iklan banner

Pengertian Edmodo Dan Fungsi Edmodo Bagi Guru Dan Murid

Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid - Edmodo merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Social Learning Networks (SLNs) yang beredar di dunia Internet. Dalam artikel ini kita akan sama-sama mempelajari dan memahami apa yang di maksud dengan Edmodo? dan memahami perbedaan Edmodo dan Facebook.

Berikut beberapa pola SLN :
a. Einztein (www.einztein.com) merupakan SLN yang ditujukan bagi pembelajar remaja (pendidikan tinggi) dan pembelajar seumur hidup.

b. Sophia (www.sophia.org) merupakan SLN yang sediakan ribuan aba-aba akademik yang diajarkan oleh guru dengan banyak sekali model instruksional, serta sanggup diikuti oleh pembelajar dengan bermacam macam model belajar.

c. RemixLearning (www.remixlearning.com) yang didukung penuh oleh The Bill dan Melinda Gates Foundation menyediakan suatu SLN yang sanggup diatur sesuai harapan oleh sekolah, perpustakaan, museum, serta institusi lainnya yang membutuhkan.

d. Schoology (www.schoology.com) yaitu LMS yang di lengkapi dengan SLNs.

Baca juga:
Materi Simulasi Digital
Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya
Pengertian Edmodo
Cara Daftar Edmodo

Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid

Fungsi Edmodo

Edmodo merupakan satu buah alat untuk melaksanakan pembelajaran dengan cara daring (dalam jaringan). Baca juga pengertian komunikasi dalam jaringan. Edmodo menggabungkan sebagian fitur Dari Learning Management System (LMS) dan sebagian fitur lainnya dari Jejaring Sosial (Social Network). Dengan demikian, Edmodo merupakan suatu kemudahan pembelajaran yang sangat menarik dan tentunya gampang untuk digunakan. Selanjutnya Edmodo lebih dikenal dengan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Networks).


Sejarah Singkat Edmodo

Edmodo diciptakan oleh Jeff O’Hara & Nic Borg pada th 2008. Jeff O’Hara merupakan seorang direktur jaringan bagi Community Unit School District 200 di Wheator, Illnois, sedangkan Nic merupakan pengembang web bagi Kaneland Community Unit School District 302 di Maple Park, Illinois, USA.

Gagasan pengembangan Edmodo berasal dari kepopuleran jejaring sosial Facebook, yang ditambah dgn suatu fitur untuk menjamin keamanan interaksi dan kerja sama antara siswa dan guru. Oleh alasannya itu, makin besar nya kepentingan akan media pembelajaran daring. Edmodo lalu berkembang jadi salah satu media/platform dalam pendidikan dasar dan menengah (K1-K12) yang sudah dipakai oleh lebih dari 29 juta pengguna di dunia.


Perbedaan Edmodo dengan Facebook

Sebagai SLNs, Edmodo mempunyai banyak sekali keunggulan apabila di bandingkan dgn Facebook. Perbandingan nya sanggup anda lihat di tabel berikut : (klik untuk memperbesar).

Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid
Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid Pengertian Edmodo dan Fungsi Edmodo bagi Guru dan Murid


EDMODO FrameWork

Edmodo dikembangkan menurut prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis grup dan media sosial. Feature penting dari Edmodo ialah santunan aktif terhadap model komunikasi dari kemudahan sosial daring, yang ditambahi dengan fitur materi asuh daring (online learning material) dan penilaian daring (online evaluation).

Beberapa feature penting Edmodo yang sanggup dipakai dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yakni sebagai berikut:

a. Kelas maya dengan sistem closed grup collaboration; Khusus untuk mereka yang mempunyai kode kelompok yang diizinkan mengikuti kelas.
b. Komunikasi memakai model media sosial.
c. Manajemen konten pembelajaran.
d. Evaluasi pembelajaran.

Tidak hanya mempunyai fitur di atas, Edmodo juga mensupport team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration serta susukan bagi orang bau tanah untuk terus mengawasi kegiatan pembelajaran anaknya.

Kesimpulan

Pengertian Edmodo yakni salah satu dari Social Learning Network (SLN) yang mempunyai fungsi utama membuatkan pakai (sharing) sumber belajar, interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa dan penilaian berguru siswa secara daring.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Edmodo Dan Fungsi Edmodo Bagi Guru Dan Murid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel