iklan banner

Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana

Hewan yang dikenal sebagai binatang ruminansia ini dahulunya diternak untuk membantu acara sehari – hari manusia. Disektor pertanian sendiri sapi sering digunakan sebagai sumber tenaga untuk membajak sawah serta sebagai  transportasi masyarakat. Seiring pergeseran zaman, sekarang sapi dibudidayakan untuk dimanfaatkan bab tubuhnya menyerupai susu, daging, kulit, sampai kotorannya. Sapi diternakkan untuk dibisniskan, khususnya pada bab daging sapi. Untuk meningkatkan hasil daging sapi secara maksimal maka diharapkan perhiasan pakan penggemukan sapi.


Artikel terkait sapi : Cara Beternak Sapi Paling Mudah dan Menguntungkan.. Baca Di sini.


Untuk menghasilkan sapi yang mempunyai bobot yang berat atau maksimal tentunya ada adaptasi pakan. Seperti pakan penggemukan sapi. Saat ini sudah banyak peternak yang menentukan untuk menciptakan pakan penggemukan sapi sendiri dan mengurangi membeli pakan penggemukan sapi dari pabrik. Tentunya hal ini sanggup menekan biaya produksi.


 ini dahulunya diternak untuk membantu acara sehari  Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana
Pakan Sapi Untuk Penggemukan

Pembuatan ransum atau formula pakan penggemukan sapi tentunya selaras dengan kebutuhan nutrisi sapi. Diantaranya yaitu protein, energi, mineral, dan vitamin. Sehingga produktifitas ternak Anda sanggup maksimal. Pakan penggemukan sapi yang Anda buat sanggup membantu peningkatan produksi dengan menekan biaya pakan itu sendiri. Dalam pembuatan ransum atau formula pakan penggemukan sapi harus memperhitungkan beberapa aspek penting kebutuhan sapi. Sehingga hasil produksi sapi Anda akan maksimal.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Ransum


Periode Pemeliharaan dan Kebutuhan Zat Makanan


Periode pemeliharaan sangat bergantung pada kebutuhan zat utamanya. Pada konsumsi materi kering laktasi & non laktasi. Pemberian materi kering sanggup dilakukan dengan kadar 2,5% – 3% dari bobot sapi. Penyesuaian sanggup diubahsuaikan dari segi periode laktasi, bobot badan, tinggi rendah produksi susu, kondisi tubuh, kondisi lingkungan, kualitas dan jenis pakan.


Bahan Pakan


Hal yang perlu diperhatikan untuk duduk perkara materi pakan diantaranya ketersediaan materi baku, harga, dan kandungan zat materi yang akan digunakan dalam pembuatan pakan.


Tipe Ransum yang akan dibuat


Hal ini sangat berafiliasi dengan kadar komposisi serta kandungan zat makanan. Semisal pada complete ration (ransum lengkap) yang terbuat dari adonan biji – bijian  dan hijauan pada pakan penggemukan sapi.


Konsumsi Ransum


Faktor yang menghipnotis konsumsi ransum yaitu konsumsi energi, bentuk fisik, serta palatabilitas ransum. Untuk mendapat pakan penggemukan sapi yang baik dan berkualitas maka materi baku atau komponen penyusun ransum harus tetap dievaluasi.  Evaluasi yang sering dilakukan adalah:


 ini dahulunya diternak untuk membantu acara sehari  Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana
Pakan Sapi

Analisis fisik


Analisis fisik yaitu dengan melihat bentuk, aroma, warna semoga tidak menyimpang dari yang telah disyaratkan.


Analisis kimia


Sudah banyak metode kimia yang sering digunakan mengukur kadar zat kuliner pda materi pakan. Tapi metode yang paling sering digunakan yaitu metode analisis proksimat. Metode proksimat ini sanggup memperlihatkan citra terkait komposisi kimia dalam materi diantaranya kandungan air, lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin.


Artikel sapi terbaik : Tips Cara Ternak Sapi Dengan Metode Peranakan – Bagian I…


Percobaan daya cerna dan keseimbangan zat makanan


Percobaan ini berfungsi untuk mengukur jumlah materi pokok pakan penggemukan sapi yang akan dikonsumsi oleh sapi. Pengukuran digunakan pada waktu tertentu yaitu pada dikala ereksi feces atau kotoran sapi.


Percobaan proteksi pakan penggemukan sapi


Percobaan ini berfungsi untuk mengukur tingkat produksi yang akan dihasilkan sesudah proteksi pakan penggemukan sapi diantaranya produksi susu dan pertumbuhan berat tubuh sapi. Kualitas pakan sangat menentukan hasil produksi dari sapi. Data hasil percobaan sangat membantu dalam pembuatan ransum pakan penggemukan sapi.


Cara Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sapi


Alat dan Bahan


Peralatan



  • Mixer Horizontal

  • Mixer Vertikal

  • Timbangan

  • Karung

  • Mesin jahit

  • Sekop


Bahan



  • Pollard 61,25 kg

  • Bekatul 61,25 kg

  • Bungkil sawit 43,75 kg

  • Promix 20 kg

  • Tetes 12,5 kg

  • Mineral 1,25 kg

  • Bungkil kopra 50 kg

  • Dedak 5 kg


 ini dahulunya diternak untuk membantu acara sehari  Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana
Bungkil Kopra

Cara Kerja



  1. Langkah pertama yaitu timbang semua materi yang dibutuhkan, penimbangan dilakukan dengan kadar atau takaran yang telah ditentukan.

  2. Langkah kedua yaitu bekatul dengan berat 20 kg dicampurkan dengan tetes. Setelah itu diaduk dengan mixer vertikal. Tambahkan kembali bekatul dengan berat 10 Pencampuran dilakukan selama 10 menit.

  3. Langkah ketiga yaitu masukkan semua materi kedalam mixer dan diaduk dengan adonan adonan bekatul dan tetes. Penggilingan dilakukan selama 30 menit sampai benar – benar merata.

  4. Langkah keempat masuk pada tahap packing. Caranya masukkan materi adonan kedalam karung dan dijahit semoga tidak tumpah. Packing ramsum didiamkan selama sehari penuh. Setelah itu ransum pakan penggemukan sapi siap digunakan.


 ini dahulunya diternak untuk membantu acara sehari  Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana
Pengemasan Pakan Penggemukan

Dalam pembuatan pakan penggemukan sapi yang terpenting yaitu komposisi atau takaran materi yang digunakan harus pas. Agar kebutuhan – kebutuhan zat yang dibutuhkan sapi sanggup terpenuhi dengan maksimal. Penggunaan ransum pakan penggemukan sapi sanggup membantu menghemat biaya produksi Anda. Selamat mencoba. 


Artikel wacana sapi lainnya: Cara Ternak Sapi Dengan Metode Peranakan – Bagian II…


Sumber gambar : facebook binatang ternak, sipendik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel