iklan banner

Cara Menyederhanakan Bilangan Bentuk Akar

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yakni seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Cara Menyederhanakan Bilangan Bentuk Akar, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Dalam berguru bilangan akar kalian  niscaya sudah tahu berapa akar dari 9, akar dari 16, dan lain sebagainya. Tapi pertanyaannya bagaimana kalian sanggup tahu bahwa akar dari sembilan itu yakni 3, akar dari 16 itu yakni 4??? Pasti kalian akan sulit untuk menjelaskan bagaimana proses dari 9 sanggup menjadi 3???? Jawabannya yakni "bahwa akar dari bilangan itu yakni hasil kali bilangan yang sama yang kesannya bilangan tersebut". Misalkan bilangan tersebut yakni 16 maka hasil kali bilangan yang sama yang kesannya 16 yakni 4, jadi akar dari 16 itu yakni 4. Lalu bagaimana kalau bilangan yang kalian akarkan tidak ada bilangan yang samanya untuk dikalikan ???? Jawabannya yakni "dengan cara menyederhanakan bilangan bentuk akar."

Cara Menyederhanakan Bilangan Bentuk Akar

Makara untuk menyederhanakan suatu bilangan menjadi bilangan akar itu ada prosesnya yaitu, "bentuk akar sanggup disederhanakan dengan cara mengubah bilangan dalam akar menjadi dua bilangan dimana bilangan yang satu sanggup diakarkan, sedangkan bilangan yang lainnya tidak sanggup diakarkan".

Contoh :

Berapakah akar dari 32 ???????
Nah niscaya kalian akan sulit menjawabnya, alasannya yakni memang tidak ada bilangan yang menjadi akar dari 32. Lalu bagaimana kalau menyerupai ini. Jika kita mendapat soal menyerupai ini maka jangan kita pribadi menilai bahwa bilangan ini tidak ada akarnya, tapi kita harus menyederhanakan akar bilangan tersebut, caranya yakni :
  • Cari dua buah bilangan yang apabila dikalikan kesannya yakni 32 dan salah satu dari kedua bilangan tersebut harus sanggup diakarkan, maka didapatlah bilangan 16 dan 2, alasannya yakni 16 dikalikan 2 itu kesannya yakni 32, dan bilangan 16 sanggup diakarkan menjadi 4. 
  • Setelah kita menemukan kedua bilangan tersebut, kemudian kita operasikan kedalam bilangan akar, maka :
    32 = √16 x √2, alasannya yakni √16 yakni 4, maka
    √32 = 4 x √2
    √32 = 4√2
    Jadi akar dari 32 yakni 4
    √2

Kesimpulan

Makara ktika anda menemukan soal ihwal bilangan akar, dan bilangan tersebut tidak besa diakarkan, janganlah kalian pribadi menilai bahwa bilangan tersebut tidak ada akarnya, namun yang harusnya kalian lakukan yakni menyederhanakan dulu bilangan yang diakarkan tersebut dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Baca juga artikel ihwal :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

0 Response to "Cara Menyederhanakan Bilangan Bentuk Akar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel