iklan banner

✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Bak Terpal Maupun Modern

Cara Budidaya Lele – Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukses saya dalam cara budidaya lele, baik lele jenis sangkuriang maupun lele dombo nantinya kalian insyaalloh bisa sukses.


Seiring dengan kemajuan dan ke modernisasi jaman jadi kitapun melaksanakan pembudidayaan juga harus bisa lebih modern lebih simple namu tidak mengurangi besarnya panen. Nah berikut ini kami akan menawarkan ulasan mengenai cara budidaya lele dengan terpal, cara budidaya lele dengan kolam modern. Yuk pribadi saja simak informasinya mengenai cara budidaya lele berikut ini.


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Hay teman relawan. Tentunya kalian sudah pada tahu kan dengan yang namanya ikan lele. Di Negara Indonesia kita tercinta ini ada banyak jenis ikan lele guys, nah kali ini kita akan membahas jenis ikan lele, perawatan hingga cara untuk membudidayakannya.




  • Berikut ini ialah jenis – jenis ikan lele yang terdapat di Indonesia




      1. Lele Lokal


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


      Lele jenis lokal ini orisinil dari perairan Indonesia. Dengan bahasa latin (Clarias blatrachus). dikenal semenjak tahun 1975, lele jenis ini masih banyak digemari masyarakat sebab dagingnya gurih dan tidak mempunyai banyak lemak. Lele jenis ini juga mempunyai patil yang lancip dan berbahaya kalau mengenai tangan insan bisa luka. Kelemahan lele ini kalau dibudidayakan yaitu sangat lambat untuk pertumbuhannya sehingga untuk mencapai bobot 500 gram membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun


      2.Lele Dumbo


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Lele jenis dumbo berdasarkan para pakar perikanan ialah lele dari perairan Taiwan. Lele ini diperkenalkan di Indosesia semenjak tahun 1985. Ikan persilangan antara Clarias gariepinus dan Clarias fuscus ini mempunyai keunggulan yang luar biasa, tidak tidak mungkin di sukai banyak kalangan pembudidaya ikan lele ataupun pengkonsumsi ikan lele. Selain rasanya enak juga ikan lele jenis ini sanggup diperbudidayakan dengan cepat. Kebal dari penyakit juga pertumbuhannya cepat. Tetapi lele jenis ini rasanya masih kalah dengan lele lokal, tekstur dagingnya sedikit agak lembek dan mempunyai lemak yang lumayan.


Fakta wacana lele dumbo ini kalau stres akan nampak bercak putih pada pecahan tubuhnya, dan akan hilang kalau kondisi kolam normal kembali.


      3. Lele Sangkuriang


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Lele jenis sangkuriang ini dikembangkan pada tahun 2010, berdasarkan pakar perikanan ialah perbaikan genetika dari lele dumbo yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). Perbaikan ini diawali penurunan kualitas indukan lele dumbo alias perkawinan dengan kerabatnya sendiri. Perkawinan silang balik ini dilakuklan dengan cara mengawinkan indukan betina generasi ke-2 dengan penjantan generasi ke-6. Yakni sediaan indukan yang ada di BBPBAT.


lele jenis sangkuriang ini ternyata lebih unggul daripada lele dumbo. Tetapi lele jenis ini belum dilepas ke kalangan umum.


      4. Lele Phyton


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


      Lele jenis phyton ini berdasarkan pengukuhan para pakar, dahulu petani di pandeglang pada resah sebab bibit lele yang dikembang biakkan pada mengalami kematian massal, ternyata benih lele yang di kembang biakkan tidak cocok dengan iklim di desa setempat yang bersuhu dingin. Dan pada alhasil sekelompok petani melaksanakan eksperimen untuk menyilangkan indukan lele jenis Thailand dengan lele jenis dumbo F6, dengan hasil lele yang sanggup tahan di suhu hambar dan cuaca yang tidak mengecewakan hambar hingga lele tersebut bertahan 90%.


Lele phyton mempunyai kepala menyerupai mirip ular phyton dan mempunyai sungut, badan tidak mengecewakan panjang dan ekor lebih bulat.


faktanya lele jenis pyton ini ialah jenis lele satu-satunya yang dikembangbiakkan di Profinsi Banten yang bisa terhadap cuaua dingin.


      5. Lele Masamo


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


    Lele masamo ialah salah satu lele yang di biakkan di pabrik pakan di Mojokerto, Jawatimur. Disebut dari pengembangannya, lele ini ialah hasil adonan genetik 7 strain lele yang berasal dari banyak sekali negara. Alhasil lele masamo ini mempunyai beberapa keunggulan menyerupai pertumbuhan yang cepat, tahan terhadap penyakit, dan yang palung menonjol ialah rakus terhadap kuliner dan bernafsu terhadap makan, tapi mempunyai efisiensi makan tinggi.


Ciri-ciri lele masamo antara lain yaitu, kepalanya lonjong seprti sepatu pantofel, adanya pola-pola menyerupai tahi lalat di sekujur tubuhnya, dan mmiliki tonjolan di sekitar kepalanya.


Lele masamo sempat menjadi rebutan calon idukan sebab indukan lele jenis ini lebih mahal 2 – 4 dibandingkan dengan lele jenis lainnya.


     6. Lele Mutiara


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


     Lele mutiara ini akhir-akhir banyak di perbincangakan para petani ikan lele sebab kualitas lele ini lebih unggul dari jenis ikan lele sebelumnya. Lele jenis ini dikembang biakkan di Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamadi, Subang, Jawa Barat.


Lele mutiara ialah hasil dari persilangan antara lele dumbo lokal dengan lele mesir, lele phyton dan lele sangkuriang,


Dilansir dari BPPI Subang, lele ini mempunyai keunggulan antara lain, laju pertumbuhan 10 – 40% lebih tinggi dari lele jenis lainnya, usang pemeliharaan lebih singkat dari lele jenis lainnya, rasio pakan lebih rendah daripada lele lainnya, daya tahan badan lele ini sangat baik atau kebal terhadap penyakit, dan toleransi lingkunganrelatif tinggi.


Faktanya lele jenis mutiara ini diambil dari namanya MUTIARA yaitu akronim dari Mutu Tinggi Tiada Tara.




  • Berikut ini ialah cara merawat ikan lele yang benar





1. Umur 1 – 4 Hari


Pada dasarnya lele umur 1-4 hari ialah umur yang paling rawan. kalau kita salah menjaga akan banyak yang m,ati. maka dari itu kita harus benar-benar bisa nemjaga suhu air di kolam. Karena suhu air sewaktu-waktu akan berubah, jadi untuk menjaga supaya tetap menjaga suhu air, kita sanggup menawarkan kultur plankton pada kuliner si lele tersebut, kultur plankton bisa kita dapatkan pada kuning telur ayam.


2. Umur 5 – 15 Hari


Saat lele berusia 5 – 15 hari kita sudah tidak perlu memberi kultur plankton, sebab cadangan kuning telur sudah habis, ketika usia ini kita sanggup menawarkan kuliner cacing sutra atau cacing darahagar gizinya terpenuhi. tebarkan secara merata di kolam ikan lele dan berikan dengan porsi yang sedikit.


Agar lebih efisien, lakukan pinjaman cacing ini dalam waktu 2 hari sekali. dan lakukan penggantian air 50% di kolam supaya tidak terjadi stres pada bibit lele.


3. Umur 15 -25 Hari


Saat ikan lele memasuki umur 15 – 25 hari, kita sudah bisa menawarkan makanan  berupa pelet lembut atau serbuk. Usahakan pinjaman pelet serbuk atau pelet lembut ini 4 kali sehari sebanyak 30% dari banyaknya benih lele. Jangan terlalu banyak memberi makanan. Dikarenakan bisa mengurangi populasi di dalam kolam , dan pisahkan lele dengan ukurannya yang sama. Agar lele sanggup tumbuh pesat.


4. Umur 25 – 30 Hari


Saat ikan lele berumur 25 -30 hari, kita sudah bisa memberinya kuliner pelet ukuran kecil menyerupai F-1000. Saat usia i9ni lele sudah nampak terang kelihatan ukurannya, panjang dan besar. ketika umur sudah mencapai 25 -30 hari kita juga harus melaksanakan pemisahan berdasarkan ukurannya supaya perkembangan lele bisa lebih maksimal.


5. Umur 30 – 40 Hari


Ikan lele berumur 30 -40 hari merupakan dimana ikan lele siap dipanen. Saat usia ini kita tetap harus pisahkan ikan lele berdasarkan ukuran. Lakukan seleksi beberapa kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kolam supaya ikan lele tidak stres. Sedangkan untuk makanan, kita bisa menawarkan pelet dengan ukuran F-999. Karena ukuran lele sudah sangat besar, dan kuliner yang harus di konsumsi juga harus mempunyai kandungan protein yang besar pula.




  • Berikut langkah langkah mengawali cara budidaya lele kusus pembesaran




1. langkah pertama cara budidaya lele yaitu Persiapkan lahan dan tempat


Persiapkan daerah atau kolam jauh jauh sebelum bibit sudah tersedia, sebab daerah atau kolam tersebut harus kalian uji coba di isi air dengan ukuran sesuai asumsi seberapa nantinya bisa menampung jumplah banyaknya lele yang akan diisikan.


2. langkah kedua cara budidaya lele yaitu Persiapkan bibit yang berkualitas


Yang benar benar berasal dari indukan yang sudah cukup umur, jadi jikalau anda tidak memproduksi bibit sendiri atau beli pastikan beli di daerah _ daerah yang terpercaya atau ke sobat yang terpercaya,


Karena dengan benar_benar bibit yang super diharapkan nantinya perkembangan serta bobot dan pertumbuhanya lebih cepat dan memuaskan dibanding dengan bibit yang sembarangan.


3. langkah ketiga cara budidaya lele yakni Pemberian pakan yang full nutrisi untuk kebutuhan lele


Untuk pinjaman pakan maka anda bisa memakai pakan lele yang organik, contohnya bisa berupa bekicot,keong,daun talas dan dan sampah sampah kuliner dari warung nasi yang sanggup kalian cari gratis dan pinjaman maggot black soldier fly sebab bisa mendorong pertumbuhan lele dengan lebih maksimal.


Dengan memakai system pinjaman makan tersebut diharapkan para pembudidaya lele bisa menghemat pakan dan lebih ekonomis pengeluaran dalam bidang makanan, bahkan penghematan yang sudah saya alami tersebut bisa mencapai ekonomis 30 %.


4. dan langlah keempat cara budidaya lele yaitu Pemisahan indukan lele


Sebelum kita mencari indukan lele yang bagus, kita harus bisa membedakan indukan lele jantan dan lele betina dulu.


Berikut ciri-ciri ikan lele pejantan dan betina.




  • Ciri – ciri ikan lele jantan




a. Kulit lebih halus daripada indukan ikan lele betina.


b. Perutnya lebih langsing dan panjang bila dibandingkan indukan ikan lele betina.


c. Gerakannya lincah, tulang kepala pendek dan agfak gepeng (depres).


d. Kelamin (Urogenital papilla) agak menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warnanya kemerahan.


e. Warna dada lebih gelap dibandingkan ikan lele betina.


f. Kepala berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ikan lele betina.




  • Ciri – ciri ikan lele betina




a. Kepala berukuran lebih besar dibandingkan ikan lele jantan.


b. Perutnya lebih besar dan lunak.


c. Gerakannya lamban, tulang kepala panjang dan agak cembung.


d. Kelamin (urogenital papilla) berbentuk oval (bulat daun) berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar dan terletak di belakang anus.


e. Bila dibagian perit distrippingsecara manual dari pecahan perut ke arah ekor akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum atau telur)


5. Pemberian vitamin atau obat pertahanan tubuh


    Untuk meningkatkan hasil panen ikan lele yang maksimal, tentunya kita harus ekstra dalam perawatan bibit lele, untuk itu kita wajib menawarkan multivitamin supaya benih lele tetap sehat dan tidak praktis terkena penyakit.


Berikut ini macam-macam multivitamin ikan lele yang bisa kita dapatkan di toko ataupun kita bisa menciptakan sendiri diantaranya :


     1. Viterna plus


 Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Jenis vitamin untuk ternak ikan sekaligus untuk vitamin ternak binatang lainnya. Yang terbuat dari banyak sekali materi organik yang sanggup menyebabkan pertumbuhan lele lebih cepat besar, berbobot, sanggup hemat pakan, serta tahan terhadap penyakit berbahaya.


Pemberian vitamin ini cukup mencampur saja pada pakan lele berbentuk pelet. Biasanya vitamin ini dicampurkan dalam air kemudian disemprotkan pada pakan lele.


2. Tambak Organik Nusantara (TON)


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


   Di dalam kandungan vitamin TON ini terdapat materi baku unsur lemak. Sehingga akan membantu menjaga kualitas air dalam budidaya ikan lele selalu optimal. tak hanya itu, jenis kandungan protein, karbohidrat, serta asam humat yang larut dalam air menuju tanah dasar akan menawarkan kemudahan yaitu sanggup menumbuhkan pakan alami ikan lele dan juga sanggup menertalisirkan racun yang berbentuk senyawa yang akan menyebabkan keadaan air dalam kolam selalu seimbang.


3. Vitamin lele RAJA SIAM


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


    Vitamin RAJA SIAM ini ialah inovasi modern pembudidaya ikan lele, gurami, nila, patin, mujahir dan jenis ikan-ikan lainnya. Yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan badan ikan, meningkatkan pakan alami, zoo plankton, ganggang dan jasad renik juga menghemat pakan dan mempercepat panen ikan lele.


Pemberian vitamin ini cukup dengan mencampur dengan pakan lele (pelet) 2-4 tutup botol untuk pakan 1 kg. Berikan 3 kali sehari yaitu pagi jam 9, sore jam 5 dan malam jam 8. usahakan rutin waktu.


 5. Vitamin fermentasi buatan sendiri


    Seperti yang telah kita ketahui bahwa fermentasi ialah pembuatan pakan secara manual dengan bahan-bahan dari organik bisa diambil dari sayur-sayuran, dan kotoran ternak kemudian disimpan rapat-rpat selama semingguan.


Manfaat pakan fermentasi ini sanggup disajikan sebagai pakan siap saji atau sanggup disimpan sesuai kebutuhan ikan, akan meningkatkan nafsu makan ikan lele, kolam tidak akan meninggalkan bau, sanggup dibentuk pupuk dari limbah dan kotoran yang didapat dari dalam air kolam.


dan masih banyak vitamin-vitamin ikan lele lainnya




  • Berikut ini ialah pembahasan wacana kolam ikan lele




Usaha ternak lele bisa dikatakan gampang-gampang susah. Maka dari itu kita sebagai pembudidaya ikan lele harus lebih mengutamakan kolam apa yang harus kita buat mengingat daerah dan lokasi yang ada di sekitar kita. untuk itu kita bisa jadikan alternatif pembudidaya dengan kolam yang modern ataupun kolam terpal.


tentunnya kolam modern dan alami ini mempun yai keunggulan yang berbeda pula. berikut pembahasan wacana kolam lele modern dan kolam lele terpal.



A. Berternak lele dengan kolam terpal


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Peternak lele dengan kolam terpal harus mengetahui apa saja yang harus disiapkan.



  1. Hal pertama kita harus menyiapkan terpal untuk kolam lele kita nantinya. Pada umumnya harga terpal per meternya sekitar Rp 9.000,-. Sehingga kalau kita ingin menciptakan kolam ukuran sekitar 10 x 8, maka kita cukup menyiapkan uang sekitar Rp 720.000,- saja.

  2. Selanjutnya, kita bisa memakai dasar kolam dengan menggali tanah sesuai dengan kolam yang kita inginkan. Namun, ada baiknya kalau kita masih pemula pembudidaya lele, kita cukup menciptakan kolam dengan ukuran 5×2 meter saja. Karena ini akan meminimalkan kerugian kalau gagal panen.

  3. Ketika kita menggali tanah untuk pembuatan dasar kolam, usahakan usahakan tanah tergali dengan kedalaman 70 cm hingga 1 meter. Hasil galian tanah tadi sebaiknya jangan dibuang, jadikan saja tanggul kolam dibagian bibir kolam dengan ketinggian 30 cm hingga 50 cm. hal ini dibutuhkan supaya kolam tidak praktis jebol nantinya ketika hujan dan banjir.

  4. Langkah terakhir yaitu menciptakan pagar atau reng dari bambu. Susunlah reng-reng tersebut di atas tanggul kolam dengan ketinggian sekitar 35 cm. Untuk pecahan sudut sebaiknya gunakan bambu yang utuh.


jadi, kalau dihitung  keseluruhan, kolam pertumbuhan lele nantinya akan mempunyai ketinggian sekitar 125 hingga 130 cm.


B. Berternak lele dengan kolam modern


Ternak lele supaya berhasil ini ia rahasianya kali ini kami akan menawarkan diam-diam sukse ✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Kolam Terpal Maupun Modern


Cara berternak lele dengan kolam modern di tahun ini membawa angin segar bagi penggunanya. Tentunya cara kerja kolam lele modern ini memang begitu luar biasa, pasalnya kolam lele tidak kotor dan jorok sepetri halnya kolam lele terpal atau galian tanah biasa. Maka dari itu tak heran kalau masyarakat pembudidaya lele kini ini memakai kolam lele yang modern dikarenakan mempunyai laba yang sangat signifikan diantaranya



  1. Perawatan lele begitu praktis serta sederhana

  2. tidak memerlukan lokasi yang luas. Dengan daerah sempit, kita sanggup buka perjuangan ternak ikan lele

  3. masa panen lele lebih cepat dari pertama benih hingga panen besar siap konsumsi. Yang sanggup dipanen kurang lebih 2 bulan sekali

  4. Market pengiriman begitu luas. hal semacam ini dibuktikan dari pesanan konsumen ikan lele di sekitaran rumah. Di luar itu menjamurnya warung-warung yang menjual nasi pecel lele dan juga tidak kalah banyak restorant yag menjual ikan lele.



Nah. Jadi, ketika kita ingin membudidayakan ikan lele, kita harus mewajibkan untuk mempelajari jenis lele, pakan yang sempurna dan kolam yang pas buat kita untuk membudidayakan ikan lele tersebut.  begitulah pembahasan wacana budidaya ikan lele. Sekian dari kami, mohon maaf kalau ada kata yang kurang menarik ataupun yang kurang tepat. Bagaimana kini sudah terang kan cara budidaya lele dengan kolam terpal maupun cara budidaya lele dengan kolam modern. Semoga bermanfaat dan sukses.


life for get, life for study


mas moeyo


Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Cara Budidaya Lele Semua Jenis Dalam Bak Terpal Maupun Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel