iklan banner

Facebook Bikin Tentangan Tik Tok?

Foto: Adi Fida Rahman/detikINETFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta - Bagi yang merasa gundah dengan kehadiran Tik Tok belakangan ini, siap-siap alasannya yaitu Facebook disebut tengah menyiapkan fitur serupa aplikasi tersebut.

Facebook dikabarkan tengah menyebarkan sebuah kegiatan yang memungkinkan penggunannya merekam performa mereka ketika menyanyi dan mengirimnya layaknya sedang menjalani sebuah audisi. Adalah Jane Manchun Wong, mahasiswi dari University of Massachusetts Dartmouth, Amerika Serikat, yang menyadari hal tersebut.

"Tampaknya Facebook tengah mengerjakan sebuah proyek berjulukan "Talent Show". Fitur ini punya "audition" dan "stage". Audisinya sepertinya diunggah dalam bentuk video. Sebelumnya ada Facebook Trivia Games, dan kini Talent Show?" tulisnya dalam akun Twitter miliknya.



Dalam kicauannya tersebut, ia mengaku menemukan fitur tersebut dalam aba-aba aplikasi media umum besutan Mark Zuckerberg itu. Jane pun turut menyertakan gambar dari formasi aba-aba tersebut.

Selain itu, dalam cuitan berikutnya, Jane menyampaikan terdapat tampilan antarmuka gres yang mempunyai fungsi untuk mencari lagu-lagu populer. Kemudian, user juga sanggup merekam suaranya ketika membawakan kembali lagu tersebut dengan gayanya masing-masing.





Sekilas, fitur tersebut menyerupai dengan Tik Tok yang beberapa waktu belakangan menciptakan heboh karena disebut meresahkan masyarakat. Aplikasi tersebut bahkan sempat diblokir oleh Kominfo karena terdapat ribuan laporan dari masyarakat yang diterima pihak kementerian tersebut.

Selain itu, Menteri Kominfo Rudiantara juga menyebut platform tersebut berisi banyak konten negatif bagi anak-anak. Meski begitu, blokir Tik Tok sudah dicabut dengan ketentuan aplikasi tersebut hanya boleh dipakai bagi anak berusia di atas 13 tahun.

Sedangkan kalau berdasarkan Jane sendiri, fitur anyar Facebook itu menyerupai perpaduan antara Musically dan Fifteen Million Merits, sebuah episode dari serial Black Mirror. Untuk nama yang disebutkan pertama, itu yaitu aplikasi yang kurang lebih menyerupai dengan Tik Tok.



Sebagaimana disebutkan di atas, platform yang berjulukan Talent Show itu diperkirakan bakal bergabung dengan Lip Sync Battle, fitur lain Facebook, sebagai cara user untuk mengekspresikan dirinya lewat lagu. Hal ini sepertinya merupakan buah dari kolaborasi raksasa jejaring sosial itu dengan sejumlah label rekaman menyerupai Universal, Warner, dan Sony.

Di samping itu, Jane juga menyebutkan bila sumber lagu dari Talent Show akan melewati Rights Manager, sebagaimana detikINET kutip dari Engadget, Kamis (2/8/2018). Itu yaitu sebuah tool milik Facebook yang sanggup dipakai para label rekaman dalam melacak penggunaan lagu mereka oleh jejaring sosial tersebut.


Sumber detik.com

0 Response to "Facebook Bikin Tentangan Tik Tok?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel