Tutorial Penggunaan Rumus Excel Vlookup Paling Lengkap
Funsi dan Rumus excel lengkap menawarkan tutorial dan rujukan penggunaan rumus Excel Vlookup paling komprehensif. Pada kesempatan yang kemudian telah membahas perihal Rumus Excel Lookup disertai pembagian dan rujukan penggunaannya dalam mengolah lembar kerja terutama yang berafiliasi dengan angka-angka.
Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui yaitu fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom aneka macam atau dari array. Maksudnya yaitu saat dalam proses penghitungan pada sebuah tabel diperlukan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.
Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu rumus excel Vlookup ibarat dalam artikel ini dan rumus excel Hlookup ibarat disampaikan dalam artikel sebelumnya. Postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya perihal rumus Vlookup excel besarta contoh-contoh penggunaanya.
Daftar isi Pembahasan Rumus Vlookup
Fungsi ini dipakai untuk melaksanakan penghitungan yang range datanya disusun secara Vertical, range data sanggup di beri nama tertentu untuk memudahkan.
Sintaks rumus Vlookup excel
=VLOOKUP(lookup_value;tabel_array;col_index_num)
Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value sanggup berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini sanggup berupa range, atau nama range.
Col_index_num adalah nomor indek kolom pencarian dari tabel pencarian.
Beberapa keterangan perihal col_index_num;
==Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
==Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
==jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus vlookup excel sanggup memakai nama range.
Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik hidangan Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.
Catatan: Untuk menciptakan nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh memakai operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh memakai nama yang sama dengan nama sel.
Cara menuliskan rumus Vlookup excel.
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola sanggup dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan memakai alamat cell.
Contoh =Vlookup(B2;$B$10:$D$15;2).
Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, biar saat disalin ke cell lain tidak berubah.
• Penulisan rumus dengan memakai nama range pada tabel_array.
Contoh : Vlookup(B2;TABEL;2).
• Penulisan rumus dengan memakai Function Arguments Vlookup.
Berikut gambarnya.
Berikut beberapa rujukan untuk rumus Vlookup excel.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan instruksi barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:
Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;2)
Mencari Harga.
D5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;3)
Mencari discount.
E5 =VLOOKUP(B5;$B$16:$E$19;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5
Contoh 2
Daftar Nilai Kursus Komputer.
Lihat data di bawah ini
Penulisan rumus di atas adalah
Bentuk rumus pada data di atas memakai Nama Range.
Demikian tutorial dan rujukan penggunaan Rumus Excel Vlookup Excel 2007, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui yaitu fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom aneka macam atau dari array. Maksudnya yaitu saat dalam proses penghitungan pada sebuah tabel diperlukan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.
Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu rumus excel Vlookup ibarat dalam artikel ini dan rumus excel Hlookup ibarat disampaikan dalam artikel sebelumnya. Postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya perihal rumus Vlookup excel besarta contoh-contoh penggunaanya.
Daftar isi Pembahasan Rumus Vlookup
- Pengertian rumus Vlookup excel 2007
- Rumus dasar atau sintaks rumus Vlookup excel 2007
- Contoh penggunaan rumus Vlookup excel 2007
A. Pengertian rumus Vlookup excel 2007
Fungsi atau rumus Vlookup excel ini dipakai untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di memutuskan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Vlookup hanya bila nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.Fungsi ini dipakai untuk melaksanakan penghitungan yang range datanya disusun secara Vertical, range data sanggup di beri nama tertentu untuk memudahkan.
B. Rumus dasar atau sintak rumus Vlookup excel 2007
Setelah mengetahui secara singkat pengertian dari rumus excel Vlookup, selanjutnya hal yang sangat penting untuk dipelajari yaitu rumus dasar atau sintaks dari rumus tersebut, sehingga dalam penulisan rumus Vlookup sanggup sesuai dan balasannya pun sesuai.Sintaks rumus Vlookup excel
=VLOOKUP(lookup_value;tabel_array;col_index_num)
Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value sanggup berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini sanggup berupa range, atau nama range.
Col_index_num adalah nomor indek kolom pencarian dari tabel pencarian.
Beberapa keterangan perihal col_index_num;
==Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
==Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
==jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus vlookup excel sanggup memakai nama range.
Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik hidangan Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.
Catatan: Untuk menciptakan nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh memakai operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh memakai nama yang sama dengan nama sel.
Cara menuliskan rumus Vlookup excel.
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola sanggup dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan memakai alamat cell.
Contoh =Vlookup(B2;$B$10:$D$15;2).
Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, biar saat disalin ke cell lain tidak berubah.
• Penulisan rumus dengan memakai nama range pada tabel_array.
Contoh : Vlookup(B2;TABEL;2).
• Penulisan rumus dengan memakai Function Arguments Vlookup.
Berikut gambarnya.
C. Contoh penggunaan Rumus Vlookup Excel 2007.
Berikut beberapa rujukan untuk rumus Vlookup excel.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan instruksi barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:
Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;2)
Mencari Harga.
D5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;3)
Mencari discount.
E5 =VLOOKUP(B5;$B$16:$E$19;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5
Contoh 2
Daftar Nilai Kursus Komputer.
Lihat data di bawah ini
Penulisan rumus di atas adalah
- Rumus untuk mencari kelas di cell D5 =VLOOKUP(C5;TABEL;2)
- Rumus untuk mencari Rata-rata di cell H5 =(Average(E5:G5)
- Rumus untuk mencari Predikat di cell I5=VLOOKUP(H5;Predikat;2)
- Rumus untuk mencari Keterangan di cell J5 =VLOOKUP(H5;Predikat;3)
Bentuk rumus pada data di atas memakai Nama Range.
Demikian tutorial dan rujukan penggunaan Rumus Excel Vlookup Excel 2007, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
0 Response to "Tutorial Penggunaan Rumus Excel Vlookup Paling Lengkap"
Posting Komentar