Drama Blazer Mogok
Drama Blazer Mogok
ane akan kisah pengalaman gak mengenakkan kada kebo ane, dah usang juga sih gak nulis ihwal blazer ane #CeritaBlazer, jadi ahad kemarin ane berniat memanasi kendaraan beroda empat untuk keliling kawasan sekitar ane, nah kira kira 4 km an kebo ane macet tiba-tiba.
Memang terkadang kebo ane mati sendiri jikalau RPM nya rendah tapi di starter lagi bisa, nah kali ini di starter 2 tetep gak nyala, ane panik kan yaudah pribadi ane pinggirkan, dengna sok tau ane buka kap mesin serta ane cek, sesudah ane buka menyerupai tidak ada yang salah, kemudian ane coba cek ke socket fuel pump, alasannya pernah pengalaman dulu kendaraan beroda empat mogok alasannya socket fuel pump kendor, sesudah ane cek juga terlihat baik-baik saja socketnya, kemudian ane nyerah.
Masalah gak nyampai disitu ane manasin kendaraan beroda empat gak bawa dompet sama hp, nah ini kesalahan ane, sebelum berangkat dalam batin ane, wah paling gak ada apa-apa tapi dalam perjalanan malah menemukan kendala, mungkin disini gak boleh sombong kali yak..hehe. terus gimana ane pulangnya ? jalan kaki cuy..beruntungnya ada tetangga ane yang lagi sepedaan berdua make sepeda onthel masing2, nah yang ibu2 ini sepeda nya ada boncengannya, jadi ane pulangnya boncengin ibu2, dalam benak ane "alhamdullulah pagi pagi udah dipaksa untuk olahraga sepedaan" kemudian ane minta pinjaman tetangga ane, tetangga yang satu ini memang pinter dalam hal otomotif maupun elektronik , hingga dirumahnya doi gres benerin mobil, bersihin busi alasannya katanya mbrebet-mbrebet pincang , kemudian ane sama doi bawa kendaraan beroda empat toyota kijang sama bawa tali tampar untuk narik si kebo ini.
Sampai TKP ini, tetangga ane yang berjulukan Pak Sigit ini mengotak atik mesin, cek cek kabel sama cek kabel fuel pump, kira-kira 20 menitan nyerah alasannya memang jikalau gak di kerjakan dirumah itu rasanya "kemrungsung" yaudah akhirnya si kebo ditarik , oiya sebelum di tarik booster rem dilepas dulu semoga dapat buat ngerem, okay perjalanan dimulai dengan ane dibelakang dan Pak Sigit di depan.
Nah tau sendiri kan jikalau kendaraan beroda empat mogok artinya pompa power steering mati, dan untuk membelokkan cukup beratm ane sendiri gak terbiasa jadi sempat kewalahan, dalam perjalan ane mengkwatirkan rem nya menyerupai tidak berfungsi , sesudah itu ane kita tukeran, ane yang narik pak sigit bawa si kebo, alasannya ane gak berpengalaman tali tamparnya putus, kesalahan ane harusnya jikalau narik pelan-pelan jangan ngaget, kemudian talinya dipasang lagi dan ane kembali di belakang. gak hingga disini drama narik terjadi lagi, adalah dikala mau belok, si kebo ini nyundul pantat si toyota kijang punya nya Pak Sigit, wah ane rasanya gak yummy sendiri udah ditolong malah nabrak mobilnya, bab pinggir kiri sedikit penyok, huhu kata pak sigit "santai wae den dinggo pengalaman, gak usah terlalu dipikirkan"..wah terharu ane.... okay kemudian alasannya ane takut bawa si kebo akhirnya pas hingga garasi rumah pak sigit si kebo didorong aja, takut nyundul...
Setelah diperiksa sebentar di coba mulai dari fuel pump, fuel pump dicoba pribadi ternyata nyala , alhamdullilah artinya gak perlu turun tanki , alasannya tanki si kebo ini gede banget, segeda rasa cintaku padamu..iya kau yang lagi baca ini...#hoeks... Lalu sesudah itu dicek businya, apakah ada yang mati sehingga menimbulkan kegagalan starter, tapi sesudah dibuka dan dicek baik-baik saja, dicoba percikkan juga ada pas di posisi "on" namun sesudah di starter percikkan tidak ada, dicoba cek kabel- kabel koil juga masih bagus, kemudian malamnya ane kesana buat bantuin, ane coba cek-cek ane liat ada semacam socket yang copot nah pak sigit curiga ini yang menimbulkan blazer cuman "cranking" di starter gak mau nyala, ternyata socket sudah mreteli atau getas dan hancur, jadi dikala mau dipasangkan gak dapat lagi,lalu ane coba cari di kawasan jogja harganya 350rb, akhirnya ane cari di bukabapak harganya ada yang 225rb, akhirnya beli dah, dan sesudah di pasang akhirnya si kebo ini siuman dan pagi tadi ane ajak muter-muter. Alhamdullilah. oiya ane kasih sedikit ciri-ciri kerusakan CKP
1. jikalau distarter on ada apinya pada busi, tapi sesudah di starter gak ada pengapian
2. fuel pump gak mau nyala, zaizalah terang wong gak mau hidup
3. sebelum mesin mogok adalah lampu indikator nyala kemudian mati . sesudah di starter berulang kali cuman "cranking" aja
Memang sih kerusakan CKP ini jarang banget biasanya ya alasannya socketnya dah getas itu tadi, walaupun kabelnya baik-baik saja tapi dalemnya rapuh..kayak hati ini #Curcol.
oiya lupa ane kegunaan CKP, CKP berfungsi untuk mengaktifkan injector dan fuel pump serta menawarkan sinyal posisi crankshaft yang akan diteruskan ke ECU sehingga jikalau CKP ini rusak ya kesudahannya fatal ,pasti di starter gak mau hidup, ane baca-baca juga gak dapat direpair, mendingan ganti dah, daripada-daripada kenapa-kenapa kan,,, demikian kisah dari si kebo ane #CeritaBlazer. terimakasih sudah mampir gan..semoga sehat selalu menyertai kalian, nah berikut bentuk "obat" kebo ane siuman
Sepele ning penting dab....
0 Response to "Drama Blazer Mogok"
Posting Komentar