iklan banner

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya sanggup tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang merata atau sekitar 1.500 – 3.000 mm/tahun. Srikaya sanggup tumbuh pada hampir semua jenis tanah namun media yang paling baik untuk tumbuhan ini ialah tanah berpasir atau berkapur dengan pH 6 – 6,5. Ketinggian tempat yang ideal untuk pertumbuhan tumbuhan srikaya yaitu antara 100 – 1000 mdpl, kondisi suhu lingkungan 20 – 25 derajat celcius. Jika suhu diatas dari utu maka akan menjadikan buah srikaya matang sebelum waktunya.


Buah srikaya tidak hanya populer dengan rasanya yang yummy namun buah ini juga memiliki banyak aneka macam khasiat. Buah yang tumbuh pada kawasan tropis ini memiliki khasiat sebagai anti virus, anti diabetes, anti hipertensi dan juga sebagai anti tumor dan kanker. Buah ini bisa sebagai anti kanker alasannya ialah memiliki kandungan senyawa acetoginin yaitu muricoreasin, squamatocin dan murihexocin. Ketiga senyawa ini memiliki sifat sebagai racun bagi sel – sel kanker. Bahkan berdasarkan penelitian, senyawa squamatocin memiliki kekuatan 100 juta kali lebih besar lengan berkuasa sebagai anti kanker.


Tidak hanya kandungan senyawa – senyawa tersebut saja, buah srikaya memiliki kandungan vitamin C yang bisa menjadi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah srikaya sebanyak 44 %. Untuk memperoleh khasiat tersebut diatas, Anda bisa memulai menanam srikaya di pekarangan rumah. Untuk artikel lengkap perihal manfaat tumbuhan srikaya, baik itu buah, daun dan bijinya bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini


Tips Cara Menanam Srikaya


Cara menanam srikaya bisa Anda mulai dengan menggunakan bijinya langsung. Namun cara ini sanggup menghasilkan buah yang kurang manis, meskipun Anda menggunakan benih dari buah yang rasanya manis. Biji buah srikaya memiliki sifat heterozigot sehingga akan mengalami pemecahan dan kemungkinan akan menghasilkan buah dengan rasa yang kurang manis.


Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara menanam srikaya dengan metode vegetatif yaitu okulasi/sambung pucuk dan cangkok. Salah satu cara untuk menghasilkan bibit yang baik ialah dengan menggunakan perbanyakan vegetatif yaitu sambung pucuk. Sambung pucuk yang dilakukan untuk menghasilkan tumbuhan srikaya yang baik ialah dengan menggunakan entres dari pohon induk yang unggul dan berbuah lebat.


Langkah pertama cara menanam srikaya dengan metode sambung pucuk ialah dengan menentukan cabang dengan daun pucuk yang telah berumur bau tanah dari pohon srikaya yang unggul. Potong cabang entres pada kepingan dasar dan beri sedikit sisa sekitar 5 – 15 cm dari titik tumbuh pada ujung cabang. Siapkan tumbuhan yang akan dipakai sebagai sambungan. Potong batang bawah tersebut dengan ketinggian 10 – 20 cm dan belah batang dengan kedalaman 3 cm dengan menggunakan pisau yang tajam.


Tanaman srikaya sanggup tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang merata at Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif
Cara sambung pucuk srikaya-cara menanam srikaya

Cara menanam srikaya dengan sambung pucuk selanjutnya ialah sayat dua kepingan sisi yang berhadapan pada cabang entres sepanjang 3 cm sehingga membentuk menyerupai pahat. Kemudian sisipkan kepingan entris ke kepingan batang bawah bawah dan tutup tumbuhan dengan menggunakan plastik bening. Setelah tunas mulai tumbuh pada tumbuhan srikaya, buka sungkup atau penutupnya. Jagalah kondisi biar selalu lembab biar pertumbuhan pada bekas luka tetap normal.


Sedangkan untuk mengurangi penguapan, Anda bisa mengurangi daun pada batang entres. Letakkan bibit tumbuhan srikaya pada tempat yang terbuka selama kurang lebih satu ahad biar tumbuhan bisa menyesuaikan diri dengan kondisi di lingkungan sekitar. Jika bibit telah mencapai ketinggian 70 – 100 cm maka bibit srikaya tersebut sudah siap untuk di pindah tanam.


Selama perawatan tumbuhan srikaya, pengendalian hama dan penyakit tumbuhan terutama pada buah sangat penting untuk Anda perhatikan. Hama yang seringkali menyerang pada tumbuhan srikaya ialah lalat buah dan kutu putih.  Kutu putih biasanya bergerombol pada lapisan kulit buah dan akan mengeluarkan cairan anggun sehingga buah akan didatangi oleh semut dan buah akan ditumbuhi cendawan jelaga.


Sedangkan hama lalat buah yang menyerang tumbuhan srikaya akan menciptakan buah menjadi amis dengan banyaknya terdapat larva atau ulat pada kepingan daging buah. Buah srikaya yang terjangkit lalat buah akan jatuh sebelum tua. Untuk mengendalikan kedua hama tersebut Anda sanggup menggunakan insektisidan dengan materi aktif carbaryl. Gunakan insektisida sesuai dengan takaran yang dianjurkan pada label kemasan.


Salah satu jenis srikaya yang sekarang banyak digemari ialah jenis srikaya jumbo. Srikaya jenis ini berasal dari Australia. Untuk mendapat jenis srikaya jumbo ini, maka teknik penanaman yang harus Anda lakukan sempurna dan tidak asal – asalan.


Tanaman srikaya sanggup tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang merata at Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif
Srikaya jumbo-cara menanam srikaya

Terdapat dua cara pembibitan yang bisa Anda lakukan untuk cara menanam srikaya jumbo, yaitu dengan penanaman pada area gres dengan menggunakan bibit muda yang berasal dari perbanyakan vegetatif atau dengan mengganti dari jenis srikaya lokal yang sudah tumbuh sampaumur dengan srikaya jumbo melalui cara top working.


sumber gambar: indiamart, warasfarm, bukapalak





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel