iklan banner

Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Menciptakan Kefir Susu Kambing?

Sudah semenjak usang manfaat susu kambing diketahui bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Predikat tersebut di sandang lantaran manfaat susu kambing terbukti bisa menyembuhkan penyakit-penyakit berat menyerupai kanker, diabetes mellitus, maag kronis, serta asma akut.


Selain itu, bagi perempuan sedang hamil dan menyusui manfaat susu kambing sangat baik untuk pemanis gizi dan sanggup memperlancar ASI. Menurut hasil riset, susu kambing tidak hanya tergolong susu rendah lemak, tetapi banyak terkandung bebagai nutrisi menyerupai protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B12, kalsium, asam folat, sodium, zat besi, selenium dan juga sodium. Dengan kandungan lengkap tersebut maka masuk akal saja bahwa manfaat susu kambing sangat baik jikalau Anda konsumsi.


Sudah semenjak usang manfaat susu kambing diketahui bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Membuat Kefir Susu Kambing?
Gbr. 1. Manfaat susu kambing

Pada kandungan protein yang terkandung dalam susu kambing sekitar 4,3%, sedikit lebih banyak di banding kandungan protein dari susu sapi yang hanya 3,3 % saja. Namun sayang, aroma prengus yang di hasilkan susu kambing terkadang menjadi alasan kenapa orang lebih menyukai susu sapi, meskipun tahu bahwa manfaat susu kambing banyak.


Mendapati fakta demikian, para produsen susu kambing di Indonesia kemudian berinovasi untuk menghilangkan aroma prengus, biar susu kambing sanggup di konsumsi oleh siapa saja, tanpa terganggu aroma khas kambing yang kuyrang sedap. Akhirnya produsen mengolah susu kambing menjadi bentuk kapsul, susu bubuk, bahkan kefir untuk menghilangkan aroma prengusnya.


Mengolah Manfaat Susu Kambing Menjadi Kefir ?


Moedijono Ganeta, salah seorang produsen susu kambing asal Sidoarjo, Jawa Timur telah bisa berinovasi mengolah manfaat susu kambing menjadi kefir. Kefir intinya yaitu system pengolahan susu menjadi menyerupai yogurt, namun memakai mikroba berbeda dalam proses fermentasinya. Manfaat susu kambing olahan Moedijono tersebut bebas prengus dan mempunyai rasa yang masam yang segar.


Sudah semenjak usang manfaat susu kambing diketahui bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Membuat Kefir Susu Kambing?
Gbr.2. Manfaat susu kambing menjadi kefir

Ide kreatif Moedijono dengan mengolah manfaat susu kambing terinspirasi oleh dirinya sendiri yang kerap mengkonsumsi susu kambing segar. “rajin minum selama sebulan, tubuh terasa bugar, sayang sekali baunya prengus,” ujar Moedijono. Berdasarkan pengalaman langsung itulah Moedijono kemudian membuatkan susu kambing segar yang di olah menjadi kefir. “kini siapa saja bisa minum tanpa terganggu prengusnya, apalagi rasanya sedikit masam khas yogurt, lebih segar, “ ungkap Moejiyono.


Menjadi Kefir Manfaat Susu Kambing Lebih Mudah Diserap Tubuh dan Berasa Lebih Enak?


Keistimewaan lainnya dari susu kambing yang sudah di olah menjadi kefir, disamping hilang aroma prengusnya serta sanggup menambah citarasa sedikit masam yang segar, kefir juga lebih cepat di serap oleh tubuh sebagai nutrisi pemenuhan kebutuhan gizi Anda.


Sri Usmiati MSi, peneliti di Balai Besar Pascapanen Pertanian yang fokus di bidang mikrobiologi susu mengungkapkan “Hal itu disebabkan lantaran pada ketika fermentasi dilakukan, nutrisi yang terkandung di dalam susu kambing di urai menjadi rangkaian yang lebih sederhana sehingga memudahkan tubuh untuk menyerap kandungan yang ada di dalam susu kambing tersebut“.


Masih berdasarkan lulusan Magister Ilmu Peternakan dari Institut Pertanian Bogor tersebut mengungkapkan, “mikroorganisme baik yang ada di dalam kefir jumlahnya juga lebih banyak di bandingkan dengan yogurt. Kefir sendiri terbentuk dari sekumpulan yeast (khamir) dan juga basil asam laktat”.


Mikroorganisme yeast yang lazim di gunakan yaitu jenis Saccharomyses sp, sementara itu basil asam laktat yang sering di manfaatkan untuk proses fermentasi tersebut yaitu Lactobacillus sp serta Streptococcus sp.Karena gampang di serap tubuh, jadi dengan mengolah menjadi kefir manfaat susu kambing menjadi gampang diserap, dan dianjurkan bagi penderita gangguan pencernaan,” tutur perempuan yang kerap di panggil Bu Sri ini.


Cara Mengolah Manfaat Susu Kambing Menjadi Kefir?


Awal mula perkenalan Moedijono dengan kefir yaitu pada ketika Ia berkunjung ke Malaysia pada pertengahan 2004 silam. Bahkan di Malaysia, kefir sudah tersohor sebagai minuman probiotik yang sering di konsumsi masyarakat untuk melancarkan system pencernaan.


Sepulangnya dari negeri Jiran tersebut, Moedijono berhasrat untuk menciptakan kefir di Indonesia. Namun lantaran terkendala persoalan bibit kefir yang susah di dapat, niat tersebut gres dapt di realisasikan empat tahun kemudian yaitu pada 2008. Ia dapatkan bibit kefir dari kawannya yang juga bekerja sebagai peneliti di Institut Pertanian Bogor.


Setelah mendapat susu kambing segar dari kawasan Malang dan Lumajang, Moedijono segera mengolah manfaat susu kambing segar tersebut dengan bibit kefir. Komposisinya yaitu setiap 2 liter susu kambing segar, di beri bibit kefir sebanyak 100 gram.


Sudah semenjak usang manfaat susu kambing diketahui bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Membuat Kefir Susu Kambing?
Gbr. 3. Olahan manfaat susu kambing

Sudah semenjak usang manfaat susu kambing diketahui bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Membuat Kefir Susu Kambing?
Gbr.4. Kefir olahan manfaat susu kambing

Setelah kedua materi tersebut tercampur tepat dengan cara diaduk sampai merata, Pria yang sekarang telah berusia 61 tahun tersebut kemudian memasukkannya ke dalam wadah bersih, menutupnya rapat, serta di simpan di tempat yang sejuk namun tidak terlalu lembab, biar manfaat susu kambing tetap terjaga dan tidak terkotori oleh kotoran atau debu.



Ingin Sukses Bisnis Kambing? Pahami 2 Hal Mendasar Ini Terlebih Dahulu !!



Setelah 24 jam, kefir sudah sanggup di konsumsi. Namun Moedijono membagi panen kefir menjadi dua periode. Pertama sesudah 24 jam, dan yang kedua sesudah 48 jam. Berdasarkan pengalaman Moedijono sendiri, usang fermentasi akan menghipnotis rasa masam dari kefir tersebut.


Kefir 24 jam rasanya kurang masam, jadi cocok untuk orang yang menderita penyakit ringan menyerupai maag atau ambeiyen, nah kalo yang di fermentasi sampai 48 jam rasanya lebih masam, manis untuk penderita kanker, asam urat, diabetes, maupun penderita kolesterol tinggi,” Demikian ungkap Moedijono.


Proses fermentasi kefir pun semakin efisien alasannya yaitu endapan sisa fermentasi sanggup di gunakan kembali menjadi bibit kefir. “setelah 24 jam atau 48 jam, kefir disaring dan sudah sanggup diminum, sementara endapan sisa di saringan bisa digunakan untuk bibit kefir selanjutnya,” Tutup Moedijono sembari menyodorkan segelas susu kefir hasil karya kreatifnya kepada Kami.


Demikian Infoagri yang bisa kami bagikan untuk Anda, dengan mengolah susu kambing menjadi kefir, manfaat susu kambing sanggup Anda peroleh tanpa ada busuk pregus yang menyengat dan tentunya rasa menjadi lebih enak. 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Manfaat Susu Kambing Dan Cara Mudah Menciptakan Kefir Susu Kambing?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel