iklan banner

Historiografi Dalam Ilmu Sejarah

Historiografi dalam ilmu sejarah - Penulisan ialah puncak segala-galanya. Apa yang dituliskan, itulah sejarah, yaitu histoire-recite, sejarah sebagaimana ia dikisahkan, yang mencoba mengungkap dan memahami histoire-recite, sejarah sebagaimana terjadinya.

Dan penulisan sejarah inilah yang disebut Historiografi. Hasil pengerjaan studi sejarah yang akademis atau kritis ini, yang berusaha sejauh mungkin mencari kebenaran historis dari setiap fakta, dan bermula dari suatu pertanyaan pokok.

Historiografi bermula dari pertanyaan dan berkembang menuju peningkatan kematangan pertanyaan historis yang diajukan. Tetapi hal itu pun belum ditanyakan itu berasal? Pertanyaan yang didorong oleh rasa ingin tahu hanyalah akan menghasilkan historiografi yang bersifat akurat, keunggulan balasan berhenti dengan kenikmatan.

 yang mencoba mengungkap dan memahami histoire Historiografi dalam ilmu sejarah

Tidak salah secara etika maupun secara ilmiah. Bahkan sejarah sebagai suatu perjuangan untuk merekonstruksikan aspek-aspek tertentu dari kelampauannya, ternyata ialah gagasan yang relatif gres dalam sejarah historiografi. Penulisan sejarah dalam historiografi lebih merupakan ekspresi budaya daripada perjuangan untuk merekam masa lalu.

Historiografi ialah ekspresi budaya

Oleh sebab itu, historiografi ialah ekspresi budaya dan pantulan dan keprihatinan sosial masyarakat atau kelompok sosial yang menghasilkannya. Historiografi yang dihasilkan oleh para literator yang dipelihara oleh penguasa, tentu saja sanggup memperkuat legitimasi serta mempertahankan dasar nilai yang menjadi sandaran ideologi kekuasaan.

Hal ini terlihat terang dalam aneka macam penulisan sejarah tradisional di Indonesia. Historiografi merupakan rekaman perihal segala sesuatu yang pentas dicatat sebagai materi pelajaran perihal sikap yang baik dan sah.

Sebagai ekspresi budaya, historiografi tradisional memantulkan pandangan dunia dari masyarakat yang menghasilkannya. Karena itu, hal ini sanggup menjadi rujukan dalam perjuangan para pendukungnya untuk mengerti dan memenuhi realitas yang berkembang di sekitarnya.

Dengan kata lain, historiografi tradisional merupakan pancaran dari kesadaran perihal segala hal yang masuk akal dan sanggup berfungsi sebagai kerangka untuk memberi interpretasi terhadap situasi. Jadi, tradisi inipun menjadi salah satu unsur dalam menentukan alternatif tindakan dari para pemain drama sejarah.

Baca juga :
Demikian Historiografi dalam ilmu sejarah, biar menjadi catatan sejarah bermanfaat.

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Historiografi Dalam Ilmu Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel