iklan banner

Rumus Peluang Suatu Kejadian


Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian biar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Rumus Peluang Suatu Kejadian , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Melempar koin ialah suatu kebiasaan yang dilakukan dalam memilih siapa yang lebih dahulu, siapa yang menempati posisi tertentu, atau yang lainnya dalam sebuah pertandingan atau permainan. Hal tersebut dilakukan alasannya ialah koin mempunyai dua sisi dengan gambar yang berbeda sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam penentuan suatu kejadian. Hal ibarat itu pun termasuk dalam ilmu matematika yaitu perihal peluang suatu kejadian. Kali ini saya akan membahas perihal rumus peluang suatu kejadian.

Pengertian Peluang Suatu Kejadian

Peluang ialah "suatu kemungkinan yang akan terjadi pada sebuah peristiwa". Peluang suatu kejadian dapat dihitung dengan matematika yang biasa kita sebut dengan prediksi. Namun beda dengan cara memprediksi seorang peramal, klo seorang peramal mereka memakai ilmu spiritual untuk memprediksikan suatu hal. Nah klo dalam ilmu matematika, kita memprediksi suatu hal menurut kecerdikan atau menurut ilmu yang faktual (exak).  

Rumus Peluang Suatu Kejadian

Keterangan :
P : Peluang Suatu kejadian
A : Kejadian A (hanya simbol sebuah kejadian)
n : Banyaknya suatu kejadian
S : Seluruh Kejadian

Makara maksud rumus di atas adalah, peluang suatu kejadian dilambangkan dengan "P" diamana hanya diambil aksara depan dari kata "Peluang". Untuk suatu kejadian kita lambangkan dengan "A" saja, tujuannya untuk mempermudah saja. Dan untuk lambang "n" ialah lambang yang menunjukalan banyaknya nilai suatu kejadian, lambang tersebut di ambil dari aksara depan kata "nilai". Makara untuk simbol banyaknya nilai seluruh kejadian diberi simbol "n(S)" dan banyaknya nilai suatu kejadian dilambangkan dengan "n(A)".
Kita masuk ke teladan soal,
Contoh :
Pada pelemparan sebuah dadu, tentukanlah peluang kejadian munculnya bilangan genap!!!!!

Jawab :
Untuk menuntaskan soal ibarat ini pertama kita cari dahulu jumlah bilangan genap yang ada pada sebuh dadu. Ternyata dalam sebuah dadu ada 3 bilangan genap yaitu 2, 4, dan 6, maka :
A = {2, 4, 6}
n(A) = 3
Kemudian cari banyaknya semua bilangan yang ada pada dadu, ternyata pada sebuah dadu ada bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Maka :
S = {1, 2, 3, 4, 5 ,6)
n(S) = 6
Kemudian sehabis kita menemukan n(A) dan n(S), kita masukan n(A) dan n(S) ke dalam rumus peluang suatu kejadian, mejadi :
P(A) = n(A) / n(S)
P(A) = 3/6
P(A) = 1/2
Makara peluang dari munculnya bilangan genap pada satu kali pelemparan sebuah dadu ialah 1/2 atau 50%.

Kesimpulan :

Makara untuk memilih sebuah peluang suatu kejadian itu kita harus mengetahui nilai banyaknya suatu kejadian dan banyaknya seluruh kejadian. kemudian gres kita selesaikan dengan memakai rumus P(A) = n(A) / n(S)

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Untuk menambah pengetahuan baca juga artikel perihal :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

0 Response to "Rumus Peluang Suatu Kejadian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel