iklan banner

Beternak Belibis Sebagai Perjuangan Bagi Pemula

 yaitu sebuah prospek bisnis yang anggun Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula


gambar beternak bebek


Beternak bebek yaitu sebuah prospek bisnis yang bagus. Apalagi bagi seseorang yang tinggal di pedesaan atau perkampungan. Beternak atau budidaya belibis ini sanggup diusahakan dalam beberapa skala perjuangan baik kecil, menengah dan besar.


Bagi para pemula tentunya skala perjuangan kecil menjadi pilihan awal. Lambat bahari apabila dikelola secara baik tidak menutup kemungkinan beternak belibis dalam skala kecil akan berembang menjadi skala menengah atau bahkan skala besar. Dalam betrnak belibis sanggup dibagi menjadi 2 kategori, apakah beternak belibis petelur atau pedaging.


Masing-masing jenis belibis mempunyai administrasi yang hamper menyerupai tetapi mempunyai resiko dan prospek yang berbeda dari segi bisnis dan analisa ekonominya. Sebagai peternak belibis pemula, perlu dipahami skala produksi yangsudah di atur oleh pemerintah. Skala budidaya ternak menyerupai bebek,ayam,kambing,sapi   dan lain sebagainya termasuk dalam sebuah perencanaan bisnis.


Perlu di ketahui bahwa beternak bebek dalam skala tertentu peru perijinan dari pihak pemerintah yang berwenang. Izin perjuangan pemerintah yang mengatur masala ternak belibis dan hewan-hewan lainnya yang wajib izin di atur dalam keputusan menteri pertanian yang dikeluarkan dengan nomor 404/kpts/OT.210/6/2002. 



  1. Ayam pedaging dengan jumlahs lebih dari 15.000 ekor/ siklus produksi

  2. Ayam petelur lebih dari 10.000 ekor ayam produktif

  3. Bebek, angsa lebih dari15.000 ekor

  4. Ayam kalkun lebih dari 10.000 ekor

  5. Burung puyuh lebih dari 25.000 ekor

  6. Burung dara lebih dari 25.000 ekor

  7. Kambing lebih dari 300 ekor

  8. Sapi potong lebih dari 100 ekor

  9. Sapi perah lebih dari 20 ekor


Apabila Anda beternak bebek di bawah kapasitas 15.000 ekor maka perjuangan Anda tidak wajib mempunyai izin usaha. Akan tetapi setiap kawasan biasanya ada peraturan-peraturan kawasan atau Peraturan Daerah yang sanggup berbeda-beda juga. Setelah memilih skala usahanya, maka cara beternak belibis yang akan dilakukan, maka langkah-langkah selanjunya yaitu :



  • Persiapan

  • Pembuatan kandang

  • Pemilihan bibit

  • Manajemen ternak

  • Pengelolaan kesehatan ternak

  • Panen


Terkait semua proses baik mulai perencanaan, persiapan, pengelolaan hingga dengan panen harus dikelola secara baik, serius dan professional. Apabila semua di administrasi dengan baik maka perjuangan beternak belibis anda niscaya akan berhasil dan menghasilkan.


Sebagai pelengkap pengetahuan. Perlu di ketahui bahwa untuk beternak belibis ada ukuran sangkar ideal untuk memaksimalkan hasil. Kandang belibis yang ideal yaitu 1 meter persegi maksimal di isi dengan 7 ekor bebe. Jika kurang dari 7 lebih baik.


Selain hal tersebut perlu diperhatikan kualitas bibit (DOD), kalau anda akan beternak belibis petelur maka perbandingan bibit jantan dan betina yang baik yaitu 2 : 1 (2 ekor betina dengan 1 ekor jantan). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi yang optimal. Untuk panduan teknis dan mudah tatacara beternak belibis akan kita bahas dalam pembahasan yang lain.


 yaitu sebuah prospek bisnis yang anggun Beternak Bebek Sebagai Usaha Bagi Pemula
gambar bibit ternak bebek

Hal penting dari administrasi budidaya yaitu kebiasaan peternak atau pengelola kandang. Hal lain yang perlu di ingat yaitu  tidak ada peternakan yang tidak mempunyai resiko kesehatan, setiap perjuangan ternak termasuk beternak belibis niscaya akan bertemu dengan penyakit,maka dari itu vasinasi secara lengkap perlu dilakukan.


Kunci dari beternak bebek adalah kesehatan, bila ternak kita sehat maka hal itu akan mendekatkan kita dengan keuntungan.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Beternak Belibis Sebagai Perjuangan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel