iklan banner

Lupa Email Atau Kata Sandi E-Mail Untuk Login Aplikasi Bpjstku? Begini Satu-Satunya Cara Menanganinya

Kali ini ihwal bagaimana cara mengatasi akun aplikasi BPJSTKu yang tidak ingat nama e-mail ataupun password emailnya. Tentunya kalau lupa alamat email yang dipakai untuk login ke BPJSTKU Apk, kita jadi tidak sanggup masuk dan memanfaatkan banyak sekali fitur menarik serta informatif yang terdapat di dalam aplikasi BPJSTKU menyerupai cek saldo JHT secara online, mengakses kartu digital BPJS ketenagakerjaan, mencari alamat kantor cabang BPJS Taman Kanak-kanak terdekat, mengajukan pencairan dana JHT secara on-line lewat layanan E-klaim JHT, dan banyak sekali menu-menu keren lainnya.

Kami tulis artikel ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan dari saudari Tiya Auliya yang disampaikan lewat kontak di blog kami, dan juga pertanyaan-pertanyaan lainnya di kolom komentar, yang inti permasalahan yang kurang lebih sama.

Berikut isi pertanyaan mbak Tiya Auliya:

Mau tanya, sebelumnya saya pernah mendaftar akun bpjstku. Tetapi kini saya mau daftar lagi dengan email yang baru, lantaran email yang dulu saya lupa paswordnya. Tetapi pas saya daftar dan memasukkan nik ktp ternyata ada keterangan nik sudah terdaftar di email yang saya lupa passwordnya itu. Makara bagaimana? Mohon penjelasannya? Terima kasih.

Terkait permasalahan tidak sanggup login ke akun BPJSTKU setidaknya ada tiga macam. Pertama lupa PIN/Password untuk masuk ke akun BPJSTKU, tapi masih ingat email yang dulu dipakai ketika pendaftaran akun, dan juga masih ingat password emailnya. Artinya penerima yang bersangkutan masih sanggup mengakses e-mail tersebut. Untuk masalah ini solusinya tidak terlalu sulit. Panduannya sudah kami bahas tuntas di artikel sebelumnya. Jika ingin membacanya, teman-teman silahkan Klik Di Sini.

Masalah kedua yakni lupa PIN untuk login ke akun BPJSTKU, hanya ingat alamat emailnya saja namun lupa kata sandi email tersebut, sehingga tidak sanggup dipakai untuk memperoleh instruksi verifikasi untuk pemulihan kata sandi. Untuk problem ini, langkah yang sanggup dilakukan yakni memperbarui password emailnya terlebih dahulu memakai nomor telepon atau alamat email lain yang dikoneksikan dengan email yang password lupa tersebut. Setelah email sanggup diakses kembali, tinggal mengganti PIN akun BPJSTKU menyerupai permasalahan pertama di atas.

Yang jadi hambatan berikutnya yakni kalau alamat email (yang password-nya lupa) yang dipakai untuk mendaftar akun aplikasi BPJSTKu tersebut tidak ditautkan dengan nomor telepon atau alamat e-mail yang lain, sehingga nggak ada sarana untuk konfirmasi mengubah password. Kalau sudah begini kasusnya, solusinya mau tidak mau memang harus menyerupai cara mengatasinya permasalahan ketiga berikut ini.

Permasalahan yang ketiga yakni lupa PIN sekaligus lupa email yang dipakai untuk login. Kalaupun masih ingat PIN-nya tapi lupa e-mailnya juga bahwasanya percuma. Tetap tidak sanggup masuk lantaran email yakni yang utama. Masalah tidak ingat email untuk login ke aplikasi BPJSTKu ini merupakan permasalahan yang paling fatal. Itu artinya sama saja kita sudah kehilangan akun. Misalnya mau daftar lagi buat akun yang gres dengan email yang berbeda juga mustahil bisa, lantaran no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Ketenagakerjaan dan NIK (Nomer Induk Kependudukan) sudah terdaftar di email sebelumnya.

Maka dari itu, id email berikut kata sandi email yang dipakai untuk pendaftaran akun BPJSTK itu harus benar-benar diingat baik-baik. Kalau perlu disimpan di note atau buku catatan. Sebab email tersebut yang akan kita gunakan untuk mendapatkan instruksi verifikasi seandainya mengalami permasalahan lupa PIN. Email tersebut juga yang akan teman-teman pakai ketika ingin mengurus pencairan uang JHT (Jaminan Hari Tua) secara online. Tidak boleh memakai email yang berbeda dengan e-mail yang dimasukkan ketika pendaftaran akun. Dan kalau kita tidak sanggup lagi mengakses email tersebut akhir lupa password-nya atau lebih parah lupa nama emailnya, tamatlah riwayat akun BPJSTKU kita. Intinya kita sudah kehilangan akun. Mau bikin akun gres dengan email lain juga tidak akan sanggup lantaran data-data kepesertaan dan kependudukan kita sudah terdaftar di email sebelumnya.


Lantas bagaimana cara menangani akun aplikasi BPJSTKu yang lupa emailnya? Saat ini satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan reset akun alias menghapus akun. Nantinya sehabis akun berhasil terhapus kita sanggup bikin akun gres dengan kembali pendaftaran memasukkan data-data kepesertaan dan kependudukan memakai email yang berbeda.

Ada beberapa cara yang sanggup ditempuh untuk mereset akun BPJSTKU yang sudah tidak sanggup diakses akhir lupa email login-nya. Pertama dengan menelepon call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175 atau 15000910, sampaikan keluhan kita bahwa kita lupa email yang dipakai untuk masuk ke aplikasi BPJSTKU dan ingin meresetnya. Nanti kita akan diminta informasi data berupa:

1. Nomor referensi/nomor kepesertaan BPJS TK;
2. Nama lengkap;
3. Tempat dan tanggal lahir;
4. Nama ibu kandung;
5. Nomor EKTP.

Setelah kepesertaan kita terlacak, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mereset akun BPJSTKU kita. Namun proses reset akun tidak sanggup cepat, sanggup memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Makara teman-teman musti bersabar. Jika kita coba pendaftaran akun gres dengan submit data-data kependudukan, tapi muncul pemberitahuan bahwa NIK kita sudah terdaftar itu berarti akun kita masih dalam proses reset. Namun kalau sudah tidak ada notif tersebut, dan ketika submit-submit data berjalan lancar, berarti akun BPJSTKU kita sudah berhasil direset.


Namun teman-teman kami sarankan untuk pakai cara kedua saja, yaitu menghubungi via pesan (inbox) pada halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan. Metode ini tentunya lebih murah lantaran tidak membutuhkan pulsa telepon. Selain itu kalau melalui pesan FB, besok-besoknya kita sanggup konfirmasi bertanya apakah akun BPJSTKU kita sudah berhasil direset atau masih dalam proses.

Pada ketika chat dengan admin Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan kita juga akan diminta data-data kepesertaan mencakup No KPJ, nama lengkap, daerah tanggal lahir, NIK e-KTP, dan nama Ibu kandung. Setelah itu kita tinggal menunggu akun BPJSTKU kita direset. Setelah berhasil reset, silakan menciptakan akun BPJSTKu lagi dengan e-mail yang lain. Silahkan baca tutorial menciptakan akun BPJSTKu yang gres Di Sini.

Seperti itulah solusi mengatasi akun aplikasi BPJSTKu lupa alamat emailnya. Semoga sanggup membantu teman-teman pekerja penerima BPJS Ketenagakerjaan yang tengah mengalami permasalahan tersebut. Dan kalau sudah berhasil mempunyai akun BPJSTKU lagi dengan nama email yang berbeda, catat atau ingat baik-baik alamat emailnya beserta password-nya, semoga problem ini tidak terulang kembali.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Lupa Email Atau Kata Sandi E-Mail Untuk Login Aplikasi Bpjstku? Begini Satu-Satunya Cara Menanganinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel