iklan banner

Skripsi Peranan Guru Pkn Dalam Membuatkan Pokok Bahasan Norma Dan Aturan Di Smk

(KODE : PEND-PKN-0002) : SKRIPSI PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM DI SMK

 SKRIPSI PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM DI Sekolah Menengah kejuruan SKRIPSI PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM DI SMK

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu mata pelajaran yang dipakai sebagai wahana untuk menyebarkan dan melestarikan nilai luhur dan sopan santun yang berakar pada budaya bahasa Indonesia. Nilai luhur dan sopan santun tersebut diperlukan sanggup diwujudkan dalam bentuk sikap kehidupan sehari- hari siswa, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dan mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 ditegaskan bergotong-royong tujuan bangsa Indonesia salah satunya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam UU No. 20 tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional, menandaskan bahwa tujuan pendidikan kita yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyebarkan insan seutuhnya, sebagai insan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, serta mempunyai ketrampilan dan kemampuan, kesehatan jasmani dan rohani yang seimbang dan yang paling penting mempunyai semangat kebangsaan.
Dari uraian di atas sanggup diambil kesimpulan bahwa tujuan pengembangan dalam bidang pendidikan yaitu semoga pendidik sanggup melaksanakan tugas utamanya, yaitu menyiapkan manusia-manusia yang cerdas, utuh, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani serta cinta tanah air dan bangsa. Dengan demikian diperlukan kelak mereka sanggup menjadi generasi penerus bangsa.
Untuk mencapai tujuan itu semua maka pemerintah yang bertanggung jawab mengenai pendidikan di negara kita, memperlihatkan satu mata pelajaran yang diberikan mulai semenjak taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi tinggi, dan mata pelajaran itu yaitu mata pelajaran PKn, mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melaksanakan hak-hak dan kewajiban yang menjadi warga negara Indonesia yang terampil, cerdas dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 
Adapun selain pemerintah, yang bertanggung jawab dalam pendidikan yaitu keluarga, masyarakat dan guru. Guru merupakan sosok yang paling bertanggung jawab pada pendidikan, sebab guru merupakan orang yang terjun secara eksklusif dalam dunia pendidikan dan bertanggung jawab secara eksklusif dalam mensukseskan jalannya pendidikan yang berlangsung.
Di dalam perkembangan dunia pendidikan, pemerintah telah melaksanakan penyempurnaan kurikulum. Terdapat banyak perbedaan dari kurikulum-kurikulum ini antara lain dari segi pokok bahasan, jumlah jam pelajaran, dan lain-lain. Mengingat adanya perbedaan antara kurikulum maka guru dan penerima didik dimungkinkan banyak menemui permasalahan, sebab keterbatasan waktu dalam menyebarkan pokok bahasan norma dan aturan yang ada di SMKN X. Dan kurikulum gres yang diterapkan oleh SMKN X menjadikan guru PKn tidak sanggup memperlihatkan klarifikasi ihwal pokok bahasan norma dan aturan secara jelas, sehingga penerima didik tidak mendapat pokok bahasan norma dan aturan secara optimal dan berakibat sanggup mengurangi pengetahuan penerima didik.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan pokok bahasan "PERANAN GURU PKN DALAM MENGEMBANGKAN POKOK BAHASAN NORMA DAN HUKUM PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMKN X”.

Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com

0 Response to "Skripsi Peranan Guru Pkn Dalam Membuatkan Pokok Bahasan Norma Dan Aturan Di Smk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel