iklan banner

✔ Pola Surat Pengunduran Diri, Pengertian, Cara Membuat

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri / resign. Kami akan mengupas tuntas mulai dari pengertian, cara membuat, hingga contoh yang baik dan benar yang kami sajikan khusus untuk pembaca.


Mengundurkan diri merupakan sesuatu yang masuk akal dilakukan oleh siapapun yang sedang berada di dalam sebuah tanggung jawab perusahaan, organisasi, maupun instansi yang lainnya. Karena menyerupai yang sudah kita semua ketahui bahwa seseorang bebas untuk memilih jalan hidupnya masing-masing dan bertanggung jawab atas sesuatu yang menjadi pilihannya.


Alasan mengapa seseorang mengundurkan ini bermacam-macam, contohnya ada proposal yang proposal lebih menarik, ada yang mengundurkan diri lantaran sudah tidak betah, ada yang merasa sudah tidak sejalan dan tidak sepemikiran dengan jalan hidup yang sedang dijalaninya, dan yang lainnya.


Tetapi yang lebih jelas, seseorang yang mengundurkan diri tersebut merupakan orang-orang yang menginginkan keadaannya menjadi lebih baik dari kehidupan yang sebelumnya. Terkecuali orang-orang yang mengundurkan diri untuk sebuah pelarian, maksudnya yakni mereka yang lari dari tanggung jawabnya.


Sebelum kita memperlihatkan contoh ihwal contoh surat pengunduran diri sebaiknya anda simak dulu pengertian dari surat pengunduran diri. Kenapa demikian? ini bertujuan supaya anda tidak salah mengartikan antara surat pengunduran diri dengan surat yang lainnya. Mari eksklusif saja kita simak pengertian surat pengunduran diri bersama-sama di bawah ini.


Pengertian Surat Pengunduran diri


Surat pengunduran diri ialah surat untuk menyatakan jikalau dirinya berhenti bekerja dari kawasan dimana dirinya bekerja, baik itu bekerja di kantor pemerintahan atau bekerja di perusahaan swasta.


Terdapat banyak alasan seorang pegawai untuk mengundurkan diri diantaranya ialah dari duduk perkara honor yang tidak sebanding dengan pekerjaan yang diberikan / honor kecil, merasa dirinya tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, merasa dirinya bosan dengan pekerjaan dan ingin mencoba pekerjaan yang gres di kawasan yang lain, dirinya tidak mendapatkan kenaikan pangkat / jabatan dan yang lainnya.


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
https://autotekno.sindonews.com

Setelah anda mengerti apa yang dimaksud dengan surat pengunduran diri beserta alasanannya, sekarang saatnya anda menyimak cara membuatnya, ini dengan maksud dan tujuan supaya anda tidak salah dalam menciptakan surat pengunduran diri.


Konsep cara menciptakan surat pengunduran diri gotong royong tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja. Dimana inti dan maksud dari kedua surat itu ialah sama-sama mengajukan permohonan. Yang satu mengajukan permohonan kerja supaya di terima dan yang satunya lagi mengajukan permohonan supaya dirinya diijinkan berhenti dari pekerjaan maupun dari keanggotaan.


Fungsi dari surat pengunduran diri ini sendiri digunakan untuk pengunduran diri kerja, pengunduran diri dari keanggotaan organisasi, mahasiswa, jabatan maupun yang lainnya. Di bawah berikut ini ialah cara menciptakan surat pengunduran diri yang baik dan benar.


1. Pakailah Bolpoint Tinta Warna Biru atau Warna Hitam.


Kalau anda menciptakan surat pengunduran diri dengan cara manual atau lebih dikenal dengan goresan pena tangan, sebaiknya pakai bolpoint dengan tinta warna biru atau tinta warna hitam. Hindari pemakaian tinta selain warna yang disebutkan tadi, lantaran tinta warna biru atau tinta warna hitam memperlihatkan kesan formal dan resmi, sebaliknya juga selain kedua warna itu.


2. Memakai Bahasa Yang Sopan dan Santun


Jika anda menciptakan surat pengunduran diri, pakailah bahasa yang baik, sopan, dan santun. Maksud dari bahasa yang baik di sini yakni bahasa yang praktis di pahami dan praktis untuk di mengerti kepada siapapun yang sedang membacanya. Sebaiknya hindari pemakaian bahasa yang gaul atau bahasa sehari-hari.


3. Menyampaikan Maksud dan Tanpa Harus Bertele-tele


Sesudah mengucapkan salam pembuka dan penghormatan, sebaiknya sampaikan maksud dari inti surat itu yang isinya yakni surat untuk mengundurkan diri. Sampaikan dengan menggunakan bahasa yang simpel, sopan, santun, sederhana dan tidak menyinggung pihak manapun. Sampaikan pula alasan yang mendasari anda mengundurkan diri.


4. Menyampaikan Ucapan Terima Kasih


Menyampaikan ucapan terima kasih jangan hingga dilupakan. Karena anda sudah diberikan kesempatan sanggup bergabung dengan perusahaan, organisasi maupun instansi. Sampaikan pula ucapan terima kasih atas pengalaman yang sangat berharga yang di dapatkan selama bergabung dengan perusahaan ataupun organisasi. Dengan memberikan terima kasih hal tersebut memperlihatkan jikalau kita bersikap sopan dan mengakui jasa mereka.


5. Penyelesaian Tanggung Jawab


Sesudah terkirimnya surat pengunduran diri, itu bukan artinya anda lepas dan terbebas dari semua beban pekerjaan juga tanggung jawab yang anda emban. Anda masih mempunyai kewajiban menuntaskan tuga terakhir hingga waktu yang sudah ditentukan. Atau hingga selesainya kiprah terakhir yang terdapat di dalam tanggung jawab anda.


Sampaikan pula ihwal penyelesaian kiprah dan tanggung jawab terakhir anda dalam surat pengunduran diri yang sedang anda ajukan. Sampaikan tanggal atau waktu batas terakhirmu bekerja. Dapat juga anda ejekan masa terakhirmu bekerja ialah sehabis menuntaskan kiprah juga tanggung jawab terakhir yang sedang anda tangani.


Manfaat / Tujuan Surat pengunduran Diri


Dengan menciptakan surat pengunduran diri, anda akan memperoleh manfaat menyerupai berikut ini.


1. Akan Terlihat Lebih Terhormat dan Lebih Profesional


Setiap keputusan yang sedang anda ambil harus dibarengi dengan adat dan juga nilai-nilai kesopanan, jangan hingga menghilang begitu saja. Apalagi di dalam dunia kerja, terdapat banyak sekali peraturan dan watak perusahaan yang wajib anda taati.


Pada ketika anda mengundurkan diri dengan cara yang sopan dan baik, perusahaan akan eksklusif menilai anda sebagai pribadi yang benar-benar bertanggung jawab, terhormat, juga mempunyai tata krama. Sangat berbeda kalau anda kabur dari perusahaan kawasan anda bekerja tanpa adanya surat pengunduran diri.


2. Perusahaan Akan Mempunyai Kesempatan Untuk Mencari Pengganti Untuk Mengisi Posisi Yang Sedang Anda Tinggalkan


Surat Pengunduran diri atau resign diajukan umumnya sebelum waktu anda mengundurkan diri. Misalnya anda ingin resign pada tanggal 25 september 2016, maka sebelum tanggal itu, anda sudah mengajukan surat pengunduran diri.


Hal tersebut perlu anda lakukan dengan tujuan untuk menghargai kawasan anda bekerja, tugas-tugas anda selama ini tidak akan terbengkalai begitu saja, dan meninggalkan kesan yang sangat jelek kepada diri anda.


Contoh Surat Pengunduran Diri


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
https://www.maxmanroe.com

Kalau anda mempunyai niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan ( Resign), di bawah ini kami sudah menyajikan banyak sekali contoh surat pengunduran diri dengan banyak sekali jenis posisi. Langsung saja kita simak bersama-sama contoh surat pengunduran diri di bawah berikut ini.


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Jakarta, 04 September 2018


Kepada


Yth. Pimpinan


PT. Sinar Karya Maju


Jakarta


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : Riko Bayu Aditia


Alamat : Jln. Veteran usang Gg. 11 No. 22 Jakarta


Jabatan : Sekretaris


Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan yang Ibu pimpin, terhitung pada tanggal 06 September 2018.


Saya mengucapkan banyak terima kasih lantaran perusahaan anda sudah memperlihatkan kesempatan kepada saya untuk bekerja dan berguru secara profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang anda berikan selama ini, baik bimbingan eksklusif maupun bimbingan secara tidak langsung.


Saya juga memohon maaf lantaran sudah tidak lagi menjadi bab perusahaan yang ibu pimpin. Saya sangat berharap dan selalu berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan semakin berkembang.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tanpa paksaan dari siapapun.


Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan Kabag. IT Support.


 


Hormat saya,


Riko Bayu Aditia


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi


Kediri, 19 September 2018


Kepada


Yth. Kepala PT. Karya Indah Sentosa


di Jln. Panjaitan no 12 Kediri


Kediri


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Bintang Utama, menurut Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan Undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;


Nama : Andre Suseno


Departemen : Informasi dan Pemasaran


Jabatan : Sales


No. Karyawan : B335 8876


Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Utama lantaran urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat menurut dengan mekanisme kekerabatan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya sangat berharap anda sanggup mengerti dan mendapatkan permohonan saya, serta memperlihatkan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan sumbangan yang telah anda berikan selama ini, saya mengucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya,


 


Andre Suseno


 


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Hotel


Surabaya, 05 September 2018


Kepada Yth. Kepala Bagian HRD


Hotel Mochacino


Jln. Gubeng Jaya Surabaya


Dengan Hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : Anggun Sekar Kinanti


Tempat/Tgl Lahir : Sidoarjo, 24 Mei 1994


Alamat : Surabaya


Jabatan  : General Accounting Hotel Mochacino


Dengan adanya surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 07 September 2018 dengan alasan akan mendirikan perjuangan sendiri sesuai dengan keinginan dan keinginan saya selama ini. Segala hal yang berkaitan  dengan kiprah juga tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mochacino akan saya laksanakan hingga masa pengunduran diri saya.


Saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, saya juga meminta maaf lantaran tidak sanggup lagi menjadi bab dari perusahaan Hotel Mochacino, Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan saya selama bekerja.


Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada paksaan juga tekanan dari pihak manapun. Atas pengertian yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.


Hormat saya,


 


Anggun Sekar Kinanti


 


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
https://www.monster.com

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Sumber Pintar saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : Andik Firmansyah


Jabatan di BEM : departemen Kesekretaritan dan Informasi


Fakultas : Sastra – Sastra Inggris


NIM : 12356541


Alamat : Jln. Harapan Indah, Rt. 02/04 No. 12, 60111. Surabaya


Telp : 085232545677


Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Ekssekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumber Pintar dengan alasan kesehatan yang sedang terganggu sehingga harus melaksanakan perawatan di luar kota. Oleh lantaran itu untuk menjaga roda organisasi, untuk pengganti posisi yang sedang saya tinggalkan, saya menyerahkan semuanya kepada ketu BEM.


Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kalau selama berproses di organisasi ini saya banyak melaksanakan kesalahan-kesalahan dan juga hal-hal yang kurang berkenan.


Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan juga tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Saya sangat berharap Ketua Bem juga seluruh jajarannya mengerti dan memahami dengan keadaan saya. Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Yang menyatakan *materai 6000 (Andik Firmansyah)


 


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Bank


Malang, 08 November 2017


Kepada Yth.


BANK NASIONAL INDONESIA


Jl. Puri Indah GD Graha National Tower C LT 2 Malang


Dengan hormat,


Bersama dengan surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di BANK NASIONAL INDONESIA atau :


Nama : Fatimah


Alamat : Jl Manggis No. 12 Pujon, Malang


Dengan ini saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk bekerja dan berguru di BANK NASIONAL INDONESIA sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di Admin Support (Vertifikasi) di BANK NASIONAL INDONESIA kurang lebih selama 2 tahun.


Tidak lupa saya juga memohon maaf kepada semua karyawan juga jajaran Management BANK NASIONAL INDONESIA jikalau ada hal-hal yang tidak baik baik di sengaja atau tidak di sengaja yang sudah saya lakukan selama bekerja di BANK NASIONAL INDONESIA


Saya selalu berharap dan berdoa supaya BANK NASIONAL INDONESIA menjadi perusahaan yang terus maju dan makin sukses.


Hormat Saya,


 


Fatimah


 


6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
http://keajaibanmenulis.com

Bali, 27 Maret 2017


Yth. Bayu Kurniawan M .B. A


Direktur PT. Sempurna Jaya


Jalan Melati 44


Bali


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya Tomi Siswoyo bermaksud ingin mendurkan diri darI PT. Sempurna Jaya sebagai Operator Komputar, terhitung semenjak tanggal 27 Maret 2017


Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Sempurna Jaya. Saya juga ingin meminta maaf kepada seluruh karyawan dan management PT. Sempurna Jaya jikalau ada kesalahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.


Saya sangat berharap PT. Sempurna Jaya sanggup terus berkembang dan selalu memperoleh yang terbaik.


Hormat Saya,


 


Ttd


Tomi Siswoyo


Read: Contoh Surat Resmi Beserta Pengertian, Jenis, Cara Membuat


7. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
http://www.contohsuratmu.com

 


8. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan


 


Yogyakarta, 27 Maret 2017


kepada Yth.


HRD. Manager


PT…………………….


INDONESIA


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya……………(Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari……………(Nama Perusahaan Tempat Anda Bekerja) sebagai……………(Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung semenjak tanggal……………(tanggal pengunduran diri anda).


Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di ……………(Nama Perusahaan kawasan Bekerja). Saya juga meminta maaf kepada semua karyawan dan manajemen……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja). Saya juga meminta maaf kepada semua karyawan dan managenen……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja) jikalau terdapat kesalahan yang sudah saya perbuat selama bekerja.


Saya berharap selalu……………(Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sanggup terus maju dan berkembang juga selalu memperoleh yang terbaik.


Hormat Saya,


 


(Nama Lengkap Anda)


 


9. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
http://madanionline.org

Kepada Yth.


Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bantul


Jl. Pring gading Km. 13 Bakalan Bantul


Yogyakarta


Perihal : Pengunduran Diri


Dengan Hormat,


Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                            : Suwito S.Pd.


Tempat, Tanggal Lahir  : Banjar, 28  Maret 1981


Jabatan                          : Guru Bahasa Indonesia


NIP                                : 2234556755646656


Alamat                           : Jl. Merdeka Km. 14 Selur Bantul Yogyakarta


Secara resmi terhitung semenjak hari Kamis tanggal 2 bulan Nobember Tahun 2016 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Bahasa Indonesia di Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bantul.


Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang sudah di berikan kepada saya oleh pihak Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bantul dimana saya sanggup bekerja serta mengajar siswa-siswi. Juga tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebanyak-banyaknya kepada jajaran komite, guru, serta para staff Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bantul jikalau ada hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.


Besar harapan saya jikalau Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bantul sanggup menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu di bidang akademik ataupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul bagi penerus bangsa.


Hormat Saya,


 


Suwito. S.Pd


 


10. Contoh Surat Pengunduran Diri Simple


Kepada Yth.


HRD Manager


PT. Nama Perusahaan


Alamat Perusahaan


Bandung


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya ( Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sebagai (Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung semenjak tanggal (tanggal pengunduran diri anda).


Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) jikalau terdapat kesalahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.


Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sanggup terus berkembang dan selalu memperoleh yang terbaik.


Hormat Saya,


 


Nama Lengkap Anda


 


11. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan


Kalimantan, 2 April 2018


Kepada


Yth. Human Resowrce


PT Jaya Mandiri


Jl. Panjaitan 2 Palembang


Dengan hormat,


Bersama dengan surat ini, saya sebagai Manager Proyek di PT Jaya Mandiri, menurut keputusan direksi, saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama : Luki Wibowo


Departemen : Pengembangan dan Riset


Jabatan : Manager Proyek


ID Karyawan : EMP- 102


Berniat untuk memberikan pengunduran diri saya dari jabatan Manager Proyek terhitung semenjak tanggal 11 juli 2018.


Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang sudah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi orang yang lebih profesional lagi. Saya juga memberikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi Jaya Mandiri dengan teman-teman di departemen Pengembangan dan Riset kalau selama ini ada banyak kesalahan baik yang disengaja atau yang di sengaja.


Demi kelancaran kiprah jabatan proyek manager, saya berkenan untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT Jaya Mandiri bis terus berkembang lebih baik lagi.


Hormat Saya,


 


Luki Wibowo


 


12. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
http://www.mpssoft.co.id

13. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris


Pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan info ihwal surat pengunduran diri  ✔ Contoh Surat Pengunduran diri, Pengertian, Cara Membuat
https://www.kaskus.co.id

Oktober,5, 2016


To: Mr. Sarman Walker


HRD Departement


PT Pertamina Tbk


Dear Mr. Sarman Hidayat:


I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective 16 Juni, 2018.


Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last one years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the ecouragement you have given me in pursuing my proffesional and personal growth objectives.


If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamles passing of my responsibilites to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.


Sincereli


 


Joseph Alfredo


 


14. Contoh Surat Pengunduran Diri Osis


Surabaya, 12 Juli 2017


Kepada Yth. Ketua OSIS Sekolah Menengah kejuruan 2 Rungkut


Surabaya


Dengan Hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : Arif Budi Kurnianto


Jabatan : Sekretaris


No. Induk Siswa: 008538


Bermaksud mengajukan surat permohonan diri dari jabatan tersebut dikarenakan akan berpindah ke sekolah lain. Tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih lantaran kesempatan yang sudah diberikan kepada saya. Permintaan maaf tidak luoa sata ucapkan jikalau selama menjadi pengurus saya melaksanakan kesalahan baik kesalahan yang di sengaja atau kesalahan yang tidak di sengaja. Harapan saya, semoga Osis Sekolah Menengah kejuruan 2 Rungkut semakin maju dan banyak berkembang.


Hormat Saya,


 


Arif Budi Kurnianto


Itulah yang sanggup kami sampaikan mengenai contoh surat pengunduran diri yang sanggup dijadikan sebuah acuan, Bukan hanya mmemberikan contoh saja, namun artikel ini menyajikan pengertian, cara membuat, hingga manfaat. semoga membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.



Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Pola Surat Pengunduran Diri, Pengertian, Cara Membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel