iklan banner

Begini Cara Menanam Labu Kuning Dengan Mudah

Cara menanam labu kuning – Tanaman labu kuning yakni salah satu jenis tumbuhan komoditas pertanian yang sanggup Anda budidayakan sebagai tumbuhan pangan alternatif. Hal ini lantaran labu kuning mempunyai kandungan karbohidrat, labu kuning juga kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu tumbuhan ini juga mengandung beberapa macam zat yang mempunyai kegunaan bagi kesehatan tubuh. Seperti zat berbentuk betakaroten yang mempunyai fungsi melindungi mata dari serangan katarak, melindungi dari kanker, diabeter, disentri, jantung, serta mengandung anti toxin. Manfaat labu kuning untuk kesehatan sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini


Labu kuning sanggup tumbuh dengan baik pada banyak sekali tempat. Mulai dari tempat yang panas hingga tempat yang berhawa dingin. Namun, tumbuhan ini akan tumbuh lebih maksimal kalau Anda tanam pada tempat tropis, mulai dari dataran rendah dengan ketinggian 1.500 mdpl. Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan baik pada kondisi yang hangat dengan temperatur 18 – 27 derajat celcius.


Cara menanam labu kuning  bisa dikatakan cukup mudah. Baik itu pada langkah penanaman awal hingga pada ketika pemanenan. Sehingga mudah tidak membutuhkan perlakuan yang istimewa. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Adapun cara menanam labu kuning langkah – langkahnya yakni sebagai berikut:


Pembibitan


Pastikan benih yang tumbuhan yang Anda gunakan dalam cara menanam labu kuning mempunyai kualitas yang baik. Untuk mendapat bibit yang berkualitas tersebut sanggup Anda lakukan dengan cara:



  • Memilih bibit dari buah labu kuning yang telah tua.

  • Setelah mendapat buah yang diinginkan, selanjutnya potong melintah buah labu kuning dan ambil bijinya.

  • Cuci higienis biji buah labu kuning dan keringkan di bawah sinar matahari kurang lebih selama 3 – 4 hari.


Biji yang telah dijemur tersebut sehabis 3 – 4 hari sudah sanggup Anda manfaatkan untuk benih. Namun kalau Anda ingin menyimpan benih tersebut maka kemaslah di dalam kertas atau alumunium foil. Penyimpanan akan lebih baik lagi kalau udara yang berada di dalam alumunium foil dihisap keluar dengan memakai alat vacum. Kemudian benih yang dikemas tersebut disimpan dalam toples atau wadah yang telah diberi pelengkap arang atau bubuk gosok.


 Tanaman labu kuning yakni salah satu jenis tumbuhan komoditas pertanian yang sanggup Anda b Begini Cara Menanam Labu Kuning Dengan Mudah
Benih tumbuhan labu kuning-cara menanam labu kuning-vemale

Proses Penanaman


Cara menanam labu kuning selanjutnya yakni menciptakan lubang tanam. Buatlah lubang tanam dengan diameter 25 cm dan kedalamannya 20 cm. Setiap lubang tanam tersebut bisa Anda tambahkan dengan pupuk sangkar atau kompos sebanyak 5 kg. Campur pupuk sangkar dengan tanah bekas galian lubang tanam.


Tutup kembali lubang tanam dengan tanah adonan tersebut hingga membentuk gundukan. Seminggu sehabis itu benamkan dua biji benih labu kuning. Setelah itu taburkan bubuk sekam untuk menghindari serangan hama cacing dan bekicot. Abu sekam sanggup terus Anda taburkan hingga pertumbuhan tumbuhan mencapai ketinggian 25 cm.


Pemeliharaan Tanaman Labu Kuning


Labu kuning akan terus tumbuh dan batangnya akan terus memanjang. Demikian juga dengan cabangnya. Jika sulur dan batang Anda biarkan terus tumbuh dan merambat di tanah sebetulnya tidak dilema lantaran tumbuhan masih bisa berbuah, akan tetapi kualitas dan kuantitas buanya tidak sanggup maksimal.


Untuk itu kami sarankan Anda menciptakan ajir atau para – para sebagai tempat merambat sulur dan cabang tumbuhan labu kuning. Buah labu yang dihasilkan biasanya bisa mencapai berat antara 3 – 5 kg. Oleh lantaran itu pembuatan para – para haruslah dibentuk dengan berpengaruh alasannya satu tumbuhan sanggup menghasilkan buah sebanyak 10. Adapun tips untuk menciptakan para – para dalam cara menanam labu kuning yakni sebagai berikut:



  • Lanjarkan cuilan bambu dengan ukuran 2 m. Kemudian bambu tersebut Anda tanam ke dalam tanah sedalam kurang lebih 0,5 meter dan sisanya sanggup Anda gunakan untuk tiang para – para.

  • Ukuran tinggi tiang para – para sanggup Anda buat seukuran tinggi Anda atau kurang lebih 1,5 meter dari atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan biar Anda gampang dalam melaksanakan pemeliharaan tanaman. Untuk mencegah ambruknya para – para lantaran banyaknya buah dan beratnya buah yang dihasilkan maka satu batang tumbuhan diharapkan sekitar empat batang tiang dan satu turus.


Selama masa pemeilharaan tanama dalam cara menanam labu kuning, maka lakukanlah langkah – langkah perawatan sebagai berikut:



  • Lakukan penyiangan pada lahan tanam sebanyak 2 – 3 kali dari tumbuhan pengganggu. Penyiangan pada cara menanam labu kuning sanggup Anda lakukan pada ketika tumbuhan berumur 10 hari, 3 ahad dan 6 minggu. Pada ketika umur tumbuhan 3 ahad dan 6 minggu, selain melaksanakan penyiangan Anda juga sanggup melaksanakan pembumbunan.

  • Pemupukan pada tumbuhan labu kuning sebetulnya tidak terlalu diharapkan pada masa pemeliharaan ini. Akan tetapi kalau tumbuhan labu kuning terus dibiarkan tumbuh dan berproduksi lebih dari 6 bulan maka setiap 3 bulan sekali perlu Anda berikan pelengkap berupa pupuk sangkar atau kompos dengan takaran 5 kg setiap tanamannya.


 Tanaman labu kuning yakni salah satu jenis tumbuhan komoditas pertanian yang sanggup Anda b Begini Cara Menanam Labu Kuning Dengan Mudah
Budidaya labu kuning-cara menanam labu kuning-harapanrakyatonline

Masa Panen Tanaman Labu Kuning


Langkah terakhir cara menanam labu kuning yakni panen. Tanaman labu kuning bisa Anda panen pada ketika berumur 50 – 60 hari sehabis tanam. Panen sanggup terus dilakukan dengan interval waktu 2 – 3 kali per minggunya. Buah labu kuning yang telah matang mempunyai warna kuning dengan tangkai buah yang telah mengering. Untuk memanennya Anda bisa melaksanakan dengan cara memotong tangkai buah dengan memakai pisau yang tajam. Untuk cara menanam labu siam biar hasil buah maksimal sanggup Anda baca di sini. Klik di sini


sumber gambar: bukalapak





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Begini Cara Menanam Labu Kuning Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel