iklan banner

Dos And Don’Ts Gelar Pesta Ijab Kabul Dengan Bujet Minim

Menikah dan menghabiskan sisa usia bersama kekasih hati merupakan keinginan besar. Impian untuk melewati susah dan senang bersama dengan yang tercinta dan membangun sebuah keluarga. Mengutip kata-kata dari Jon Krakauer dalam karya nonfiksi yang berjudul Into the Wild, “Happines [is] only real when shared.” Ya, kebahagian di antara dua orang yang saling mencintai ialah kebahagiaan yang sejati.


Memulai kebahagian kau dengan segera menyelenggarakan pesta kesepakatan nikah bukanlah ilham gila. Tidak perlu takut dengan biaya kesepakatan nikah yang mahal alasannya sesudah ini akan dibahas Dos and Don’ts seputar pesta kesepakatan nikah dengan bujet terbatas. Yuk kita simak, Brides.


The Dos: Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim


Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan saat merencanakan sebuah pesta pernikahan. Berikut tips menyiapkan pesta kesepakatan nikah ekonomis biaya yang patut kau simak.


1.Berdiskusi dengan Pasangan dan Keluarga


Sebelum terjun ke tahap menentukan dan merencanakan pesta pernikahan, ada baiknya bila kau berdiskusi dengan pasangan ihwal bayangan pesta kesepakatan nikah yang diinginkan. Sebisa mungkin, cobalah melibatkan anggota keluarga untuk diajak berdiskusi dan bertukar ide. Bersikaplah terbuka dan jujur ihwal bujet yang kau miliki semoga pasangan dan anggota keluarga lainnya sanggup mengatakan ilham yang tepat.


2. Tetapkan Satu Tanggal


Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya hindari pelaksanaan prosesi terpisah. Akad / pemberkatan sebaiknya dilaksanakan di hari yang sama dengan hari resepsi sehingga pengeluaran sanggup lebih ditekan.


3. Segera Buat Daftar Tamu Undangan


Bersama pasangan, buatlah kesepakatan untuk membagi jumlah tamu yang diundang. Ingat ya Brides, jangan egois dengan presentasi jumlah undangan. Calon suamimu pun ingin memperlihatkan istrinya ke teman dan kerabatnya.


Setelah pembagian antara kau dan pasangan selesai, tentukan jumlah total orang yang kau undang. Lalu, pilih secara bijak siapa saja yang termasuk di dalamnya. Usahakan untuk mengundang keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja.


Tentu kau ingin membuatkan kabar besar hati ihwal kesepakatan nikah kau dengan mengundang semua orang. Namun, untuk menghemat biaya-biaya lainnya, daftar tamu permintaan yang terdiri dari orang-orang inti saja, akan mengurangi risiko bujet yang membengkak.


4. Beralih ke Undangan Digital


Undangan digital tidak hanya memudahkan calon mempelai membuatkan info senang mereka ke kerabat atau teman yang tinggal berjauhan. Undangan digital juga sanggup memangkas biaya cetak permintaan konvensional yang tidak murah.


5. Research, Compare, and Repeat


Untuk urusan katering, lokasi pernikahan, dan dekorasi, kau harus cerdas dalam memilihnya. Tiga hal ini biasanya memakan biaya terbanyak. Jadi, kau harus arif mencari vendor yang mengatakan harga paling baik dengan kualitas servis memuaskan. Mencari santunan Wedding Organizer tentu akan sangat membantu. Namun, dengan meluangkan sedikit waktu, kau sanggup kok menentukan vendor untuk tiga hal di atas sendiri.


Sangat disarankan untuk melaksanakan research aneka macam vendor dari jauh-jauh hari dan membandingkan harga serta produknya. Take your time! Jangan terlalu cepat menjatuhkan pilihan sebelum membandingkan setidaknya 3 vendor berpotensi.


Cara lain untuk berhemat ialah dengan mencari vendor yang mengatakan paket all in one. Vendor dengan pilihan paket menyerupai ini biasanya menyediakan paket katering, dekorasi, foto, baju pengantin, dan tata rias dengan harga yang jauh lebih miring.


6. Turun Tangan secara Langsung


Guna menghemat pengeluaran pernikahan, jangan ragu untuk turun tangan sendiri di beberapa proses persiapannya. Salah satu di antaranya ialah menyiapkan suvenir untuk tamu ala kamu. Kamu sanggup mencari acuan suvenir melalui YouTube atau media umum lainnya, dan melaksanakan sedikit DIY dengan hadiah kesepakatan nikah tersebut. Proses ini akan sedikit memakan waktu, jadi luangkan waktu dari semenjak beberapa bulan sebelum program ya, Brides.


7. Stick to The Plan


Setelah melaksanakan perhitungan detail ihwal segala persiapan pernikahan, kau harus sanggup melaksanakan sanksi sesuai rencana. Jangan gampang terpengaruhi dengan hal-hal yang tidak masuk dalam perencanaan pesta pernikahan. Misalnya, bila kau sudah menyiapkan bujet sebesar A rupiah untuk make up, maka carilah MUA yang sesuai dengan bujet tersebut. Jangan mengubah secara tiba-tiba apa yang sudah kau rencanakan, hanya alasannya kau terpengaruhi dengan riasan kesepakatan nikah seorang selebgram di akun Instagramnya.


The Don’ts: Hal-Hal yang Wajib Dihindari Saat Menyiapkan Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim


Agar biaya pesta kesepakatan nikah yang akan kau selenggarakan terkelola secara efektif, kau wajib menghindari hal-hal di bawah ini:


1. Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu Undangan


Buatlah daftar tamu terlebih dahulu sebelum memesan tempat. Dengan begitu, kau sanggup mengetahui jenis dan ukuran daerah yang paling sesuai dengan pesta kesepakatan nikah kamu. Daftar tamu permintaan akan membantu kau tetapkan beberapa pilihan terkait daerah penyelenggaraan pesta.


Coba tanyakan beberapa pertanyaan berikut ke diri kau sesudah tamat menciptakan daftar tamu. Apakah kau perlu menyewa gedung atau cukup melaksanakan prosesi nikah di rumah? Jika harus menyewa gedung, sebesar apa ukuran yang gedung yang sesuai dengan jumlah masa yang kau undang? Jika menyewa tenda, sebesar apa tenda yang sesuai? Dan beberapa pertanyaan serupa lainnya.


2. Stres dan Lupa Istirahat


Merencanakan kesepakatan nikah tanpa santunan WO dan melaksanakan sendiri beberapa persiapan niscaya akan menguras tenaga kamu. Belum lagi pikiran-pikiran dan rasa gugup yang muncul menjelang hari pernikahan. Tampak menyerupai kerja keras yang melelahkan! Well, don’t overstress yourself. Mintalah santunan orang terdekat bila kau merasa berat dengan tanggung jawab yang terlalu banyak.


3. Terlalu Hemat


Meskipun kau berusaha untuk menggelar pesta kesepakatan nikah dengan bujet minim, bukan berarti kau sanggup bersikap “terlalu” hemat. Sebaiknya, kau tetap mengalokasikan dana untuk keperluan lain-lain sehingga bila sewaktu-waktu ada hal yang meleset dari rencana, kau tidak kebingungan mencari dana pendukungnya. Jangan pula alasannya alasan berhemat, kau sengaja memesan katering dengan jumlah yang tidak proporsional dengan jumlah undangan.




Ingin mulai kumpulkan bujet buat mahar dan program kesepakatan nikah sedari sekarang? Kumpulkan emas untuk wujudkan kesepakatan nikah impianmu bersama Tamasia. Download aplikasi Tamasia kini dan rasakan mudahnya beli emas mulai dari Rp10.000,- pribadi dari smartphone kamu.


Menikah dan menghabiskan sisa usia bersama  kekasih hati merupakan keinginan besar Dos and Don’ts Gelar Pesta Pernikahan dengan Bujet MinimMenikah dan menghabiskan sisa usia bersama  kekasih hati merupakan keinginan besar Dos and Don’ts Gelar Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim




Sumber https://www.tamasia.co.id

0 Response to "Dos And Don’Ts Gelar Pesta Ijab Kabul Dengan Bujet Minim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel