidak khidmat, kurang mengasihi lingkungan, memakai akomodasi internet bukan untuk berguru melainkan hanya untuk bermain dan sebagainya.
Berdasarkan alasan diatas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul "UPAYA GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI NASIONALISME MELALUI MATA PELAJARAN PKN SISWA SMPN X".


Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com

0 Response to "Skripsi Pendidikan Pkn Upaya Guru Pkn Dalam Berbagi Nilai Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran Pkn Siswa Smpn X"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel