iklan banner

Konsep Kronologi Dalam Ilmu Sejarah

Konsep kronologi dalam ilmu sejarah - Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang mempunyai hubungan dekat dengan kehidupan manusia.

Kehidupan umat insan diliputi oleh aneka macam perkembangan, baik dalam taraf yang sangat sederhana hingga kepada taraf yang lebih kompleks.

Bahkan, setiap masa dalam kehidupan umat insan selalu diliputi oleh aneka macam insiden peristiwa. Peristiwa itu dapat besar seperti:

Ilmu sejarah - Bisa juga insiden kecil yang meliputi sebagian kecil dari umat manusia, menyerupai kenaikan tahta seorang raja, perkawinan dua orang berlawanan jenis dan lain sebagainya.
 Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang mempunyai hubungan dekat dengan kehidupan insan Konsep kronologi dalam ilmu sejarah

Dengan kompleksnya peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat insan pada setiap masa, maka setiap insiden perlu diklasifikasikan menurut bentuk dan jenis-jenis insiden tersebut. Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan tersebut disusun secara kronologis menurut urutan waktu insiden dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Dengan demikian, konsep kronologi yaitu suatu konsep dalam ilmu sejarah yang sangat penting manfaatnya. Tanpa konsep kronologi ini, penyusunan peristiwa-peristiwa sejarah akan mengalami kerancuan dan dikhawatirkan bahwa insiden yang terjadi dari satu masa atau zaman akan masuk ke bab masa atau zaman yang lain.

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Konsep Kronologi Dalam Ilmu Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel