iklan banner

Bentuk Akar Dan Akar Pangkat N

Bentuk Akar dan Akar Pangkat n - merupakan bentuk lain dari perpangkatan. akan membagikan dan Akar Pangkat n mengenai konsep dan penerapan bentuk akar dalam permasalahan.


Bentuk Akar dan Akar Pangkat n


Perhatikan bentuk-bentuk berikut ini

Namun perhatikan pula bentuk-bentuk berikut

 Jika kita amati tidak ada bilangan b, bilangan rasional yang memenuhi nilai akar-akar bilangan di atas. Bentuk-bentuk tersebut disebut dengan bentuk akar. Bentuk akar merupakan bilangan irrasional.



Akar Pangkat n


Pada problem mencari rusuk suatu kubus bila volume diketahui, maka kita akan berhadapan dengan bentuk akar yang lain, yaitu akar pangkat tiga.  Misalkan diketahui volume suatu kubus yakni 64 cm3, berapakah panjang rusuk kubus tersebut?
Misal panjang rusuk tersebut yakni p, maka volume kubus adalah
 V = p × p × p
= p3
Dengan demikian diperoleh p3 = 64. Bagaimanakah kita memperoleh p? Ingat bahwa
64 = 43, dengan demikian  p = 4.
Penerapan Bentuk Akar dalam perkara nyata
Perhatikan beberapa perkara berikut ini.
     1.      Jika diketahui sebuah lapangan berbentuk persegi yang memiliki luas 121 m2, berapakah ukuran sisi lapangan tersebut?
     2.      Misalkan diketahui volume suatu kubus yakni 125 cm3, berapakah panjang rusuk kubus tersebut?
     3.      Sebuah kerangka atap rumah berbentuk segitiga sama kaki, bila panjang alasnya 6 m, dan tingginya 4 m, berapa panjang sisi kerangka atap rumah yang lain?
Ketiga perkara di atas merupakan perkara sederhana yang diselesaikan dengan memakai akar kuadrat.
Pada soal nomor 1, menyerupai yang sudah kita ketahui bahwa luas sebuah bidang yang berbentuk persegi yakni panjang sisi × panjang sisi. Jika panjang sisi lapangan disimbolkan dengan s, luas lapangan tersebut yakni s2 = 121 m2. Sehingga 

Demikian juga untuk perkara berikutnya, semuanya melibatkan penyelesaian dengan akar kuadrat. Lanjutkan perkara nomor 2 dan nomor 3 sebagai latihan.


Terimakasih telah mencar ilmu Bentuk Akar dan Akar Pangkat n bersama kami. Sekian yang sanggup kami sampaikan. Asahlah kemampuanmu dengan melaksanakan latihan memecahkan perkara sebanyak mungkin. Kemudian selamat anda mencapai prestasi yang gemilang. Salam Matematika !!


Sumber http://partner-matematika.blogspot.com

0 Response to "Bentuk Akar Dan Akar Pangkat N"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel