iklan banner

Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix Dan Laserjet

Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix dan LaserJet - Dalam postingan kali ini kita akan membahas cara kerja printer dari banyak sekali jenis. Printer pada dasar mempunyai kerja yang sama yaitu mencetak. Namun jikalau kita melihat dari jenis printer itu sendiri memang ada sedikit perbedaan tergantung jenis printernya.

1. Printer Dot Matrix
 Dalam postingan kali ini kita akan membahas cara kerja printer dari banyak sekali jenis Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix dan LaserJet
Dotmatrix
Jenis Printer ini yaitu printer yang menggunakan pita dalam proses pencetakannya. Hasil cetakan akan nampak ibarat titik yang saling membuka satu sama lain

a. Cara Kerja Printer Dot Matrix
Head dari printer Dot Matrix, terdiri atas 7 atau 9 maupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan mencetak suatu kolom. Pada dikala bekerja, jarum yang ada akan mencetak character gambar melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer Dot Matrix ini juga yaitu character printer.

Kecepatannya sangat bervariasi, namun untuk Epson LX-80, yaitu 80 caharacter per detik. Pada dikala head-printer bergerak dari kiri ke kanan sambil menyentuh kertas, sehingga abjad yang telah berkala dalam sebuah susunan jarum akan pribadi muncul.

Pola abjad ini selanjutnya di terima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan abjad demi huruf.

Setiap karakter yang terbentuk akan memunculkan suatu teladan unik yang terdiri dari banyak sekali titik di dalam dimensi suatu matrix. Jenis printer Dot Matrix sangat bervariasi, ada yang berwarna dan juga tidak berwarna.

Biasanya, printer jenis Dot Matrix hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer berwarna, diharapkan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

b. Kekurangan Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix yaitu pencetak yg resolusi cetakannya tetap amat sangat rendah. diluar itu, printer ini suaranya condong keras bila sedang menempa juga mutu cetakan yang kurang bagus.

c. Kelebihan Printer Dot Matrix
Printer type ini tetap tidak sedikit difungsikan lantaran populer awet, tidak hanya itu pita printer dot matrix terbilang pass murah

2. Printer Inkjet

 Dalam postingan kali ini kita akan membahas cara kerja printer dari banyak sekali jenis Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix dan LaserJet

Jenis printer Inkjet yaitu jenis printer yang menggunakan tinta cair dalam proses pencetakannya.

a. Cara Kerja
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas lewat nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Teknologi yang lain dikembangkan oleh pembuat printer ibarat Canon dan Mobile Phone dengan menggunakan panas. Panas tersebut bisa membuat gelembung-gelembung tinta maka apabila makin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas.

b. Kekurangan
Dikarenakan printer Inkjet menggunakan tinta cair utk hasil pencetakan harus menunggu beberapa dikala hingga hasil cetakan benar-benar kering.

Baca juga :
Permasalahan yang terjadi pada Printer
Cara Mengatasi Printer Not Respont

c. Kelebihan
Hasil cetakan pada printer jenis Inkjet ini lebih manis dan halus. Jenis printer inkjet juga sanggup menghasilkan cetakan warna. Umumnya printer jenis Ink Jet tidak sedikit di gunakan kepentingan pribadi

3. Printer Laser Jet
 Dalam postingan kali ini kita akan membahas cara kerja printer dari banyak sekali jenis Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix dan LaserJet
Laser Jet

Tipe printer ini ialah jenis printer yang menggunakan alat tinta bubuk atau yang biasa dinamakan toner bersama menggunakan piranti infra red dalam proses pencetakannya

a. Cara Kerja
Printer laser sama ibarat mesin fotokopi, yaitu menggunakan photographic drum. Prosesnya sebagai berikut :

Kawat corona mengalirkan listrik statis yang membuat drum (foto conductor) bermuatan positif.

Satuan laser (exposition) menyorotkan sinar pada permukaan drum yang berputar sesuai dengan gosip yang diperoleh dari komputer. Dengan cara ini, laser menggambar abjad yang sanggup dicetak yang merupakan suatu teladan muatan listrik–sebuah gambaran listrik statis yang bermuatan negative.

Setelah Itu toner atau tinta berbentuk serbuk ditaburkan pada drum. Sebab toner bermuatan positif, sanggup melekat pada ruangan bermuatan negatif pada terhadap drum, yaitu ruang yang tadi telah disorot dengan sinar laser.

Baki kertas memasukkan selembar kertas maka digiling oleh drum. Pada sebelumnya, kertas dikasih muatan negatif oleh kawat corona.

Muatan itu lebih besar dari muatan negatif listrik statis maka kertas bisa menarik serbuk toner yang bermuatan positif. Karena berputar dengan kecepatan yang sama dengan perputaran drum, kertas menyalin gambar yang ada di drum.

b. Kekurangan Laser Jet
Satu kekurangan Printer Laser yakni harganya yg reltif lebih mahal kalau di bandingkan bersama printer inkjet maka printer Laser rata-rata cuma diharapkan oleh Lembaga atau perkantoran saja.

c. Kelebihan Laser Jet
Hasil cetakannya lebih bagus, Printer laser jet serta mempunyai kecepatan pencetakan yg tinggi & hasilnyapun pun lebih segera kering, sama halnya bersama mesin fotocopy. Umumnya printer tipe ini tidak sedikit dimanfaatkan oleh perusahan & kantor-kantor besar

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Kerja Printer Inkjet, Dotmatrix Dan Laserjet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel