iklan banner

Cara Menciptakan Benih Cabe Dengan Tepat

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat


Sedulurtani.com Cara menciptakan benih cabe dengan sempurna sanggup anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus membelinya. Bagi Anda yang ingin menciptakan benih cabe rawit, cabe merah dan lain-lain maka sanggup anda simak artikel ini.


Banyak dari kalangan ibu rumah tangga yang ingin menanam cabe dirumah, sehingga sanggup mengurangi pengeluaran untuk belanja. Baca juga : Klasifikasi dan morfologi lengkap tumbuhan cabe (Capsicum annum L.)


Pasalnya, harga cabe yang terbilang cukup tinggi ini menciptakan masyarakat lebih berdikari dengan cara menanam cabe pada pot-pot yang diletakkan dipekarangan rumah.


Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat


 Cara menciptakan benih cabe dengan sempurna sanggup anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus memb Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat
Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat


Bagi Anda yang ingin menanam cabe dirumah tentu saja tidak membutuhkan benih dalam jumlah banyak.


Maka tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli benih yang jumlahnya banyak dan tidak akan terpakai semua.


Oleh alasannya itu, pada pertemuan kali ini Admin ingin mengembangkan isu terkait, Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat.


Pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapat benih yang baik, yaitu pastikan keseragaman jenis tumbuhan cabe yang akan dipakai sebagai benih.


Hal tersebut sanggup Anda lakukan dengan cara mengamati bentuk buah, batang, daun, bunga, dan juga keseluruhan dari tanaman.


Benih cabe yang akan dipakai sebagai bibit harus diambil dari tumbuhan yang sehat dan tumbuh dengan baik, yaitu tinggi dan tidak keriting ataupun layu.


Selain itu, pastikan tumbuhan tidak terjangkit oleh hama maupun penyakit. Karena buah cabe yang terjangkit hama maupun penyakit sanggup membawa virus yang akan menciptakan benih menjadi tidak bermutu.


Untuk umur tumbuhan yang akan diambil buahnya sebagai benih, sebaiknya jangan gunakan buah cabe dari tumbuhan yang masih muda.


Tanaman cabe untuk bibit idealnya telah berumur 7-8 bulan alasannya akan sanggup menghasilkan buah yang maksimal.


Selain itu, Anda harus menentukan tumbuhan yang memililiki buah lebat supaya tumbuhan yang diturunkan akan mempunyai sifat lebih banyak didominasi lebat ibarat induknya.


Dan yang terakhir pillih buah cabe yang sudah renta dengan ciri-ciri kulit luarnya telah berwarna merah mengkilap.


Setelah Anda mengetahui kriteria dari cabe yang baik untuk benih, maka selanjutnya yaitu cara menciptakan benih cabe dengan benar.


Berikut ini yaitu cara menciptakan benih cabe dengan benar :

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat



  1. Sayat buah cabe dengan hati-hati supaya tidak merusak benih yang akan digunakan.

  2. Ambil dan kumpulkan biji yang telah Anda sayat lalu basuh higienis dari kotoran maupun daging yang melekat pada biji.

  3. Rendam biji-biji yang telah anda basuh pada air higienis dan biarkan selama beberapa saat. Tambahkan 1 buah bawang putih yang telah dihancurkan kedalam air. Kemudian ambil dan gunakan biji yang tenggelam, serta buang biji yang terapung. Biji yang terapung mempunyai persentase tumbuh yang rendah, sehingga tidak baik apabila dipakai untuk calon benih.

  4. Langkah terahir, yaitu lakukan penjemuran biji-biji cabe yang telah Anda seleksi dibawah sinar matahari. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Pada proses pengeringan sanggup anda lakukan memakai nampan. Setelah biji benar-benar kering, maka biji telah jadi benih dan siap untuk digunakan.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya diFacebook.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Cara Menciptakan Benih Cabe Dengan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel